Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Cari Tahu Bun, Bayi Usia 0-3 Bulan mampu Melakukan Apa Saja

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Bayi usia 0-3 bulan sudah memiliki penglihatan yang semakin tajam.
Mengamati tumbuh kembang si kecil memang menjadi berkah dan kebahagiaan tersendiri untuk setiap orang tua. Seperti contohnya bayi usia 0-3 bulan yang sudah bisa melakukan berbagai respon tubuh. Mengamati berbagai perkembangan bayi ini juga penting loh Bunda,  tujuannya supaya Bunda tahu hal yang normal dan yang tidak normal yang terjadi pada bayi. Sehingga apabila ada hal yang tidak wajar yang terjadi pada bayi Bunda, Bunda bisa mengantisipasinya dengan lebih dini, dengan begitu hal-hal yang tidak diinginkan pun tidak akan terjadi.
banner consideration shipping bg blue

1. Bayi Baru Lahir (0 bulan)



Normalnya bayi baru lahir harus menangis, karena dengan adanya tangisan ini menandakan bayi usia 0-3 bulan bisa bernapas dengan baik tanpa hambatan. Selain hanya bisa menangis, bayi baru lahir ini juga normalnya mempunyai refleks-refleks yang mampu membantunya untuk menunjang kehidupan.

Refleks yang seharusnya sudah ada sejak lahir ini diantaranya yaitu refleks sucking atau menghisap dan refleks rooting atau mencari putting. Nah, untuk melihat ada tidaknya refleks ini pada bayi baru lahir, biasanya seorang Bidan atau dokter kandungan akan menempatkan bayi di atas dada Bunda dan membiarkan bayi tersebut mencari puting dan menyusu.

2. Bayi Usia 1 Bulan



Pada usia 1 bulan, bayi Bunda akan menunjukkan refleks gasping atau menggenggam yang semakin kuat yang mungkin bisa Bunda rasakan sebagai cengkraman, refleks ini akan bertahan sampai usia 5 atau 6 bulan. Kemudian, bayi juga normalnya akan mulai belajar untuk tengkurap dan menguatkan otot leher mereka sampai bisa mengangkat kepala dan menggeleng-gelengkan kepalanya sendiri.

Pada usia 1 bulan ini, kemampuan bicara bayi belum terlihat, namun biasanya ia akan menyambut suara Bunda dengan kata ‘’ah’’, jadi sebaiknya Bunda selalu ajak ia berinteraksi agar kemampuan komunikasinya akan cepat terlatih. Karena biasanya bayi juga akan mulai memperhatikan suara berasal, sehingga tidak heran apabila ia akan menengok ke sumber suara.
banner consideration promotion bg blue

3. Bayi Usia 2 Bulan



Nah, ketika bayi sudah memasuki usia 2 bulan ini, kemampuan pendengaran bayi akan semakin tajam, sehingga sebaiknya Bunda juga memperdengarkan musik atau lagu, bukan hanya sekedar mengajaknya berinteraksi. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan mainan yang mempunyai suara dan juga warna yang beragam agar mata bayi bisa mengikuti pergerakan mainan tersebut. Dengan begitu, kemampuan motorik si kecil bisa lebih terasah.

4. Bayi Usia 3 Bulan



Pada bayi usia 3 bulan, perkembangan dari mata dan tangannya akan semakin meningkat. Jadi Bunda bisa membantu melatihnya dengan cara menunjukkan mainan ke hadapannya dan biarkan ia meraih atau menggenggam sendiri mainan tersebut. Pada usia ini, bayi juga akan senang memainkan jari tangannya sendiri, karena ia mulai bisa menyatukan kedua tangannya, menutup dan membuka jarinya, kemudian ia akan memasukkan genggamannya ke mulut.

Kemudian, bayi juga akan mulai berceloteh mencoba untuk meniru suara-suara yang didengarnya, maka pada saat ini usahakan Bunda lebih aktif lagi mengajaknya berinteraksi, dengan begitu perkataan Bunda akan terekam dalam memori ingatannya. Bayi usia 3 bulan ini juga akan lebih senang mengamati hal baru, seperti binatang atau dirinya sendiri di cermin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah sekilas ulasan mengenai tingkah laku bayi usia 0-3 bulan yang tentunya harus Bunda ketahui untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Bunda dan bermanfaat untuk mengamati tumbuh kembang si kecil ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.