Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Efektif

02 Sep 2020 @ 14:26:05
Kutu rambut yang seringkali membuat rambut terasa gatal memang mengganggu sebagian orang. Bahkan, adanya kutu yang ada pada rambut tak jarang juga membuat seseorang menarik diri dari sosial, karena malu dan tidak percaya diri. Selain menggunakan obat penghilang kutu rambut, ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara efektif. Apa sajakah itu? Simak ulasanya berikut ini:

1. Minyak Zaitun



Kamu pasti tidak asing lagi dengan minyak zaitun ini. Minyak yang terkenal kaya akan berbagai manfaatnya. Ternyata, dengan minyak zaitun kamu juga bisa menghilangkan kutu secara efektif dan cukup mudah.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun yang satu ini, kamu cukup mengoleskan minyak zaitun secara merata ke rambut. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap, dan diamkan semalaman agar kandungan dalam minyak zaitun bisa terserap sampai ke kulit rambut. Pada pagi harinya, kamu bisa menyisir rambut agar telur kutu yang menempel di dekat kulit kepala dapat terangkat.

2. Petroleum Jelly



Sama halnya dengan minyak zaitun, Petroleum Jelly juga bisa menghilangkan kutu rambut secara efektif. Caranya pun terbilang cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskan Petroleum Jelly ke rambut secara merata. Setelah itu, gunakan shower cap untuk menutup rambut yang sudah diberi Petroleum Jelly. Diamkan semalaman, lalu bilas dengan shampo.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa Petroleum Jelly ini mampu mengatasi kutu rambut. Meskipun begitu, masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan untuk menilai efektivitasnya dalam menangani kutu rambut. 

3. Minyak Kelapa


Cara menghilangkan kutu rambut secara efektif selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa yang satu ini, kamu cukup menghangatkan minyak kelapa yang diperlukan, lalu oleskan secara hati-hati pada kulit kepala. Kamu bisa menambahkan pijatan selama beberapa menit dan tutup kepala menggunakan shower cap. 

Biarkan selama kurang lebih 2 jam, setelah itu sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu yang telah mati dan telur-telurnya yang menempel di rambut. Jika sudah, kamu bisa keramas menggunakan sampo seperti biasa. Kamu bisa menggunakan cara ini selama 2 minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Garam



Selain mudah ditemukan di dapur sebagai bahan pelengkap masakan, siapa sangka jika garam juga memiliki manfaat lain untuk mengusir kutu pada rambut. Kandungan antisepti alami yang terdapat pada garam dipercaya untuk membunuh kutu dewasa dan bayi-bayinya.

Untuk mendapatkan manfaat dari garam ini, kamu tinggal mencampurkan garam dengan cuka. Taruhlah campuran ini ke dalam botol semprot, agar mudah disemprotkan pada rambut. Tutup kepala menggunakan shower cap selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu, bilas rambut seperti biasa sampai benar-benar bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu sampai kutu rambut benar-benar hilang.

5. Tea Tree Oil


Cara ampuh selanjutnya untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan mengoleskan minyak esensial tea tree. Sudah dikenal lama ampuh sebagai obat pembasmi jerawat, ternyata tea tree oil juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal mengaplikan tea tree oil ini pada kulit kepala dan rambut secara merata. 

Itulah 5 cara menghilangkan kutu rambut yang bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan alami. Berbagai cara menghilangkan kutu ini akan jauh lebih aman untuk dilakukan karena menggunakan bahan alami yang aman bagi tubuh. Jadi, jika menemukan kutu pada rambut kamu, langkah terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan berbagai bahan alami ini. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020