Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Penggunaan Gurita pada Bayi yang Harus Bunda Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Gurita pada bayi jadi masalah serius yang harus dihindari.
Tidak sedikit kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun, namun ternyata bertolak belakang dalam segi medis. Salah satunya adalah gurita pada bayi di Indonesia. Tradisi ini telah lama dipercaya akan memberikan dampak kesehatan untuk bayi.
banner consideration shipping bg blue

Gurita dalam hal ini merupakan selembar kain yang dilengkapi beberapa tali pengikat. Kain kecil ini dipasang pada bagian perut bayi untuk mencegah pusar menjadi bodong, mengatasi masuk angin, dan mengecilkan perut. Namun, benarkah penggunaan gurita baik untuk bayi?

Perut Kembung pada Bayi Apakah Harus Dipakaikan Gurita?



Sebagian besar masyarakat mempercayai pemakaian gurita efektif untuk mengecilkan perut dan mengempeskan pusar bodong. Orangtua bisa jadi memang cemas ketika melihat perut sang bayi tampak besar. Padahal, kondisi tersebut tergantung pada ketebalan kulit, otot perut yang menahan daya dorong isi perut, dan lemak di bawah kulit. Terlebih otot perut bayi belum terbentuk dengan sempurna. Tak jarang pergerakan usus pun belum begitu signifikan.

Hal inilah yang menyebabkan perut bayi membesar seolah sedang mengalami kembung. Selain itu, kondisi perut membesar pada bayi juga bisa jadi karena terlalu banyak menelan udara. Hal tersebut pada dasarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Pusar Bodong Ternyata Akan Terlepas Sendiri



Kondisi pusar yang bodong banyak dicemaskan oleh orangtua. Padahal, kondisi pusar tersebut tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan bayi yang serius. Pusar yang bodong merupakan kondisi alami akibat otot cincin perut yang belum mampu menutup dengan sempurna.

Selain itu, bisa juga diakibatkan tali pusar bayi yang memang sejak lahir panjang dan besar. Sebagian besar orang masih mempercayai hal tersebut karena tidak dipakaikan gurita. Ketika sang anak menginjak usia 3-5 tahun, pusar bodong tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Oleh karena itu, pemakaian gurita sebenarnya bukan hal yang tepat agar tali pusar cepat lepas. Hal tersebut akan terjadi secara alami tanpa bantuan gurita. Terlebih pemakaian gurita pada bayi ternyata berdampak buruk bagi kesehatannya.
banner consideration promotion bg blue

Dampak Buruk Pemakaian Gurita pada Bayi



1. Muntah dan Gumoh


Perut bayi akan tertekan ketika dipakaikan gurita terlalu ketat. Tak jarang ia akan kesulitan minum ASI sehingga menjadi muntah dan gumoh. Hal ini terjadi karena aliran balik dari makanan atau ASI yang telah masuk. Namun setelah itu dikeluarkan karena perutnya tertekan.

2. Sesak Napas


Bayi yang baru lahir belum memiliki sistem pernapasan yang sempurna. Organ dan fungsinya masih berkembang. Dibanding pernapasan dada, bayi lebih sering menggunakan pernapasan perut. Hal ini menjadi masuk akal karena ikatan gurita yang kencang akan tidak hanya membuat perutnya tertekan.

Bayi juga akan mengalami sesak napas, tersedak, batuk, bahkan kekurangan oksigen yang berdampak serius.

3. Iritasi Kulit


Bayi yang dipakaikan gurita bisa menyebabkan kulitnya iritasi akibat kepanasan. Kulit bayi akan berkeringat dan memunculkan reaksi berupa iritasi. Tak jarang pemakaian yang cukup lama bisa mengakibatkan kulit bayi merasa gatal, ruam merah, dan biang keringat.

Hal ini perlu dipahami sang ibu karena kulit bayi yang masih sangat sensitif. Bayi belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri dengan baik. Hal inilah yang menyebabkannya mudah iritasi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kecemasan orangtua memang dapat dimengerti karena melihat kondisi bayinya. Namun, nyatanya penggunaan gurita pada bayi bukanlah sesuatu yang bijak ya bunda. Bahaya kesehatan medis akan mengintai dan bisa berakibat buruk pada kesehatan si kecil.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.