Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Cegukan, Ini Tips Panduannya

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Redakan cegukan dengan cara menghilangkan cegukan yang benar.
Cegukan sebenarnya adalah hal yang biasa terjadi tapi jika mengalaminya akan membuat tidak nyaman. Banyak orang berpendapat, cara menghilangkan cegukan adalah dengan minum yang banyak. Apakah hal tersebut benar atau hanya mitos belaka?

Cegukan bisa terjadi pada bayi, anak-anak dan orang dewasa dengan durasi beberapa detik saja hingga berjam-jam. Ketika cegukan kita akan merasakan tekanan pada dada, perut dan juga tenggorokan. Cegukan yang hanya terjadi beberapa menit saja sudah sangat menyiksa apalagi yang berkepanjangan sampai berjam-jam lamanya. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara yang efektif untuk menghilangkan cegukan itu?

1. Bernapas Menggunakan Kantong Kertas



Cara pertama untuk menghilangkan cegukan bisa dikatakan sangat sederhana yaitu bernapas menggunakan kantong kertas. Caranya yaitu tempelkan kantong kertas pada bagian mulut dan hidung kamu tapi jangan sampai menutup wajah. Kemudian tarik nafas dan hembuskan sebanyak 10x dengan kuat dan cepat. banner consideration shipping bg blue 
Bernapas dengan memakai kantong kertas ini bertujuan untuk meningkatkan kadar gas karbondioksida di dalam darah.

2. Menahan Napas atau Menelan Gula Pasir Kering



Selain menggunakan kantong kertas, kamu bisa juga menghilangkan cegukan dengan cara menahan napas selama 10 sampai 20 detik. Inilah cara yang paling sering dilakukan orang ketika sedang mengalami cegukan.

Cara selanjutnya untuk menghilangkan cegukan bisa dikatakan cukup aneh dan kemungkinan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Telanlah gula pasir kering sebanyak 1 sendok teh untuk mengurangi cegukan. Menelan gula pasir kering dianggap bisa memberikan sinyal kepada serabut saraf yang mempengaruhi lengkung refleks penyebab cegukan.

3. Minum Sambil Menutup Hidung



Cara yang satu ini juga banyak dilakukan orang ketika dia sedang cegukan yaitu minum air sambil menutup hidungnya. kamu mungkin juga termasuk yang melakukan cara ini untuk menghilangkan cegukan. Tarik napas dalam-dalam lalu tutup hidung dengan cara menekannya menggunakan tangan kemudian minum air sebanyak 10 tegukan. Ingat, saat minum air kamu tidak boleh bernafas. Posisi badan sebaiknya membungkuk saat kamu minum air tersebut.banner consideration promotion bg blue

4. Tekan pada Diafragma



Ada cara menghilangkan cegukan yang dianggap lebih efektif dan manjur adalah dengan menekan pada bagian diafragma. Bagian diafragma dalam tubuh kita terletak di antara dada dan perut. Tekan perlahan bagian diafragma sambil menarik nafas perlahan-lahan.

5. Duduk dengan Memeluk Lutut



Cara yang terakhir dalam usaha menghilangkan cegukan adalah dengan duduk sambil memeluk lutut kamu. Duduk lalu tekuk kaki ke arah dada kemudian peluk kedua kaki kamu tersebut dengan kedua tangan. Posisi badan condong ke depan sehingga diafragma akan tertekan. Lakukan cara ini hingga cegukan hilang.

Penyebab Cegukan Berkepanjangan


Normalnya cegukan hanya akan terjadi selama beberapa detik hingga beberapa menit saja kemudian akan hilang dengan sendirinya. Namun jika kamu mengalami cegukan yang berkepanjangan bahkan hingga 2 hari kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut :
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
  • Gangguan pada sistem pencernaan, misalnya tukak lambung, radang usus, radang hati,kanker usus dan sejenisnya.
  • Gangguan pada sistem saraf, seperti peradangan pada saluran pernapasan dan adanya tumor di leher.
  • Gangguan pada bagian otak, misalnya stroke, infeksi otak, tumor otak dan sebagainya.
  • Gangguan pada rongga dada, seperti bronkitis, pneumonia, asma dan sejenisnya.
  • Gangguan pada organ jantung.
  • Gangguan mental, seperti anorexia atau skizofrenia.

Sebenarnya belum ada cara menghilangkan cegukan yang benar-benar terbukti ampuh dan manjur. Namun metode yang telah disebutkan di atas adalah cara yang paling umum digunakan untuk mengurangi durasi dari cegukan. Nah, Lemonizen bisa mempraktekkan berbagai cara di atas ketika cegukan sedang menyerang, dengan begitu rasa tidak nyaman akibat cegukan bisa segera diatasi!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.