Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan 5 Kebiasaan Ini

01 Jul 2020 @ 15:26:39
Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya, mata menjadi terpenting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, banyak orang yang tidak memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini. Sebenarnya kamu bisa menjaga kesehatan mata dengan melakukan beberapa kebiasaan yang baik untuk mata. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata dengan kebiasaan yang bisa diterapkan sehari-hari. 

1. Konsumsi Makanan Sehat



Cara menjaga kesehatan mata pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat. Salah satu makan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata adalah banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zinc dan lutein.

Kandungan-kandungan makanan ini bisa kamu temukan pada buah maupun sayuran. Salah satu sayuran yang terkenal baik untuk menjaga kesehatan mata kamu adalah wortel, sayuran hijau, ikan tuna, telur, maupun kacang-kacangan. 

2. Berhenti Merokok



Kebiasaan merokok ternyata tidak hanya berimbas pada kesehatan paru-paru maupun jantung. Tapi ternyata kebiasaan merokok juga bisa memicu gangguan pada kesehatan mata. Pasalnya, asap yang berasal dari rokok dan mungkin terkena langsung dengan mata bisa menimbulkan berbagai macam masalah dan penyakit.

Siapa sangka, jika asap rokok yang terkena langsung pada mata ini bisa menimbulkan penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata. Untuk itu, pastikan kamu menghentikan kebiasaan merokok atau sekedar menjauhi orang yang suka merokok.

3. Menggunakan Kacamata Pelindung



Tidak dapat dipungkiri, jika seiring berjalannya waktu kita juga dituntut untuk menggunakan berbagai kemajuan teknologi. Mulai dari gadget, sampai laptop yang setiap hari tidak pernah lepas dari mata kita. Tanpa disadari, pancaran cahaya yang terdapat pada kedua benda elektronik ini mampu mempengaruhi kesehatan mata.

Untuk menghindari hal tersebut, menggunakan kacamata pelindung adalah salah satu solusi yang bisa ditawarkan. Menggunakan kacamata pelindung atau anti radiasi ini akan menjaga mata kamu dari pancaran gadget maupun layar laptop yang bisa membuat mata kering dan mudah iritasi. Selain itu, kacamata anti radiasi juga bisa membantu menghambat paparan sinar ultraviolet dari matahari.

4. Istirahat dari Layar Komputer



Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan membuat kebiasaan untuk istirahat sejenak dari layar komputer. Meskipun pekerjaan maupun tugasmu menuntut untuk terus-terusan berada di depan layar, pastikan juga kamu memberi istirahat untuk kesehatan mata. Karena terlalu lama di depan layar mampu membuat mata kering dan tegang. Sehingga berimbas pada pandangan yang menjadi kabur, nyeri di bagian leher, sakit kepala, bahu dan punggung, hingga hilangnya fokus.

Untuk menghindari hal tersebut di atas, kamu bisa mengambil waktu istirahat. Yaitu dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit dari layar. Cobalah untuk melihat objek yang jauh di depan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada otot mata.

5. Rutin Periksa Mata



Kebiasaan menjaga mata selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah cobalah melakukan pemeriksaan rutin untuk menjaga kesehatan matamu. Karena pemeriksaan ini bisa memantau kondisi dan gangguan atau masalah yang terjadi pada mata. Tidak peduli orang yang lanjut usia, maupun mereka yang masih muda disarankan untuk rutin memeriksakan mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Itulah cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu lakukan dengan kebiasaan yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Selain melakukan lima kebiasaan di atas, kamu juga tidak boleh mengabaikan berbagai masalah sedikit pun yang terjadi pada mata. Mungkin terasa gatal, iritasi, atau tiba-tiba berubah merah segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020