Cara Mudah Membuat Kopi Hijau Serta Manfaatnya

15 Mei 2020 @ 04:05:45
Kopi hijau adalah salah satu jenis biji kopi dari buah coffe yang belum dipanggang. Belum dipanggangnya biji kopi sendiri mampu mengurangi kandungan asam klorogenat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji kopi biasa. Asam klorogenat ini sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, kopi hijau juga mudah untuk dibuat. Berikut cara membuat kopi hijau dan manfaatnya.

Untuk membuat kopi hijau dengan mudah dan tradisional, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

- Siapkan biji kopi hijau yang masih mentah dan kering
- Madu atau gula
- Air untuk merebus

Berikut ini adalah cara membuat kopi hijau tersebut:

a. Cara membuat kopi hijau diawali dengan mencuci bersih terlebih dahulu biji kopi hijau yang telah disiapkan. 
b. Rebus biji kopi hijau dengan air yang telah disiapkan. Perbandingan kopi dan air adalah 1:3, jadi jika menggunakan 1 gelas biji kopi hijau, maka air yang digunakan adalah sebanyak 3 gelas. 
c. Rebus kopi hijau hingga mendidih 
d. Jika sudah mendidih, aduk-aduk kopi perlahan dan tunggu sekitar 12 menit
e. Setelah itu saring air rebusan, untuk penambah rasa, kamu bisa menambahkan madu atau gula. 
f. Sajikan! 

5 Manfaat Minum Kopi Hijau yang Sayang Dilewatkan


Selain cara membuat kopi hijau yang mudah, kopi hijau ini juga memiliki beberapa manfaat baik yang sayang dilewatkan. Berikut ini adalah manfaat tersebut:

1. Menurunkan Berat Badan



Siapa sangka, jika minum kopi tidak hanya mengurangi stress karena banyak pekerjaan maupun tugas, tetapi juga mampu menurunkan berat badan. Suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh yang berarti juga mampu menurunkan berat badan, hal ini diungkapkan menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan BMC Complementary and Alternative Medicine.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa kafein dan asam klorogenat lah yang menjadi  senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat pada biji kopi hijau yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya. Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan minuman segar, mengonsumsi kopi hijau bisa menjadi salah satu pilihan.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa terlalu berlebihan mengkonsumsi kopi hijau untuk diet juga tidak baik untuk tubuh. Seperti halnya kopi biasa yang mengandung kafein, terlalu banyak mengonsumsi kopi hijau ini bisa menyebabkan sakit kepala, sulit tidur, dan gangguan pencernaan lainnya. Selalu ingat untuk mengkonsumsinya dengan takaran dan jumlah yang sesuai porsinya.

2. Menurunkan Darah Tinggi



Asam klorogenat yang terdapat di dalam biji kopi hijau selain berfungsi untuk menurunkan berat badan ternyata juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini didasari oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Clinical and Experimental Hypertension yang menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi 140 mg ekstrak kopi hijau per hari menunjukkan tekanan darah yang signifikan.
Sejauh ini, belum ditemukan adanya efek samping yang dilaporkan pasien penderita tekanan darah tinggi saat mengonsumsi kopi hijau. Sehingga minuman menyegarkan yang kaya manfaat ini aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Kaya Akan Antioksidan



Manfaat kopi hijau selanjutnya adalah kaya antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas dalam sel tubuh. Fungsi pencegahan oleh radikal bebas ini bisa membuat tubuh lebih sehat dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang menyebutkan bahwa antioksidan di dalam biji kopi hijau mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat juga digunakan untuk pencegahan beberapa jenis kanker.

4. Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif



Kandungan kafein yang terdapat di dalam biji kopi hijau ternyata juga memiliki efek yang positif pada suasana hati dan aktivitas otak. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, reaksi waktu, memori, ketahanan tubuh, fokus, dan berbagai faktor lain yang bersangkutan dengan kinerja kognitif hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa asupan optimal kopi hijau sekitar 38-400 mg per hari atau sekitar 1/3 cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

Nah itulah cara membuat kopi hijau dan juga manfaat dari kopi hijau yang sayang untuk dilewatkan. Semoga dengan membaca informasi ini kamu jadi lebih mengetahui mengenai kopi hijau ini ya!

Artikel Terkait

Moms Mau Pedicure Sendiri di Rumah? Ini Caranya
Jika belum memungkinkan ke salon, Moms bisa lho melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah..
Shella Rafiqah Ully
30 Juni 2020
Cukup Mudah, Seperti ini Cara Membuat Tepung Pisang
Tidak usah bingung, begini cara membuat tepung pisang yang gampang banget...
Rizki Indra
14 Mei 2020
Beberapa Cara Menjaga Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit
Tak hanya asupan makanan, beberapa cara menjaga imunitas tubuh ini wajib dilakukan ya Lemonizen!..
Rizki Indra
14 Mei 2020