Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Cocok Jadi Menu Buka Puasa, Ini Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
09 Apr 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat Kurma

Lemonizen, bagaimana persiapanmu menuju bulan Ramadhan di tahun 2021 ini? Bicara soal bulan Ramadhan tentunya kamu nggak bisa melewatkan berbagai makanan yang populer selama bulan puasa ini. 


Salah satunya adalah buah kurma. Tidak bisa dipungkiri, setiap bulan Ramadhan tiba, buah kurma menjadi incaran di mana-mana. Selain menjadi anjuran dalam ajaran Islam, buah yang tumbuh subur di daerah Timur Tengah ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

banner consideration shipping bg blue


Di samping itu kurma juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik untuk disantap. Kamu bisa menikmati kurma dalam bentuk jus, smoothies, salad, dan sajian lainnya. 



Kurma Buah Penuh Manfaat

Mungkin Lemonizen sudah tidak asing lagi saat mendengar kurma adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang punya tekstur agak kering ini memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kebanyakan kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Kurma juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serat hingga antioksidan. 


Dilansir dari Healthline, berdasarkan penelitian, kurma diketahui dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Kandungan serat di dalam kurma diketahui dapat memperlambat pencernaan sehingga membantu mencegah lonjakan kadar gula darah terlalu tinggi setelah makan

banner consideration promotion bg blue


Bukan hanya itu, serat juga dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat sekaligus memelihara kesehatan pencernaan sekaligus melancarkan proses metabolisme tubuh. 


Selain baik untuk pencernaan, penelitian di laboratorium juga telah menemukan bahwa kurma dapat membantu menurunkan peradangan di otak. Sehingga konsumsi kurma diketahui dapat memelihara sel pada otak, menjaga kesehatan otak dan membuat risiko penyakit Alzheimer lebih rendah. 


Kurma juga diketahui memiliki membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung lho, Lemonizen, kandungan nutrisi di dalamnya ternyata dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat memelihara kesehatan organ jantung. 


Waktu Tepat untuk Makan Kurma


Bukan hanya baik dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga baik untuk dimakan di berbagai waktu lainnya lho, Lemonizen. Dilansir dari Healthline, menurut para ahli kurma juga sangat cocok dimakan di waktu-waktu berikut: 


  • Sarapan di pagi hari

  • Sebagai cemilan sore hari

  • Sebelum berolahraga

  • Saat tubuh lapar tapi belum siap makan berat

  • Sebagai cemilan malam hari


Rekomendasi dari para ahli tersebut bukan tanpa alasan lho, Lemonizen. Buah asal Timur Tengah ini memang telah diteliti dapat menjadi sumber serat serta sumber energi yang baik. 


Sehingga mengonsumsi kurma sangat cocok untuk memberikan asupan energi tubuh. Terutama saat sarapan maupun saat akan berolahraga. Bahkan meski secara alami memiliki kandungan gula tinggi, kurma tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. 


Dengan kandungan serat yang tinggi, kurma juga cocok dijadikan camilan agar perut tetap kenyang sehingga terhindar dari rasa lapar baik di siang hari maupun malam hari. Sehingga kamu terhindar dari ngemil makanan lain yang kurang menyehatkan. Dengan kurma, ngemil bisa tetap sehat dan nyaman untuk perut. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Bagaimana Lemonizen, sudah lebih tahu kan manfaat kurma untuk kesehatan tubuh? Yuk persiapkan bulan Ramadhan di tahun ini dengan lebih baik agar ibadah yang kamu jalankan semakin maksimal. Jangan lupa siapkan kurma di rumah dan pilih buah kurma yang berkualitas ya, Lemonizen! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.