Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Cara Menghilangkan Dahak Pada Tenggorokan Agar Lega

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Atasi dahak dengan cara menghilangkan dahak yang benar.
Tenggorokan yang berdahak bisa membuat tenggorokan terasa mengganjal. Saat dahak di tenggorokan tidak kunjung hilang, rasa mengganjal membuat kamu jadi kesulitan menelan, bernapas, dan suara serak. Dahak yang berlebih di tenggorokan ini bisa menandakan adanya gangguan tertentu. Untuk mengatasinya kamu bisa gunakan cara menghilangkan dahak di bawah ini: banner consideration shipping bg blue

1. Makanan Sumber Vitamin C



Buah dan sayur tidak hanya kaya dengan vitamin dan mineral, tetapi mengandung banyak antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk melawan infeksi kuman penyakit penyebab radang tenggorokan. Buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C memiliki kaya akan kandungan antioksidan. Maka dari itu, mengonsumsi  sumber vitamin C bisa membantu kamu meredakan peradangan yang menyebabkan dahak berlebih, seperti buah jeruk, melon, kiwi dan berbagai sayuran hijau.

2. Kumur Air Garam



Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat membantu menghilangkan dahak yang menempel di bagian belakang tenggorokan. Tindakan ini juga bisa meredakan beberapa gejala gangguan pernapasan yang sering dialami saat kondisi batuk.

Caranya, tambahkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Aduk hingga garam benar-benar larut lalu berkumurlah selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup, buang air bekas kumur yang mungkin telah bercampur dengan lendir tersebut. Ulangi hingga beberapa kali.

3. Terapi Uap



Untuk menghilangkan dahak di tenggorokan, kamu dapat menggunakan terapi uap. Caranya, siapkan air panas dalam suatu wadah dan campurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air tersebut. Dekatkan wajah kamu ke atas wadah tersebut dan tutupi seluruh kepala dengan handuk sampai tidak ada uap yang keluar. Bernafaslah di dalamnya secara wajar. Maka secara otomatis uap air panas yang bercampur dengan aroma minyak kayu putih akan masuk dalam saluran pernapasan kamu.banner consideration promotion bg blue

4. Kunyit



Kunyit merupakan jenis tanaman herbal yang mengandung senyawa anti bakteri dan efektif untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa ruas kunyit yang telah dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya kunyitnya. Campurkan air perasan kunyit dengan setengah gelas air panas dan tambahkan madu atau gula secukupnya. Minum air kunyit selagi hangat.

5. Jahe



Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama pada saluran pernapasan. Minum air jahe akan membantumu menghilangkan dahak di tenggorokan sekaligus untuk menyembuhkan batuknya. Caranya, siapkan dua ruas jahe yang telah dicuci sampai bersih lalu digeprek supaya aroma segarnya lebih keluar.

Didihkan jahe tersebut dengan dua gelas air dan tambahkan sedikit gula sebagai pemanis. Biarkan air sampai tinggal satu gelas. Biarkan beberapa saat sampai airnya tidak terlalu panas dan minum ramuan jahe ini selagi hangat. Minum secara rutin 2 kali dalam sehari maka dahak di tenggorokan akan cepat hilang.

6. Jeruk Nipis



Minum air jeruk nipis juga termasuk salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan. Selain rasanya yang menyegarkan dan mampu melegakan tenggorokan, kandungan vitamin C didalam jeruk nipis ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal inilah yang menjadikannya dapat mengusir bakteri penyebab dahak di tenggorokan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Caranya, siapkan satu buah jeruk nipis, belah dua kemudian peras airnya dan campurkan pada satu gelas air hangat. Tambahkan gula atau madu secukupnya sebagai pemanis. Minumlah selagi hangat.

Itulah cara menghilangkan dahak pada tenggorokan agar lega. Cara-cara diatas bisa membantumu mengatasi masalah dahak yang bisa sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitasmu. Apalagi berbagai bahan di atas juga mudah ditemukan. Selamat mencoba tips ini dan semoga bermanfaat ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.