Cara Mudah Semur Jengkol Agar Empuk Dan Tidak Bau

03 Jul 2020 @ 08:30:27
Siapa sih yang nggak tau jengkol? Makanan favorit banyak kalangan. Dari muda maupun tua menyukai makanan yang satu ini. Salah satu olahan jengkol yang paling populer dan digemari masyarakat adalah semur. Apalagi kalau semur itu disantap menggunakan nasi hangat. Duh, bikin perut jadi lapar ya membayangkannya! Cara masak semur jengkol sebenernya juga mudah namun, memang membutuhkan perhatian lebih saat mengolahnya. 

Jengkol sendiri termasuk bahan makanan yang membutuhkan keahlian lebih untuk mengolahnya. Karena jika dimasak dengan benar, rasanya bisa sangat lezat. Akan tetapi, jika diolah seadanya jengkol akan menyisakan rasa langu dan bau yang menyengat.


Lalu bagaimana cara masak semur jengkol yang enak, empuk, dan tidak bau? Berikut ini kami berikan rahasianya. Kamu bisa mencoba mengolahnya dengan metode 5-30-7. Metode ini adalah dengan Rebus jengkol selama 5 menit. Kemudian matikan api dan diamkan selama 30 menit setelah itu, rebus lagi selama 7 menit sebelum ditiriskan. Dengan menggunakan cara masak semur jengkol ini, dijamin semur jengkol yang kamu olah tidak bau dan empuk! Jadi makin asik kan makan jengkolnya? 

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut:
  1. 500 gram jengkol tua
  2. 20 lembar daun jambu
  3. Air secukupnya untuk merebus
  4. garam secukupnya
  5. gula pasir secukupnya
  6. 5 sendok makan kecap manis (atau sesuai selera)
  7. 250 ml air
  8. minyak goreng secukupnya, untuk menumis
Siapkan juga untuk bumbu yang harus dihaluskan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. 4 siung bawang putih
  2. 3 butir kemiri, sangrai
  3. 1 sendok teh jintan
  4. 1 sendok teh merica bubuk
  5. 1 cm biji pala
  6. 10 buah cabai rawit (opsional)
Cara masak semur jengkol agar empuk dan tidak bau:
  1. Pertama-tama belah dua jengkol terlebih dulu. Kemudian rebus air dan daun jambu hingga mendidih. Setelah itu masukkan jengkol yang yang sudah dibelah tadi.
  2. Rebus jengkol yang telah dibelah tadi selama 5 menit saja, kemudian matikan api. Setelah itu diamkan jengkol di dalam air rebusan selama 30 menit. Kemudian nyalakan api kembali dan rebus selama 7 menit. Setelah itu angkat panci rebusan dan tiriskan airnya.
  3. Geprek jengkol yang telah direbut tadi hingga merekah, kemudian buang kulit yang masih menempel.
  4. Kemudian anda harus siapkan wadah kedap udara. Setelahnya tuangi air matang dan tutup rapat. Kemudian masukkan ke dalam lemari es dan biarkan hingga semalaman.
  5. Setelah disimpan semalaman di dalam lemari es, jengkol siap diolah menjadi semur. Campur semua bahan bumbu halus dengan ulekan atau blender. Tumis hingga bumbu harum dan berubah warna.
  6. Tambahkan air secukupnya, kemudian masukkan jengkol. Lalu bumbui dengan kecap manis.
  7. Lalu masak hingga bumbu meresap ke dalam jengkol dan air menyusut hingga separuhnya. Kemudian bumbui dengan garam dan gula pasir secukupnya.
  8. Kemudian masak lagi sampai air benar-benar menyusut. Setelah itu lakukan tes rasa. Jika menurut anda sudah pas, angkat dari kompor dan sajikan di piring.
Nah, itu dia informasi cara masak semur jengkol yang empuk dan tidak bau. Jadi, ketika anda makan semur jengkol, anda tidak perlu khawatir akan baunya yang menyengat. Untuk penyimpanannya sendiri jangan lupa untuk menyimpannya di wadah  yang kedap udara ya, supaya olahan semur ini tidak mudah bau. Gimana? Mudah banget kan guys. Yuk cobain resep ini! 


Artikel Terkait

Kenali 6 Jenis Minyak untuk Masakan, Mana yang Sering Kamu Gunakan?
Salah satunya adalah minyak kelapa yang bisa digunakan hingga tiga kali penggorengan..
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2020
Resep Sundubu Jjigae ala Drakor Itaewon Class, Spesial Pakai Mie Lemonilo!
Makanan khas Cafe DanBam di drama korea Itaewon Class ini jadi lebih spesial dengan mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
08 Oktober 2020
4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020