7 Cara Bikin Gorengan Jahat Jadi Lebih Sehat, Nggak Perlu Khawatir Kolesterolmu Naik!

29 Mei 2019 @ 11:55:28
Aneka gorengan kerap jadi pilihan camilan untuk menemanimu di suasana apa saja. Sayangnya, gorengan masuk dalam kategori makanan tak sehat karena mengandung lemak trans yang tinggi setelah diolah dengan menggunakan cukup banyak minyak goreng. Meskipun demikian, Lemonizen nggak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya jika diolah dengan cara yang tepat kamu tetap bisa menciptakan sajian gorengan yang sehat dan aman dinikmati. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah hindari menggoreng dengan proses deep frying (menggoreng dengan banyak minyak). Teknik deep frying akan membuat gorengan terendam dan minyak yang terserap jadi lebih banyak. Ini berpotensi menjadikan gorenganmu tinggi lemak dan akan berbahaya bagi kesehatan. Berikut ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk bikin gorenganmu jadi lebih sehat!

1. Hindari Penggunaan Minyak Jelantah

Minyak goreng memang bisa digunakan beberapa kali, namun sebaiknya berhenti menggunakan minyak goreng jika warna dan aromanya sudah berubah. Ini karena minyak goreng yang telah menurun kualitasnya akan membentuk senyawa dan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Minyak yang telah digunakan berulang kali juga memiliki kandungan akrilamida yang dalam jangka waktu panjang bisa memicu kanker. Jadi, jangan lagi gunakan minyak goreng yang telah 2-3 kali dipakai ya. Apalagi kalau mau memakai minyak jelantah untuk membuat gorengan, minyak jelantah dapat merusak cita rasa dan aroma gorengan.

2. Pilih Minyak Goreng yang Tepat

Pilih minyak goreng yang mengandung asam lemak tak jenuh dan titik didih tinggi seperti minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari sehingga aman digunakan untuk menggoreng. Ini juga akan membuat aneka gorengan milikmu jadi lebih sehat. Jika tak menemukan keduanya, untuk opsi lain kamu juga bisa menggunakan minyak goreng sehat yang kini banyak dijual di pasaran, salah satunya Minyak Goreng Kelapa Premium dari Lemonilo. Minyak goreng ini dibuat dengan sistem pendiaman dan penyaringan secara tradisional menggunakan tangan, tanpa penambahan kimia dan tidak melalui proses pemanasan apapun sehingga nutrisi di dalamnya terjaga secara maksimal. 

3. Gunakan Tepung yang Tepat

Tepung terigu serbaguna sering dijadikan pilihan untuk membuat adonan gorengan. Padahal kandungan gluten dalam tepung terigu bisa membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak sehingga gorengan yang kamu buat akan mengandung lebih banyak lemak. Karena itu, untuk membuat gorengan sehat mulai ganti tepung terigu dengan tepung bebas gluten seperti tepung jagung atau tepung beras, ya!

4. Baking Soda dalam Adonan Tepung

Untuk menciptakan sajian aneka gorengan yang lebih sehat, tips lain yang bisa Lemonizen lakukan adalah dengan menambahkan baking soda ke dalam adonan tepung. Baking soda akan membuat gorengan menjadi lebih garing dan renyah. Pun, penambahan baking soda juga akan membuat gorengan menyerap lebih sedikit minyak sehingga terhindar dari lemak.

5. Jaga Suhu Minyak Goreng

Suhu ideal untuk membuat gorengan yang renyah adalah sekitar 160-200 derajat celcius. Jika kamu mengolah gorengan dengan minyak yang kurang panas, minyak akan diserap lebih banyak pada makanan olahan dan membuatnya jadi kurang renyah. Sebaliknya, jika  minyak goreng yang digunakan terlalu panas, gorengan juga akan menjadi terlalu matang. That’s why penting bagi kamu untuk selalu menjaga suhu minyak goreng saat sedang memasak atau bikin gorengan.

6. Buang Minyak Berlebih

Setelah selesai menggoreng, tiriskan gorengan dengan baik sebelum menyajikannya. Pastikan minyak berlebih pada gorengan yang baru diangkat sudah lebih dulu dibuang. Cara meniriskannya bisa dengan meletakkan tisu di atas piring saji, sehingga sisa minyak berlebih dapat diserap. Tak hanya lebih nikmat disantap, gorengan yang tidak mengandung terlalu banyak minyak juga lebih baik untuk kesehatan. 

7. Gunakan Bahan Makanan yang Lebih Sehat

Gorengan yang bisa kamu sajikan bisa beragam jenisnya, olahan dan campuran yang bisa ditambahkan juga beraneka macam. Untuk membuat gorengan yang lebih sehat, baiknya pilih bahan olahan yang kaya kandungan gizi, misalnya sayur atau buah-buahan. Pisang goreng, bakwan sayur, atau brokoli goreng cocok untuk dijadikan ide menu gorengan yang bisa disajikan untuk jadi camilan sehatmu.

Meskipun gorengan yang dibuat sendiri tampak lebih sehat, kamu tetap harus membatasi konsumsinya karena dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Agar gorengan yang kamu buat semakin aman dikonsumsi, pastikan juga untuk selalu menggunakan minyak goreng sehat seperti produk minyak Lemonilo

Sekarang nggak perlu takut lagi mengonsumsi aneka gorengan favorit asalkan tahu cara mengolah yang tepat dan sehat!

Artikel Terkait

Kempesin Jerawat dengan Masker Tomat, Kamu Bisa Bikin dengan Gampang!
Jerawat bukan akhir dari segalanya! Kamu nggak perlu minder dan khawatir karena masker tomat bisa mengatasinya...
Shella Rafiqah Ully
14 Desember 2019
4 Bukti Hidup Sehat Nggak Perlu Mahal, Kamu Bisa Jalankan dengan Gampang Lho!
Hidup sehat nggak melulu mahal dan bikin repot. Coba 4 cara berikut untuk mulai perjalanan sehatmu dengan tetap hemat!..
Shella Rafiqah Ully
10 Desember 2019
Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Ayah milenial berbeda dengan ayah generasi sebelumnya. Mereka membangun hubungan yang setara dalam hal mengurus rumah ta..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019