Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Cara Merawat Kuku Agar Bersih, Panjang, Sehat Mempesona

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Feb 2021
Clock Icon
4 menit
Rawat kuku dengan cara merawat kuku yang benar.
Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dirawat agar terlihat cantik dan bersih. Selain menjadi salah satu penunjang penampilan, kuku juga menjadi indikator kesehatan yang penting untuk diperhatikan agar kuman dan bakteri tidak tumbuh di dalamnya. Untuk merawat kuku, kamu tidak harus pergi ke salon atau spa yang dapat menghabiskan banyak uang. Sebab, kamu bisa melakukan perawatan kuku secara mandiri di rumah. Berikut cara merawat kuku agar terlihat bersih, panjang dan menawan.
banner consideration shipping bg blue

1. Hindari Penggunaan Cat Kuku yang Terlalu Sering



Cat kuku memang dapat membuat kuku menjadi jauh lebih cantik dan menarik. Namun, terlalu sering menggunakan cat kuku juga dapat berdampak buruk pada kuku. Bahan kimia aktif yang terdapat dalam cat kuku dapat membuat kuku menjadi kering, rapuh, hingga warna aslinya terkikis secara perlahan. Untuk menghindari terjadinya hal-hal tersebut, sebaiknya beri kuku waktu istirahat agar bisa bernafas lega dan tidak terus menerus menyerap zat kimia dari cat kuku.

2. Merawat Kuku dengan Minyak Zaitun



Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun adalah salah satu bahan alami multifungsi yang sering digunakan dalam dunia kecantikan. Minyak zaitun memiliki kandungan bahan alami yang dapat membuat kuku menjadi lebih sehat serta memperkuat jaringan kuku agar tidak mudah kering dan rapuh.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kuku dengan menggunakan cotton bud. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air untuk menghilangkan efek licin dari minyak.

3. Rendam Kuku dengan Air Jeruk



Selain minyak zaitun, air jeruk juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kuku. Pertama, siapkan lebih dulu air hangat dan air perasan jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu rendam kuku selama 15 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air bersih agar rasa lengketnya hilang. Lakukan metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.
banner consideration promotion bg blue

4. Membersihkan Kuku Menggunakan Garam Dapur



Garam dapur yang biasa digunakan untuk memasak juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kuku. Untuk kamu yang memiliki titik-titik kuning atau putih pada ujung kuku, gunakan garam dapur untuk menghilangkannya.

Bukan tanpa alasan, titik-titik putih atau kuning ini dapat memicu timbulnya jamur pada kuku. Meski sudah rutin dirawat, titik putih pada kuku masih bisa muncul. Garam dapur dapat mencegah timbulnya kuman atau bakteri yang diakibatkan oleh titik putih ini.

Pertama, siapkan dua sendok garam dapur dan air hangat. Campur kedua bahan ini, lalu celupkan kuku ke dalam larutan air garam ini. Senyawa asam yang terdapat dalam garam mampu mencegah pertumbuhan jamur kuku yang berbahaya.

5. Menghindari Penggunaan Cat Akrilik dan Gel



Akrilik dan gel merupakan dua jenis bahan yang biasa digunakan untuk memanjangkan kuku secara instan. Meskipun hasilnya terlihat secara instan dan alami, penggunaan akrilik dan gel juga memberi dampak buruk pada kuku. Bahan aktif yang biasa terdapat dalam akrilik dan gel dapat membuat kuku menjadi kuning dan strukturnya menipis. Kuku akan menjadi mudah patah jika strukturnya menipis.

6. Merawat Kuku dengan Bawang Putih



Satu lagi jenis bahan dapur yang bisa digunakan untuk cara merawat kuku adalah bawang putih. Bawang putih dapat membuat kuku menjadi jauh lebih kuat dan terhindar dari serangan bakteri atau jamur. Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, belah bawang putih menjadi dua lalu gosokkan pada bagian kuku dan diamkan selama 5 sampai 10 menit saja. Kendati menggunakan bawang putih, lakukan cara ini saat berada di rumah atau tidak sedang ingin keluar rumah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah rangkaian cara merawat kuku agar tetap sehat, bersih, dan cantik. Meski mungil, kuku harus tetap dijaga dan dirawat dengan baik. Kamu juga bisa merawat kuku dengan mudah dan murah tanpa harus pergi ke salon ataupun spa. Selamat mencoba tips ini ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.