Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Daftar Makanan dan Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
12 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Asam urat

Kadar asam urat tinggi akan mengakibatkan penumpukan kristal di persendian. Kondisi ini akan memicu pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit  yang hebat.

Kebanyakan orang yang mengalami kondisi ini diakibatkan tubuh yang tidak bisa menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien.

Hal ini memungkinkan asam urat menumpuk, mengkristal, dan mengendap di persendian. Sementara itu, ada pula yang mengidap penyakit asam urat karena faktor genetika.

Penderita penyakit asam urat perlu berhati-hati karena makanan tertentu dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.  

Makanan pemicu asam urat ini biasanya yang tinggi purin, yakni zat alami yang biasa ditemukan dalam makanan. Puri inilah yang akan membuat asam urat sebagai produk limbah.

banner consideration shipping bg blue

Bagi orang yang sehat, mengonsumsi makanan yang mengandung purin bisa jadi tidak masalah. Namun, penderita asam urat tidak dapat secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dalam tubuhnya. Untuk itu penting bagi penderita asam urat memerhatikan makanan yang mereka konsumsi. 

Pantangan untuk penderita asam urat


Sebagaimana yang telah disinggung, untuk menghindari penyakit asam urat, makanan yang mengandung purin harus dihindari.

Secara lebih spesifik, makanan yang harus dihindari adalah makanan yang kadar purinnya mencapai 200 mg per 3,5 ons.

Makanan tinggi fruktosa juga harus dihindari karena bisa memicu kenaikan kadar asam urat. Berikut adalah jenis makanan utama yang tinggi purin dan fruktosa:

  1. Semua daging organ, termasuk hati, ginjal, dan otak
  2. Ikan herring, mackerel, tuna, sarden, teri, haddock, dan lain-lain
  3. Kerang, kepiting, dan udang
  4. Jus buah dan soda manis
  5. Madu, nektar agave, sirup jagung
  6. Ragi nutrisi, ragi bir, dan suplemen ragi lainnyabanner consideration promotion bg blue

Selain itu, karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan biskuit juga perlu dihindari. Meski tidak mengandung purin dan fruktosa yang tinggi, makanan dengan karbohidrat olahan termasuk rendah nutrisi dan  dapat meningkatkan kadar asam urat.

Makanan yang harus dikonsumsi penderita asam urat


Meski diet yang ramah asam urat memang menghilangkan banyak makanan, masih ada beberapa makanan yang rendah purin dan bisa dinikmati.

Makanan yang rendah purin ini jika mengandung kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons. Berikut adalah beberapa makanan rendah purin yang bisa dikonsumsi penderita asam urat:

  1. Buah-buahan
  2. Sayuran
  3. Legum, kacang-kacangan
  4. Biji-bijian utuh
  5. Produk susu rendah lemak
  6. Telur
  7. Kopi dan teh
  8. Rempah-rempah
  9. Minyak nabati

Untuk jenis daging, sebenarnya penderita asam urat masih bisa mengonsumsinya. Hanya saja, dalam porsi yang terbatas.

Daging ayam, sapi, domba, ikan salmon, dan sebagainya tetap bisa dikonsumsi penderita asam urat namun jumlahnya harus sangat diperhatikan.

Perlu diketahui bahwa banyak yang menyebut telur adalah pantangan untuk asam urat dan tak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Faktanya, telur tidak termasuk pantangan untuk asam urat.

Sebuah ulasan Jurnal tahun 2015 melihat data dari Singapore Chinese Healthy Study untuk menganalisis bagaimana sumber protein yang berbeda memengaruhi orang dengan penyakit asam urat.

Para peneliti tidak menemukan hubungan signifikan antara risiko asam urat dengan konsumsi telur. Tak hanya telur, peneliti juga mengatakan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian tidak memiliki hubungan dengan risiko penyakit asam urat.

Dengan demikian, penderita asam urat diperbolehkan mengonsumsi telur namun dengan jumlah yang dibatasi.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green 

Itu tadi deretan makanan yang bisa dikonsumsi sekaligus makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Bila kamu memiliki kondisi asam urat, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi pada dokter ya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.