Cara Menghilangkan Bau Sepatu Ada 5 Cara yang Efektif

Bau sepatu merupakan masalah yang cukup umum terjadi di kalangan masyarakat.  Keseharian yang menuntut kita memakai sepatu, terkadang menjadi salah satu faktor utama mengapa sepatu yang kita pakai mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebenarnya, untuk menghilangkan bau sepatu, bukanlah hal yang sulit. Ada 5 cara menghilangkan bau sepatu yang bisa kamu coba berikut ini:

1. Memakai Soda Kue

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi bau sepatu adalah soda kue. Kamu cukup menaburkan soda kue ke dalam sepatu yang berbau. Diamkan semalaman, lalu keluarkan serbuk soda kue dari sepatu keesokan harinya.
Meskipun dapat mengurangi bau sepatu, kamu tidak bisa sembarangan menaburkan soda kue ke dalam sepatu yang berbahan kulit karena soda kue dapat mengeringkan sepatu bahan kulit.  Jika kamu malas untuk membersihkan serbuk-serbuk soda kue tersebut, kamu bisa menaburkan soda kue ke dalam kaos kaki yang tidak digunakan dan ikat ujung kaos kaki yang terbuka untuk dijadikan kantong anti bau. banner consideration shipping bg blue

2. Teh Hitam

Selain soda kue, ternyata bahan dapur berikutnya yang mempunyai manfaat untuk menghilangkan bau sepatu adalah teh hitam. Hal ini karena dalam teh hitam mengandung tanin yang dapat membunuh bakteri pemicu bau sepatu.
Untuk mendapatkan manfaat dari teh hitam yang satu ini, caranya cukup mudah. kamu tinggal memasukkan kantong teh hitam ke dalam air panas selama dua sampai tiga menit. Jika sudah, tinggal angkat dan dinginkan kantongan teh panas selama beberapa saat, lalu masukkan ke dalam sepatu selama kurang lebih satu jam. 

3. Cat Litter

Jika kamu memelihara kucing, ternyata cat litter atau pasir kucing yang biasanya digunakan sebagai media buang air kecil atau besar kucing bisa kamu gunakan untuk mengurangi bau sepatu. Secara logika, mungkin tidak akan masuk akal. Bagaimana mungkin, pasir bisa mengurangi bau sepatu. Tetapi faktanya, cat litter ini mengandung anti bau yang dapat menyerap cairan.
Pengaplikasian cat litter untuk mengurangi bau sepatu ini cukup mudah. kamu tinggal memasukkan cat litter secukupnya ke bagian dasar sepatu semalaman.  Setelah pagi hari, keluarkan cat litter dari sepatu dan bersihkan dengan kain yang sudah basah.

4. Bubuk Kopi

Cara mengurangi bau sepatu dengan efektif selanjutnya adalah menggunakan bubuk kopi. Hampir sama dengan soda kue, bubuk kopi ini mempunyai manfaat sebagai penghilang bau alami sekaligus memberikan aroma yang segar untuk sepatu bermasalah.
banner consideration promotion bg blue
Cara mengurangi bau sepatu menggunakan bubuk kopi ini cukuplah mudah. Selain menggunakan cara ini, kamu juga bisa meletakkan sepatu bersamaan dengan kantong berisi bubuk kopi dalam kotak penyimpanan berukuran sedang atau kantong plastik kedap udara.

5. Minyak Esensial

Cara menghilangkan bau sepatu yang terakhir adalah dengan minyak esensial. Selain memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh, minyak esensial atau minyak aromaterapi ternyata juga bisa mengurangi bau tidak sedap pada sepatu. Minyak esensial atau esensial oil yang didapatkan dari minyak pohon teh, ataupun eukaliptus dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga mengurangi bau tidak sedap pada sepatu. Kamu cukup meneteskan minyak esensial ke tisu atau kertas, lalu letakkan ke dalam sepatu semalaman. Setelah pagi hari, kamu bisa mengambil tisu tersebut dari dalam sepatu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah lima cara menghilangkan bau sepatu yang bisa kamu coba. Dengan mengetahui tips ini, bau sepatu yang membuat tidak nyaman sudah bukan lagi masalah untuk kamu. Selamat mencoba! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami