Cari Tahu 6 Manfaat Melinjo Selain Melancarkan Pencernaan

Melinjo merupakan salah biji-bijian yang memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh manusia. Manfaat melinjo tidak hanya pada bagian bijinya saja, namun bisa juga mengambil manfaat dari kulit biji dan daunnya. Cara mengolah dan mengkonsumsinya juga tidak terlalu sulit, sehingga cocok untuk siapa saja. Namun Anda harus membatasi takaran konsumsinya. Inilah beberapa manfaat dari melinjo:

banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Seseorang yang memiliki metabolisme buruk akan memiliki kadar lemak jahat yang lebih banyak karena kinerja organnya kurang maksimal. Disisi lain juga meningkatkan risiko terjangkit obesitas. Salah satu cara agar metabolisme tubuh terjaga adalah dengan memanfaatkan melinjo.
Kali ini Anda membutuhkan bagian daunnya untuk dimanfaatkan. Anda hanya perlu mengambil 2-5 helai daun melinjo, kemudian dimasak dengan sayuran lain. Daunnya ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Tidak dapat dipungkiri bahwa penuaan dini bisa menyerang siapa saja. Salah satu tanda penuaan dini bisa dilihat pada kondisi kulit seseorang, baik wajah maupun bagian tubuh lainnya. Seseorang biasanya akan memiliki kulit yang lebih kusam dan tidak terawat.
Daun melinjo memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini. Senyawa ini juga dapat memproduksi kolagen yang dapat membantu regenerasi pada sel kulit yang telah mati. Konsumsilah secara teratur jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menjaga dan Memelihara Kesehatan Ginjal dan Otak

Kali ini manfaat yang didapatkan dari melinjo adalah dari bagian kulitnya. Kandungan fosfor yang dimilikinya baik untuk kesehatan ginjal. Disisi lain juga berguna untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan membantu ginjal untuk mengeluarkan senyawa racun.
Selain menjaga kesehatan ginjal, kulit melinjo juga dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan mangan pada kulitnya dapat mengikat neurotransmitter yang merupakan senyawa yang bertugas membuat sistem saraf dan sinyal pada saraf bekerja menjadi lebih efektif.

banner consideration promotion bg blue

4. Menjaga dan Mencegah Gigi Berlubang

Kebanyakan sakit gigi yang parah disebabkan oleh gigi yang berlubang. Gigi yang berlubang ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari tidak menjaga kebersihan gigi hingga tidak terpenuhinya kalsium dan fosfor yang membantu menjaga gigi.
Banyak yang belum mengetahui bahwa kulit melinjo memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kedua senyawa inilah yang berperan menjaga kepadatan pada gigi dan mencegah terjadinya pengeroposan. Selain mengkonsumsinya, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan mulut.

5. Membantu Menstabilkan Gula Darah

Antioksidan flavonoid yang ditemukan pada daun melinjo dapat berguna untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Senyawa ini akan membantu menangkal dan mengikat radikal bebas agar tingkat stress oksidatif berkurang. Jika tingkat oksidatif berkurang, maka risiko terjangkit penyakit diabetes akan menurun. Disisi lain senyawa ini juga dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada pankreas. Cara mengkonsumsinya bisa dijadikan sebagai lalapan.

6. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Tubuh manusia memiliki sistem yang mengatur tentang suhu tubuhnya sendiri, dimana akan menyesuaikan sesuai dengan suhu lingkungannya. Apabila terjadi penurunan ataupun kenaikan suhu tubuh yang ekstrem, maka akan berdampak pada fungsi tubuh.
Biji dan kulit melinjo dapat dimanfaatkan untuk menjaga menyimbangkan suhu tubuh. Senyawa yang ada di dalamnya akan bekerja membantu mempertahankan metabolisme tubuh dan enzim yang berperan dalam menyeimbangkan suhu tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Masih ada banyak lagi manfaat melinjo yang bisa Anda ambil, baik itu dari biji, kulit hingga daunnya sekalipun. Jika ingin mengkonsumsinya, konsumsilah sesuai dengan takaran yang disarankan dan tidak boleh terlalu banyak. Dengan begitu berbagai manfaat dari melinjo bisa diserap optimal oleh tubuh.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami