Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Cara Mengolah dan Manfaat Kale Tidak Kalah Dengan Sayuran Lainnya

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Rasakan manfaat kale dengan mengonsumsi kale di rumah.
Bagi kamu yang tidak pernah membuat sayur kale, ternyata cara mengolah sayur kale tidak sesulit yang dibayangkan. Dari dibuat salad, smoothie, hingga makanan yang berat, banyak cara untuk menikmati sayur ini. Selain itu, sayuran kale memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Untuk itu, berikut manfaat kale dan cara mengolahnya yang bisa kamu coba.

Cara Mengolah Sayur Kale


1. Jus atau Smoothies


Sayur kale ternyata seringkali dijadikan sebagai bahan minuman atau dessert. Jika ingin dibuat jus atau smoothies, kamu bisa tambahkan buah-buahan dengan cita rasa segar seperti buah apel hijau ataupun nanas. Tujuannya agar menetralisir rasa kale yang agak getir ini.

2. Sup Krim


Mengolah sup krim kale dengan jagung cukup mudah. Sediakan kale dan bahan dasar meliput margarin, bawang bombay, bawang putih, tepung terigu, dada ayam dan jagung pipil maka kamu bisa membuat sup yang lezat. Tumis margarin, bawang dan tambahkan tepung terigu. Masukkan kaldu, dada ayam dan jagung pipil. Masak sampai matang. Kemudian, masukkan sayur kale. Tambahkan penyedap gula, garam, merica, susu, penyedap kaldu ayam, dan aduk cepat. Biarkan dan masak hingga mendidih.

3. Salad Sayur Kale


Banyak campuran sayur yang bisa kamu olah untuk membuat salad sayur kale, apalagi karena banyak bahan yang cocok dicampurkan dengan jenis sayuran ini. Caranya, campurkan sayur kale dengan sayuran lainnya dan bawang merah. Tambahkan cuka, gula, minyak zaitun, garam dan merica hitam dan cicipi. Terakhir parut keju diatasnya atau tambahkan topping sesuai selera kamu.

4. Tumis Kale


Untuk membuat tumis kale, sayur ini bisa dikreasikan dengan berbagai bahan. Kamu bisa mencoba tumis kale dengan minyak zaitun. Tambahkan bawang putih, chili flakes, dan masukan kale secara bertahap.  Pertama masukkan dahulu sebagian, lalu tambahkan sisanya setelah kale yang pertama agak layu. Bumbui dengan garam, merica, dan perasan jeruk lemon.

Manfaat Kale


Berikut manfaat kale yang tidak kalah dengan sayuran lainnya:

1. Untuk Kesehatan Jantung



Vitamin K yang ada dalam kale ternyata mampu memenuhi sekitar 680 persen kebutuhan vitamin K dalam satu hari. Jumlah vitamin K pada kale akan meningkat hingga 1300 persen jika kamu memasak kale dengan cara merebus dan tidak menambahkan garam saat proses memasaknya.

Hasil penelitian yang telah dilakukan selama 10 tahun pada 4.500 pasien usia dewasa menunjukkan, terjadi penurunan risiko kematian pada pasien penyakit jantung jika diberikan ekstra suplemen vitamin K. Namun, jika kamu sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter dulu, harus sebanyak apa vitamin K yang dikonsumsi.

2. Menjaga Kesehatan Mata



Kale mengandung vitamin A yang tinggi, yaitu dalam satu gelas kale mentah terdapat vitamin A 6.600 IU. Sementara Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin A sebanyak 2400 IU per hari untuk orang dewasa.

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan berperan dalam pembentukan sel dalam tubuh. Selain itu, kale mempunyai berbagai jenis warna seperti, hijau, putih, ungu, dan hijau kebiruan yang disebabkan karena zat lutein dan zat ini baik untuk menjaga fungsi mata kamu.

Itulah cara mengolah sayur kale dan manfaat kale yang akan kamu peroleh setelah mengkonsumsi kale hasil olahan kamu. Semoga bermanfaat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.