Cara Senam Pilates untuk Pemula, Apa Saja Manfaatnya?

29 Jul 2020 @ 18:51:36
Senam pilates merupakan salah satu jenis latihan yang berfungsi untuk melatih kekuatan fisik, kesehatan mental, keseimbangan, dan kebugaran yang bisa dilakukan kapan saja di rumah. Cara melakukan gerakan pilates ini cukup mudah. Yaitu dengan mengangkat kedua kaki ke atas, dengan bertumpu pada pinggang dan kedua tangan yang diluruskan. Lalu, apa saja manfaat melakukan gerakan pilates ini? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mendapatkan Tubuh yang Bugar



Manfaat pertama yang akan kamu rasakan ketika melakukan senam ini adalah rasa bugar pada seluruh tubuh. Pasalnya, pilates sendiri merupakan salah satu jenis latihan yang berkonsentrasi pada kebugaran tubuh, tidak hanya fokus pada otot-otot tertentu saja. Latihan pilates ini mampu melatih kekuatan inti tubuh secara keseluruhan termasuk pada bagian pernapasan dan keseimbangan mental yang jarang ditemukan pada senam jenis lain.

2. Melatih Kekuatan Tubuh



Manfaat kedua yang dirasakan ketika seseorang sering melakukan gerakan pilates ini adalah melatih kekuatan tubuh, sehingga sangat tepat untuk kamu yang ingin membentuk kekuatan tubuh dan kekuatan otot kencang secara keseluruhan dan permanen. Beberapa jenis senam mungkin hanya akan fokus pada menambah masa berat badan atau bulking, tetapi tidak dengan pilates ini. Senam ini juga akan membentuk kekuatan dan massa otot sekaligus.

3. Membentuk Postur Tubuh



Semua orang pastinya ingin memiliki postur tubuh yang ideal. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan gerakan pilates ini. Gerakan-gerakan dasar yang dilakukan dalam senam ini mampu melatih tubuh untuk bergerak dalam kekuatan otot dan juga harmoni sehingga dapat membentuk postur yang proporsional. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tubuh yang lebih segar dan sehat jika melakukan senam ini secara rutin.

4. Menambah Energi



Mungkin, bagi sebagian orang menganggap bahwa berolahraga hanya akan membuang-buang energi karena kelelahan. Namun, ternyata pemikiran sebagian orang ini salah. Melakukan olahraga jenis apapun pada sadarnya akan menambah energi karena kamu terbiasa untuk melakukan gerakan dan juga melatih otot tubuh. Terutama jika kamu sering melakukan senam pilates ini. Pasalnya, senam ini mampu melatih sirkulasi pernapasan, fokus pada otot dan tulang belakang, serta menambah produksi energi dan kebugaran.

5. Menurunkan Berat Badan



Melakukan senam pilates ini secara rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan. Selain membentuk tubuh proporsional, senam ini juga cukup efektif membakar kalori. Kamu dapat mengkombinasikan gerakan-gerakan yang ada di dalam senam ini dengan gerakan aerobik untuk postur tubuh yang lebih proporsional.

6. Menguatkan Otot Inti Tubuh



Manfaat lain yang bisa diperoleh jika seseorang melakukan senam pilates ini adalah dapat menguatkan otot inti tubuhnya. Otot inti sendiri adalah serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot ini merupakan rantai penghubung tubuh bagian atas dan bagian bawah tubuh manusia. 

Otot inti yang lemah atau fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, bahkan bisa jadi membuat tubuh mudah lelah ketika beraktivitas. Untuk itu, melakukan gerakan pilates bisa menguatkan otot inti tubuh sehingga mampu membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

Itulah keenam manfaat yang dapat kamu peroleh jika rutin melakukan senam pilates. Selain melakukan gerakan pilates, cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin makanan yang akan melengkapi nutrisi tubuh dan juga menjalankan pola hidup sehat yang seimbang. 


Artikel Terkait

Baik Untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Olahraga Renang yang Rutin
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat renang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh loh!..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Wajib Tahu 6 manfaat bekam dan Juga Efek Sampingnya
Apakah kalian suka melakukan bekam? Inilah beberapa manfaat bekam sekaligus efek samping dari bekam..
Rizki Indra
20 Oktober 2020
Tak Melulu Jerawatan, Ini 5 Ciri Perubahan Hormon Saat Menstruasi Akan Datang
Jika kamu mengalami gejala PMS cukup berat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter..
Shella Rafiqah Ully
20 Oktober 2020