‘Cold Brew’ Lebih Enak Dari ‘Ice Coffee’? Inilah Kelebihannya

14 Mei 2020 @ 18:35:48
Membicarakan kopi memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, mayoritas masyarakat Indonesia menyukai salah satu jenis minuman ini. Banyak sekali pecinta kopi, baik dari kalangan orang dewasa, remaja dan juga orang tua. Hal ini dapat dilihat dari maraknya coffee shop dan banyaknya variasi hidangan kopi, salah satunya adalah cold brew coffee. 

Jenis kopi cold brew ini memang menjadi sangat populer, bahkan banyak yang mengklaim jika kopi ini jauh lebih sehat dibandingkan ice coffee biasa. Berikut ini informasi lengkapnya. 

Perbedaan Dasar Cold Brew Coffee Dibanding Ice Coffee 



Cold brew coffee merupakan sebutan untuk sebuah teknik penyeduhan dari bubuk kopi hitam dengan menggunakan air yang dingin dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam.  Bubuk kopi direndam di air dingin kemudian sehabis didiamkan lalu disaring dengan alat khusus seperti cold drip. Cold brew ini biasanya merupakan menu minuman andalan di sebuah coffee shop.

Meski sama-sama mengandung kata dingin cold brew dan ice coffee memiliki makna yang berbeda. Dalam hal ini jika cold brew diseduh dengan  menggunakan air dingin, kalau ice coffee penyeduhannya menggunakan air panas atau hangat baru kemudian diberikan tambahan es. 

Untuk proses pembuatannya pun ice coffee terbilang lebih sederhana daripada pembuatan kopi dengan teknik cold brew. Pada pembuatan ice coffe proses yang menggunakan air panas ini yang nantinya membuat  rasa pahitnya terasa kental dan cocok untuk membuat espresso coffee.

Kelebihan Cold Brew Coffee Dibanding Ice Coffee



Berbicara tentang informasi kesehatan, kopi yang dibuat dengan teknik cold brew terbilang lebih sehat dibandingkan dengan versi lainnya yaitu ice coffee. Hal ini bukan tanpa alasan, proses penyeduhan yang menggunakan air dingin dan proses yang lama membuat kopi yang dibuat dengan teknik cold brew memiliki nilai kadar ph sebesar 6,31 pH. 

Hal ini tentu saja berbeda dengan ice coffee yang punya nilai pH sebesar 5,48 pH. Sedangkan kopi dengan kadar ph yang rendah akan memiliki tingkat keasaman yang tinggi, jadi mengkonsumsi kopi dengan jenis cold brew memang terbilang lebih aman untuk perut tentunya. 

Lemonilo Cold Brew 



Mengkonsumsi kopi cold brew jika membuat sendiri tentunya akan sangat merepotkan karena prosesnya yang sangat lama. Namun saat ini tidak perlu khawatir, bagi pecinta kopi yang ingin mengkonsumsi cold brew tidak perlu lagi repot apalagi pergi ke coffee shop. Saat ini tersedia lemonilo cold brew yang dapat digunakan untuk menemani aktivitas ngopi sehat sehari-hari di rumah.  

Kopi ini dibuat dengan menggunakan jenis biji kopi arabika gayo yang berkualitas dan di panen serta diproduksi oleh profesional yang berpengalaman. Lemonilo cold brew ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau.

Lemonilo cold brew sangat disarankan dikonsumsi bagi pecinta kopi yang memiliki masalah dengan pencernaannya seperti penderita maag, asam lambung jika ingin mengkonsumsi kopi, cold brew akan sangat lebih aman. Namun, tetap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi tiap hari.

Cara penyajian Lemonilo Cold Brew:

  1. Rendam lemonilo cold brew dalam air suhu ruangan
  2. Simpan rendaman dalam lemari es kurang lebih selama 1 jam
  3. Tiriskan dan kantong lemonilo cold brew setelah 1 jam 
  4. Kopi ini dapat disimpan dalam botol kaca yang tertutup dan bisa dikonsumsi dalam 3 hari
  5. Penyajian bisa ditambahkan dengan es batu ataupun susu
Itulah tadi perbedaan antara cold brew coffee dan juga ice coffee. Kesimpulannya, teknik membuat kopi dengan cold brew akan jauh lebih menyehatkan dibandingkan iced coffee biasa. Kamu juga bisa meminum Lemonilo Cold Brew untuk sensasi ngopi nyaman dan lebih sehat di rumah! 

Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020