Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Catat! 9 Makanan Pencegah Kanker Payudara Ini Perlu Rutin Dikonsumsi

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
25 Nov 2021
Clock Icon
6 menit
makanan pencegah kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang perempuan Indonesia. Menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2020, ditemukan bahwa kanker payudara adalah jenis kanker dengan jumlah kasus baru tertinggi di Indonesia. Kasus kanker payudara yang terjadi berjumlah 16,6% atau 65.858 dari 396.914 dari total kasus kanker yang ada. 


Sebagai salah satu cara mencegah kanker payudara, kamu bisa mulai untuk memilih asupan yang lebih baik bagi kesehatan. Faktanya, ada lho beberapa jenis makanan pencegah kanker payudara yang manfaatnya telah terbukti melalui penelitian. Apa saja makanan pencegah kanker payudara tersebut? Ini penjelasannya. 


1. Makanan Fermentasi

Yoghurt, kimchi, miso dan asinan kubis merupakan contoh dari jenis makanan fermentasi. Dilansir dari Journal of Breast Cancer, makanan fermentasi mengandung probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi dari kanker payudara. Sementara pada penelitian lain ditemukan bahwa produk susu fermentasi seperti yoghurt dan kefir, dapat menurunkan risiko kanker payudara. 


2. Buah Jeruk 

Buah jeruk kaya akan senyawa yang dapat melindungi tubuh dari kanker payudara lho, Lemonizen. Di dalamnya terkandung folat, vitamin C, karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten, ditambah antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin. Melalui penelitian, buah jeruk telah terbukti dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Termasuk kanker payudara.  


3. Buah beri

Kelompok buah beri yakni stroberi, raspberry, blueberry, blackcurrant, hingga blackberry juga termasuk dalam kategori makanan pencegah kanker payudara. Berdasarkan penelitian tahun 2016,  buah beri diketahui mengandung antioksidan seperti flavonoid dan anthocyanin yang telah terbukti mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker. 


4. Buah persik, apel dan pir


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 75.929 perempuan, diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi 2 porsi buah persik setiap minggu memiliki risiko 41 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Menurut penelitian lain, buah persik diketahui memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran garis sel kanker payudara.


5. Sayuran cruciferous


Cruciferous atau sayuran persilangan adalah sayuran seperti kembang kol, kubis, dan brokoli. Menurut penelitian, kelompok sayuran ini juga berperan untuk menurunkan risiko kanker payudara. Sayuran cruciferous mengandung senyawa glukosinolat, yang dapat diubah oleh tubuh menjadi molekul yang bernama isothiocyanates. Molekul inilah yang kemudian memiliki potensi antikanker pada tubuh. Melalui penelitian lain, terbukti juga bahwa perempuan yang meningkatkan asupan sayuran cruciferous setiap harinya memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah.


6. Biji-bijian


Biji-bijian dikenal kaya akan serat, vitamin dan mineral. Kandungan serat di dalam kacang cukup tinggi hingga dapat melindungi tubuh dari serangan kanker payudara. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2.571 perempuan, asupan kacang yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 20 persen . 


7. Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang 


Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang seringkali menjadi bahan yang ada dalam masakan. Ketiga jenis bawang ini ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti organosulfur, antioksidan flavonoid, dan vitamin C. Kandungan tersebut memiliki sifat antikanker yang dapat berperan menurunkan risiko kanker payudara. 


8. Ikan Berlemak


Ikan berlemak, seperti salmon dan sarden, memang telah lama dikenal karena bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk pencegahan kanker payudara. Di dalamnya terkandung lemak omega-3, selenium dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi sumber makanan laut omega-3 tertinggi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 14 persen, dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah rendah.


9. Sayuran Hijau


Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan tersebut dianggap dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sayuran hijau pun cukup mudah ditemukan sehari-hari. Misanya bayam, sawi hijau, kale, dan masih banyak lagi. 


Sudah tahu kan apa saja makanan pencegah kanker payudara? Yuk Lemonizen, mulai sekarang jangan lupa untuk makan makanan tersebut agar kamu bisa menurunkan risiko penyakit kanker payudara. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan deteksi dini melalui gerakan SADARI yang dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan RI. 




Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.