Cara Menyembuhkan Penyakit Kuning, Inilah Gejala dan Penyebabnya

02 Jul 2020 @ 14:45:21
Penyakit kuning atau dalam istilah medisnya disebut jaundice merupakan suatu kondisi medis dimana terjadinya perubahan warna menjadi kekuningan yang bisa dilihat pada kulit, bagian putih mata, maupun membran mukosa seseorang. Gejala dari penyakit ini yang utama adalah adanya perubahan warna kulit. Tetapi juga bisa muncul gejala lain seperti warna feses yang terang, nyeri di perut, urin berwarna kecoklatan, demam, dan muntah. 

Penyakit ini bisa terjadi karena meningkatnya kadar bilirubin pada sirkulasi darah seseorang. Jenis penyakit ini bisa disembuhkan dengan beberapa cara. Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Pengobatan Pre-Hepatic



Penyembuhan pertama yang bisa dilakukan untuk seseorang yang menderita jaundice adalah dengan pengobatan pre-hepatic. Tujuan utama dalam pengobatan ini adalah untuk mencegah sel darah merah hancur terlalu banyak atau cepat, sehingga penumpukan bilirubin akibat utamanya penyakit ini bisa dihindari. 

Contoh pengobatan ini adalah jika pre-hepatic disebabkan oleh malaria, dokter akan meresepkan obat antimalaria seperti chloroquine atau doxycycline untuk menghentikan infeksi malaria yang mengakibatkan banyaknya penghancuran sel darah merah.

2. Pengobatan Intra-Hepatic



Penyembuhan jaundice dengan intra-hepatic ini bertujuan untuk memperbaiki kerusakan hati, dan mencegah meluasnya kerusakan pada organ-organ tersebut. Contohnya adalah pada kasus apabila kerusakan hati disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi minuman beralkohol, maka pasien wajib membatasinya.

Sementara jika penyakit hati diakibatkan oleh infeksi, seperti hepatitis B atau hepatitis C, maka dokter akan memberikan obat antivirus. Jika kerusakan hati yang terjadi sudah pada tahap akhir dan tidak dapat diperbaiki (sirosis) maka dokter akan menyarankan prosedur transplantasi hati.

3. Pengobatan Post-Hepatic



Pengobatan jaundice dengan cara ini bertujuan menghilangkan sumbatan di dalam saluran empedu dan pankreas. Pada kasus penyakit ini post-hepatic yang diakibatkan batu saluran empedu, dokter akan mengangkat batu tersebut melalui operasi.

4. Pengobatan Penyakit Kuning pada Bayi



Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Tetapi dapat juga menyerang anak kecil bahkan bayi. Sistem imun bayi yang masih lemah, dan kurangnya antibodi untuk melawan jaundice ini bisa membuat bayi terinfeksi. Jaundice yang menjangkiti bayi seharusnya dapat membaik dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Namun pada kasus yang parah, bayi perlu mendapat penanganan berikut di rumah sakit:
  1. Fototerapi :Pengobatan jaundice dengan fototerapi ini maka bayi akan disinari dengan cahaya biru (blue light therapy). Sinar biru ini berfungsi membantu pembuangan bilirubin penyebab jaundice pada tubuh bayi.
  2. Suntik Immunoglobulin :Seperti namanya, pengobatan penyakit ini melalui suntikan imunoglobulin yang bertujuan untuk menurunkan kadar antibodi dan juga menghancurkan sel darah merah yang meningkat akibat perbedaan golongan darah antara bayi dan ibunya.
  3. Transfusi Tukar : Pengobatan ini dilakukan jika kondisi bayi tidak membaik dengan terapi lainnya. Dalam prosedur ini, darah bayi akan digantikan dengan darah dari pendonor.

5. Pengobatan Penyakit Kuning dengan Herbal



Selain pengobatan dengan resep dan anjuran dokter, terapi untuk penyembuhan jaundice juga bisa menggunakan ramuan herbal. Banyak sekali jenis tumbuh-tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk terapi penyakit yang satu ini. 

Salah satunya adalah kunyit. Kandungan antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi pada kunyit dapat mengatasi penyakit ini. Selain itu, bumbu dapur ini juga bersifat antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Cukup campurkan dua ruas kunyit dengan madu dan diminum setiap 3 kali sehari agar mendapat hasil maksimal yang diinginkan.

Selain kunyit, air tebu yang terkenal sebagai pemanis alami ternyata juga bisa menjadi salah satu alternatif penyembuhan jaundice. Hal ini dikarenakan air tebu dapat memperkuat hati dan memulihkan fungsi hati sehingga dapat mengendalikan kandungan bilirubin. Penderita jaundice bisa meminum air tebu 1 hingga 2 gelas setiap hari sampai kondisi tubuh membaik.

Itulah kelima cara penyembuhan penyakit kuning yang bisa dicoba bagi penderita. Selain dengan pengobatan, kita bisa mencegah penyakit ini dengan menjaga daya tahan tubuh, menjaga pola makan, dan minum suplemen kesehatan.


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020