Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Cara Mudah Membuat Popcorn yang Renyah dan Gurih

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Jun 2020
Clock Icon
4 menit
popcorn
Apakah kamu suka cemilan seperti popcorn? Cemilan gurih dan manis yang bisa menemani waktu luang atau waktu sibuk kamu ini tentu sangat nikmat. Akan tetapi, sering kali jika membeli popcorn kamu menemukan popcorn sudah dalam keadaan tidak renyah dan gurih lagi. Sebagai solusi, kamu bisa mempraktekkan cara membuat popcorn berikut ini agar camilan yang kamu konsumsi bisa lezat, gurih, dan juga tetap sehat! 
banner consideration shipping bg blue

Untuk membuat camilan popcorn yang sehat, kamu bisa mencoba untuk membuat popcorn tanpa mentega. Tanpa mentega, kamu bisa menggantinya dengan berbagai topping lain yang sehat. Tentu saja ini bisa menjadi camilan sehat di rumah ataupun untuk menemani waktu kerja kamu di kantor. Berikut ini adalah cara membuat popcorn yang sehat, renyah, dan gurih. 

1. Gunakan Mesin Khusus Pembuat Popcorn 



Kamu dapat membuat popcorn menggunakan mesin khusus pembuat popcorn dengan tenaga uap. Dengan cara ini, popcorn yang kamu hasilkan sudah dipastikan tidak akan mengandung lemak, garam dan gula tambahan. 

2. Upayakan untuk Menggunakan Minyak yang Sehat 



Cara membuat popcorn sehat yang renyah dan gurih selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak yang sehat. Minyak kelapa bisa menjadi pilihan terbaik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, minyak kelapa bisa menambah rasa dan aroma bagi popcorn. Dengan penggunaan minyak yang sehat ini popcorn yang kamu buat bisa menjadi lebih sehat. 

3. Pilih Jenis Biji Jagung yang Organik



Langkah selanjutnya adalah dengan memilih biji jagung yang berkualitas. Biji jagung organik akan bebas dari pestisida dan residu racun lainnya. Dengan hal ini, popcorn yang kamu buat akan jauh lebih sehat. 
banner consideration promotion bg blue

4. Gunakan Pilihan Topping yang Sehat 



Cara membuat popcorn yang terakhir adalah dengan memilih topping yang sehat. Jika biasanya mentega adalah pelengkap popcorn, maka kamu harus menggantinya dengan topping lain seperti lada, serbuk cokelat atau bubuk kayu manis bisa menjadi pilihan yang baik.  

Menambahkan sayuran pada popcorn? Tenang, kombinasi ini mungkin terdengar aneh, akan tetapi kamu dapat mencoba memanggang sayuran seperti daun kale, bayam atau sayuran hijau lainnya hingga garing dan renyah. Kemudian, hancurkan sayuran itu hingga menjadi bubuk dan taburkan di atas popcorn. Nikmat sekaligus sehat. 

5. Perhatikan Porsi Makan Popcorn 



Meskipun popcorn termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori, akan tetapi kamu harus tetap menjaga porsinya. Coba untuk menakar jumlah popcorn ke dalam mangkuk kecil sebelum mengkonsumsinya. Ini akan membantu kamu membatasi jumlah yang akan kamu konsumsi. 

Akan tetapi secara keseluruhan popcorn tergolong makanan yang bebas gluten dan 100 persen biji-bijian. Popcorn juga termasuk dalam kategori camilan yang kaya akan serat. Dan secara alami bersifat bebas gula dan garam. Sehingga jika diproses secara benar atau tanpa tambahan mentega, popcorn bisa menjadi camilan yang ringan dan juga sehat. 

Seperti yang dilansir dari Halodoc.com, jika disajikan tanpa tambahan mentega ataupun minyak, kalori popcorn dalam setiap gelasnya hanyalah 30. Jumlah indeks glikemik pada popcorn yang diolah tanpa mentega juga tergolong rendah yaitu hanya sebesar 55. Tidak lupa, popcorn juga memiliki beberapa nutrisi bagi tubuh seperti folat, niasin, riboflavin, thiamin, besi, serat, vitamin B6, A, E, dan K. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, Popcorn juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, popcorn tanpa mentega merupakan camilan sehat yang bisa menjadi pilihan saat suntuk di kantor atau saat waktu luang. 

Nah, itu dia cara membuat popcorn yang renyah dan gurih serta sehat tentunya. Cemilan yang sehat tentu sangat baik untuk kebutuhan nutrisi tubuh. untuk itu perlu diperhatikan ketika memilih camilan. Selamat mencoba ya Lemonizen! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.