Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Catat 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
22 Mar 2021
Clock Icon
5 menit
Asam lambung

Asam lambung merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi, baik di kalangan orang dewasa atau anak-anak. Penyakit ini ditandai dengan munculnya perasaan kembung, rasa asam di belakang mulut, cegukan, sulit menelan, perut mulas, batuk kering hingga mual. 


Gangguan asam lambung dapat dipicu oleh banyak hal terutama yang berkaitan dengan gaya hidup. Misalnya, kebiasaan makan dalam porsi besar, berbaring setelah makan, kelebihan berat badan, atau ngemil menjelang waktu tidur. 


banner consideration shipping bg blue

Di samping itu, asam lambung juga dapat dipicu oleh makanan dan minuman tertentu. Bila kamu sering mengalami asam lambung, sebaiknya periksa ulang gaya hidup dan kebiasaan makan yang kamu miliki. Dilansir dari International Foundation for Gastrointestinal Disorders, berikut adalah jenis makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. 


1. Kafein


Salah satu pantangan yang paling terkenal bagi penderita penyakit asam lambung adalah kafein. Kandungan kafein diketahui dapat membuat otot pada katup kerongkongan bagian bawah melemah sehingga konsumsinya perlu dibatasi atau bahkan dihindari. 


Di samping melemahkan otot katup kerongkongan, konsumsi kafein juga dianggap dapat merangsang hormon gastrin yang berperan dalam produksi asam lambung. Untuk itu, konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, coklat, minuman berenergi hingga minuman soda perlu diperhatikan.  


2. Bawang


Bawang juga menjadi salah satu pemicu rasa mulas. Terutama bawang mentah yang ada dalam hidangan seperti burger atau sambal. Bawang bombay, misalnya.  Bawang jenis ini kaya akan serat yang dapat difermentasi, yang dapat memicu sendawa. Kondisi ini nantinya dapat memperburuk kondisi asam lambung. 


Di samping itu, bawang juga diketahui mengandung sekelompok senyawa yang dapat memicu masalah pencernaan lainnya. 


3. Makanan Pedas 


Secara umum, konsumsi makanan pedas memang dapat menimbulkan banyak gangguan pencernaan. Mulai dari mulas, perut terasa panas, hingga diare. Di samping itu, konsumsi makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, sehingga memperburuk gejala mulas. 


Makanan pedas juga mengandung zat bernama capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan. Sehingga makanan akan berada lebih lama di dalam pencernaan dan menyebabkan rasa mulas berlarut-larut. 


banner consideration promotion bg blue

4. Makanan Berlemak


Pada dasarnya lemak adalah kandungan nutrisi yang juga dibutuhkan tubuh. Namun konsumsinya harus dalam jumlah yang wajar. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dapat memicu naiknya asam lambung. 


Makanan yang termasuk ke dalam kategori lemak tinggi adalah gorengan, makanan yang digoreng, daging sapi, daging domba, sosis, kornet, dan berbagai jenis daging olahan. Di samping itu, produk susu juga termasuk ke dalam makanan dengan lemak tinggi. 


5. Buah Citrus dan Tomat


Buah-buahan yang mengandung rasa asam seperti jeruk dan tomat juga menjadi makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. Melalui penelitian yang diterbitkan dalam The Korean Journal of Gastroenterology, orang yang telah mengonsumsi buah asam seperti jeruk atau grapefruit mengalami peningkatan asam lambung dan mengalami sensasi terbakar. 

Meski begitu penjelasan mengenai kaitan antara buah citrus maupun tomat pada asam lambung belum diketahui secara lebih jelas. Para ahli memperkirakan hal tersebut mungkin terjadi karena jumlah asam yang ada di dalam buah yang kemudian memicu 

6. Alkohol 


Konsumsi alkohol juga dapat memicu rasa mulas pada tubuh sehingga harus dihindari oleh kamu yang sering mengalami peningkatan asam lambung. Minuman beralkohol, seperti anggur dan bir, dapat meningkatkan jumlah asam lambung, yang kemudian meningkatkan risiko mulas. 

Selain itu, konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat secara langsung merusak lapisan kerongkongan. Dalam jangka panjang, kondisi ini akan membuat kerongkongan lebih sensitif pada asam lambung. 

7. Minuman Bersoda 


Minuman soda atau minuman berkarbonasi juga sering menjadi penyebab gangguan asam lambung sehingga perlu dihindari. Menurut penelitian, soda dapat mengendurkan otot pada kerongkongan sehingga dengan mudah meningkatkan keasaman asam lambung. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itu tadi deretan makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. Bila kamu sering mengalaminya, cobalah untuk hindari jenis-jenis makanan di atas. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan dan berbagai gejala asam lambung yang mengganggu. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.