Cara Menghilangkan Memar pada Bagian Tubuh Tertentu Ada 5 Tipsnya

02 Sep 2020 @ 14:18:47
Luka lebam atau memar merupakan kondisi yang umum terjadi, biasanya terjadi akibat benturan benda keras, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil (kapiler). Tidak hanya terasa nyeri, nyatanya memar juga bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit. Lalu, bagaimana cara menghilangkan memar agar penampilan kembali mulus tanpa adanya memar?

1. Kompres Dengan Air Es



Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan memar pada tubuh adalah dengan mengompres menggunakan air es. Suhu dingin yang berasal dari air es akan membantu meredakan proses pembengkakan maupun peradangan. Selain itu, air es juga akan membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar. 

Perlu diingat bahwa saat mencoba tips ini, jangan langsung menempelkan langsung es pada kulit. Kamu bisa membungkus terlebih dahulu dengan handuk, agar tidak tersentuh langsung pada kulit. Kamu dapat mengompres luka memar menggunakan air es ini selama 20 sampai 30 menit.

2. Kompres dengan Air Hangat



Selain menggunakan air es, ternyata kamu juga bisa menghilangkan memar menggunakan air hangat. Meskipun demikian, disarankan jika kalian mengompres memar menggunakan air es terlebih dahulu selama dua hari. Setelah dua hari mengompres memar menggunakan air es, kamu bisa menggantinya dengan air hangat.

Suhu hangat yang dihasilkan ketika mengompres menggunakan air hangat ini bisa memperlancar aliran darah, sekaligus mempercepat perubahan warna kulit kembali seperti semula.  Caranya cukup mudah, kamu tinggal membasahi handuk dengan air hangat. Setelah itu, kompreskan pada bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit. Kamu bisa melakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari secara rutin.

3. Oleskan Salep dengan Kandungan Arnica-Infused



Selain kedua cara di atas, cara menghilangkan luka memar yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan bantuan salep yang mengandung zat arnica-infused. Arnica sendiri merupakan bahan herbal yang banyak digunakan untuk obat homeopati. 

Salep dengan kandungan arnica ini bisa meredakan rasa sakit dan memar, serta dikaitkan dengan efek anti-inflamasi apabila diolesi ke kulit kemudian diserap. Salep dengan kandungan arnica ini biasanya dijual di apotek maupun toko obat, dengan bentuk homeopati atau gel.

4. Krim atau Gel Vitamin K



Selain menggunakan selep dengan kandungan arnica, kamu juga bisa mengaplikasikan krim atau gel yang mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri mempunyai manfaat untuk menggumpalkan darah ketika diperlukan. 

Seseorang yang mengoleskan gel vitamin K setelah penggunaan kosmetik mengalami memar yang lebih sedikit dibandingkan dengan partisipan lainnya yang menggunakan plasebo, hal ini berdasarkan sebuah studi yang telah diterbitkan oleh jurnal  “Drugs in Dermatology” .

5. Heparin Sodium



Cara menghilangkan memar selanjutnya juga bisa kamu peroleh dari obat oles salep maupun gel yang mengandung heparin.  Heparin sodium sendiri diekstrak dari dua sumber protein hewani, yaitu bovine yang terbuat dari sapi dan porcine. Heparin sendiri bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Meskipun demikian, terkadang mengoleskan salep dengan bahan heparin bisa menimbulkan energi. Heparin gel ini juga tidak dianjurkan untuk dipakai bagi anak yang berusia di bawah 5 tahun dengan kondisi luka terbuka. Pilihlah gel heparin ini yang telah bersertifikasi BPOM dan halal.

Itulah kelima cara menghilangkan memar pada bagian tubuh. Dengan mengetahui tips ini, luka memar yang ada di tubuh kamu bisa diatasi dengan baik dan mudah!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020