Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Cocok Bagi yang Sedang Diet, 5 Makanan Sehat dan Enak Ini Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih

Lulu
Lulu
28 Dec 2020
Clock Icon
5 menit
makanan pengganti nasi putih

Nasi merupakan makanan pokok bagi banyak orang. Harganya pun masih terjangkau sehingga menjadi prioritas untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Sayangnya, nasi atau khususnya nasi putih tidak cocok untuk semua orang. Misal, untuk orang yang sedang mengurangi karbohidrat atau kalori, mereka membutuhkan makanan selain nasi.

banner consideration shipping bg blue

Tak hanya itu, ganti nasi dengan pilihan alternatif sehat, seperti biji-bijian, juga menambah variasi rasa dan nutrisi pada makanan.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 makanan memasak nasi yang sehat dan enak:

1. Quinoa


Quinoa termasuk biji-bijian turunan nasi yang populer.   Quinoa tidak mengandung gluten dan memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan nasi.

Faktanya, satu porsi quinoa yang matang menyediakan 4 gram protein atau dua kali lipat dari jumlah yang ditemukan dalam satu porsi nasi.

Quiona adalah biji-bijian protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Tak heran jika quinoa menjadi salah satu sumber vegetarian yang baik.

Quinoa juga merupkan sumber mineral penting dengan adanya kandungan magnesium dan tembaga. Kedua zat tersebut memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.

2. Bunga kol


Bunga kol adalah alternatif nasi yang rendah karbohidrat dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa bunga kol juga ringan dengan tekstur dan penampilan yang mirip nasi.

Satu bunga kol yang dibumbui hanya memiliki 13 kalori, sedangkan satu porsi nasi putih memiliki 100 kalori. Oleh sebab itu, bunga kol sangat populer bagi mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat.

Untuk menjadikan kembang kol sebagai inspirasi nasi, potong kepala bunga kol menjadi beberapa bagian dan parut hingga halus.

Kembang kol yang sudah dipotong dipotong dengan minyak hingga empuk dan berwarna kecokelatan.

3. Brokoli


Bunga kol, brokoli juga bisa menjadi makanan alternatif untuk orang-orang yang ingin mengurangi karbohidrat dan kalori.

Kandungan nutrisi brokoli mirip dengan bunga kol, yakni setengah cangkir brokoli mengandung 15 kalori dengan 2 gram serat.

banner consideration promotion bg blue

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik karena hanya dengan takaran setengah cangkir sudah menawarkan 25 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin C dalam brokoli ini penting sebagai antioksidan yang kuat dan dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan serta tahan tubuh.

4. Shirataki


Shirataki adalah makanan alternatif yang rendah karbohidrat dan kalori. Shirataki dibuat dari akar konjak sehingga kaya akan serat unik yang disebut glukomanan.

Orang glukoman ini tengah belajar banyak untuk diketahui manfaatnya bagi kesehatan, termasuk membentuk membentuk pelindung bagi usus.

Menariknya lagi, satu porsi shirataki sama sekali tidak mengandung kalori sehingga sangat aman bagi yang menjalani diet rendah kalori.

5. Jelai


Barley biji merupakan-bijian yang erat dengan gandum dan gandum hitam. Barley tampak mirip dengan gandum namun memiliki tekstur yang lebih kenyal.

Satu porsi jelai mengandung jumlah kalori yang hampir sama dengan satu porsi nasi putih, namun mengandung protein dan serat yang lebih banyak.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, barley juga mengandung berbagai nutrisi. Setengah cangkir barley menawarkan lebih dari 10 persen dari kebutuhan harian untuk seng, selenium, dan niasin.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.