Cegah Darah Tinggi, 7 Rempah Ini Bisa Kamu Gunakan Sebagai Pengganti Garam

28 Feb 2020 @ 23:49:39
Garam sepertinya sudah jadi bumbu wajib bagi setiap masakan di Indonesia. Rasanya ada yang kurang jika masakan tidak dibumbui dengan garam. Tapi ternyata, badan kita membutuhkan garam dalam jumlah sedikit. Tanpa disadari, makanan yang kita santap sehari-hari bisa mengandung garam melebihi jumlah yang kita butuhkan. 

Menurut penelitian, konsumsi garam yang melebihi 5 gram per hari atau 2,5 sendok teh dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung lainnya. Sebenarnya, ada beberapa alternatif bumbu dan rempah-rempah yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan garam saat memasak. Apa saja? Yuk simak daftarnya berikut ini!. 

Lada 

Sebagian besar masakan di Indonesia cenderung memiliki rasa yang pedas dan salah satu bumbu yang banyak digunakan untuk menambah rasa pedas adalah lada. Selain pedas, lada juga memberi sensasi hangat pada tenggorokan dan tidak membuat rasa masakan bergeser jauh dari cita rasa aslinya. 

Di supermarket, kamu bisa menemukan lada hitam, lada putih hingga lada hijau. Ketiga jenis lada ini dibuat dari tanaman yang sama namun beda pengolahan dan pemetikan bijinya. Lada hitam umumnya memiliki rasa paling pedas, sedangkan lada hijau memiliki sensasi segar dan banyak digunakan di masakan Thailand. 

Kayu Manis

Meskipun namanya manis, namun kayu manis juga bisa menggantikan rasa asin dari garam sehingga cocok digunakan untuk makanan manis maupun asin. Kayu manis sudah lama digunakan dalam berbagai resep masakan dan minuman. Kamu bisa menggunakan batang kecil kayu manis sebagai penyedap rasa atau gunakan bubuk kayu manis agar lebih praktis.

Jinten

Jinten atau cumin dapat memberikan sensasi pedas, hangat dan harum pada masakan. Rasa pedas jinten juga tidak menyakitkan, sehingga cocok untuk jenis masakan yang tidak terlalu pedas namun butuh aroma kuat. Selain digunakan sebagai bumbu, jinten juga banyak digunakan sebagai bahan jamu atau obat-obatan.

Bawang Putih Bubuk

Pengganti garam paling populer adalah bawang putih bubuk. Bawang putih bubuk punya aroma dan rasa gurih yang khas sehingga dapat meningkatkan rasa makanan meskipun tanpa garam. Bawang putih bubuk juga cukup fleksibel digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, bubur, hingga bumbu marinasi.  

Pala

Pala adalah salah satu rempah yang khas Indonesia yang ketenarannya mendunia. Rempah asli Pulau Banda ini berbentuk lonjong dan keras, sehingga untuk mengolahnya dalam masakan sebaiknya diparut atau dihaluskan terlebih dahulu. Ciri khas rasa pala adalah sedikit pedas, ada sensasi harum dan manis serta mampu memberi efek menghangatkan tubuh. Semakin tua biji pala, aroma dan rasa yang dihasilkan semakin kuat. 

Oregano 

Daun oregano kering memiliki rasa yang lebih tajam dibanding dengan daun segarnya. Oregano memiliki harum rempah yang kuat dan kadang sedikit pahit. Bumbu ini banyak digunakan di masakan Italia tapi kamu juga bisa mengkreasikan masakan Indonesia dengan tambahan oregano. 

Ketumbar 

Rempah satu ini memiliki banyak nama di negara lain. Di Eropa umumnya ketumbar dikenal dengan coriander, sedangkan di Amerika Latin daun ketumbar lebih sering dikenal dengan nama cilantro.
Ketumbar adalah salah satu rempah yang bisa kamu gunakan dalam berbagai bentuk. Daun ketumbar bisa digunakan sebagai taburan topping atau penguat rasa dalam masakan berkuah, sedangkan biji ketumbar biasanya diberikan sebagai bumbu. 

Nah ternyata tanpa garam pun kamu tetap bisa mendapatkan rasa masakan yang gurih dan lezat dari rempah-rempah ini. Selain lebih sehat, rasanya juga menggugah selera!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020