Cara Tepat Atasi Kolesterol dengan Diet

14 Mei 2019 @ 15:15:08
Meski akrab dengan kata ‘kolestrol jahat’ yang bisa memicu penyakit jantung koroner dan stroke, sebenarnya tubuh kita tetap membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu untuk proses pembentukan sel-sel baru agar tubuh tetap berjalan normal. Masalah kesehatan baru muncul jika jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh melebihi kebutuhan dan tidak diimbangi dengan kolesterol baik (HDL). Ini nih yang sering kita sebut dengan masalah kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi bisa terjadi karena banyak faktor, misalnya pola makan nggak sehat, kurang olahraga, hingga faktor keturunan. Bila tidak diatasi dengan baik, kolesterol tinggi akan menyebabkan mengendapnya kolesterol pada arteri dan memicu masalah penyempitan arteri serta penggumpalan darah. Ini menyebabkan munculnya penyakit seperti stroke atau serangan jantung.

Bagi pengidap masalah kolesterol tinggi, pola makan sehat bisa membantumu menurunkan dan menjaga tingkat kestabilan kolesterol dalam darah. Coba untuk mengkonsumsi bahan makanan berikut dan lihat bagaimana kadar kolesterol dalam darahmu bisa berkurang!

  • Gandum Utuh, Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kandungan serat tinggi dalam gandum utuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Pun demikian dengan kacang-kacangan dan biji-bijian karena keduanya mengandung asam lemak Omega-3 serta serat yang berperan penting untuk menurunkan kolesterol. Jadi, mulailah masukkan  gandum, kacang almond, walnut, lentil, kacang-kacangan dan biji-bijian lain jadi bagian dari menu diet kamu!

  • Ikan

Kandungan asam lemak Omega 3 dalam ikan membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga sangat baik untuk dikonsumsi olehmu yang mengalami kolesterol tinggi.

  • Buah-buahan dan Sayuran

Serat dalam buah dan sayuran membantu menurunkan kolesterol jahat. Karena itu, perbanyak konsumsi buah-buaha dan sayuran untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  • Sari Cuka Apel

Sari cuka apel jadi salah satu bahan makanan mengandung serat yang penting untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, sari cuka apel juga mengandung asam amino yang berfungsi menetralkan kolesterol jahat dan membantu tubuh mengeluarkan kolesterol jahat. Konsumsi 2 sendok cuka apel seperti Bragg Apple Cider Vinegar setiap hari bisa jadi salah satu langkah baik untuk menurunkan kolesterolmu.

Gaya Hidup Tepat Untuk Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Bukan hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat, tingkat kolesterol dalam tubuh juga bisa diturunkan dengan gaya hidup yang tepat. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk upaya menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuhmu!

Upayakan Olahraga Secara Rutin

Aktif berolahraga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh serta menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Olahraga juga membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas yang menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung. Jadi Lemonizen, mulai sekarang biasakan diri untuk olahraga secara rutin ya!

Mulailah Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok berhubungan dengan tingginya tingkat kolesterol. Ini karena kandungan dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan meningkatkan resiko menumpuknya plak pada dinding arteri. Nikotin pada rokok juga memicu proses pemecahan cadangan lemak tubuh, sehingga meningkatkan kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan resiko penyumbatan pembuluh darah. Jadi, mulailah berhenti merokok kalau mau menurunkan kolesterol dan terhindar dari bahaya penyakit lain ya!

Ganti Bahan Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

Untuk mengurangi konsumsi lemak jahat seperti lemak trans dan lemak jenuh, kamu harus mengurangi konsumsi makanan seperti daging berlemak, makanan yang digoreng, dan sumber lemak jahat lainnya. Kalau biasanya kamu terbiasa makan daging sebagai sumber protein dari lauk, sekarang kamu bisa mulai menggantinya dengan daging ayam tanpa kulit atau ikan. Penting juga untuk perhatikan cara pengolahan makanan, kamu harus mulai cari pilihan pengganti makanan yang digoreng dengan makanan-makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, tumis atau dipanggang. Mengganti bahan makanan yang memicu kenaikan kolesterol dengan bahan makanan yang sehat merupakan langkah penting untuk mengurangi konsumsi lemak jahat!

Meskipun ada beberapa jenis obat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti Statin atau Zetia, tapi pola makan sehat dan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Ini juga menjaga agar kolesterol dalam tubuh tidak naik kembali. Menerapkan gaya hidup sehat sejak dini bahkan dapat mencegah munculnya masalah kolesterol tinggi.

Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Juni jadi bulan istimewa untuk para ayah di dunia. Hari Minggu pada pekan ketiga bulan Juni ini kita peringati sebagai H..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Musim mudik telah tiba, perjalanan pulang ke kampung halaman tentu jadi hal yang membahagiakan bagi keluarga. Bagi kelua..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Aneka gorengan kerap jadi pilihan camilan terutama saat berbuka puasa tiba. Sayangnya, gorengan masuk dalam kategori mak..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019