Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Cari Tahu 7 Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Dec 2020
Clock Icon
4 menit
Konsumsi ikan kembung untuk merasakan manfaat Ikan kembung.
Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan laut ini dengan harga yang sangat terjangkau. Manfaat ikan kembung juga dikenal sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini tidak terlepas dari berbagai kandungan gizi yang ada di ikan kembung. Contohnya seperti lemak, natrium, kalium, protein, vitamin, dan berbagai jenis mineral lainnya. Bahkan, kandungan gizinya lebih banyak daripada ikan salmon lho.
banner consideration shipping bg blue

Dengan berbagai manfaat tersebut, ikan kembung atau Rastrelliger sp. ini jangan sampai terlewatkan dalam menu makanan sehat yang wajib kamu konsumsi. Inilah berbagai manfaat dari ikan kembung untuk kesehatan:

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah



Ikan kembung sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes karena mampu mengontrol gula darah agar tetap terkendali. Pada ikan ini terkandung omega 6 yang memiliki peranan dalam mengendalikan gula darah dalam tubuh. Selain itu, alasan lain mengapa ikan kembung aman dikonsumsi penderita diabetes adalah mengandung lemak jenuh yang rendah dan juga sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

2. Meminimalisir Penyakit Otak



Salah satu manfaat ikan kembung untuk otak adalah meminimalisir penyakit yang timbul pada bagian otak, dua diantaranya adalah Alzheimer dan Parkinson. Dengan rutin memakan ikan kembung, maka kamu akan terhindar dari kedua penyakit tersebut berkat adanya kandungan docosahexaenoic acid (DHA).

3. Mengontrol Tekanan Darah



Salah satu kandungan ikan kembung adalah kalium yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal. Selain itu, ikan ini sangat bagus dikonsumsi penderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah yang semula tinggi.
banner consideration promotion bg blue

4. Menurunkan Berat Badan



Teruntuk kamu yang saat ini sedang menjalani program diet, ikan kembung dapat menjadi salah satu makanan yang tetap bisa dikonsumsi. Memang ada kandungan lemak jenuh pada ikan kembung, namun kadar hanya sedikit yaitu 4,2 mg per 100 gramnya. Ikan kembung lebih banyak mengandung lemak tak jenuh, baik ganda maupun tunggal. Lemak jenis ini jika masuk ke dalam tubuh manusia tidak akan menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menaikkan berat badan. Tidak heran jika jenis ikan ini akan sangat dianjurkan dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

5. Mengandung Antioksidan



Selain memiliki berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh, ternyata ikan kembung juga merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang aman dan sehat dikonsumsi. Di dalamnya, terkandung salah satu mineral bernama selenium. Mineral inilah berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang berusaha masuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, juga berguna mencegah penuaan dini.

6. Mengatasi Peradangan



Manfaat ikan kembung selanjutnya bagi kesehatan tubuh adalah bisa mengatasi masalah peradangan. Ikan ini mengandung senyawa aktif yang berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan. Zat anti inflamasi inilah yang juga mampu untuk meredakan nyeri sendi dan kaku otot pada penderita rheumatoid arthritis. Jadi, buat kamu yang saat ini mengalami masalah persendian, bisa mengkonsumsi ikan kembung untuk mengurangi rasa sakitnya.

7. Menjaga Kesehatan Tulang



Selain mengandung kalsium, ikan kembung juga mengandung vitamin D. Sebagaimana yang kita ketahui, keduanya merupakan zat penting yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan tak cuma tulang saja, vitamin D juga baik untuk kesehatan gigi. Membuat gigi jadi kuat dan tidak mudah goyah. Hal ini juga membuat ikan kembung sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, supaya tulang dan giginya sehat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikian penjelasan lengkap mengenai beberapa manfaat ikan kembung untuk kesehatan tubuh kita. Dari informasi ini kita jadi tahu, bahwa meski memiliki harga yang terjangkau, nyatanya manfaat dari ikan kembung sangat baik dan banyak untuk kesehatan. Jadi, yuk konsumsi ikan kembung mulai sekarang!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.