Daun Afrika Bukan Hanya Tanaman, Ketahui 6 Manfaatnya

28 Aug 2020 @ 09:16:14
Tanaman yang satu ini sering digunakan untuk pengobatan tradisional di Afrika bagian Barat, khususnya Nigeria. Tanaman dengan nama latin Vernonia amygdalina ini mengandung sumber protein, serat tidak larut air, dan lemak sehat yang cukup tinggi. Selain itu, daun Afrika juga mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang dapat membantu kebutuhan harian tubuh serta manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mencegah Berbagai Macam Penyakit



Manfaat pertama dari jenis daun ini adalah bisa mencegah adanya berbagai macam penyakit yang bisa menyerang tubuh. Hal ini dikarenakan daun jenis afrika mengandung flavonoid, yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah berbagai macam penyakit, seperti demam tinggi dan lainnya. Bahkan, segelas jus daun jenis afrika dapat dijadikan sebagai obat alami yang bisa mengobati malaria.

Berdasarkan sebuah laporan berjudul Food Chemistry, para peneliti mengatakan; daun jenis afrika adalah sumber antioksidan yang dapat mencegah proses oksidasi di dalam tubuh. Selain itu, daun jenis afrika dipercaya menjadi asupan sehat yang bisa membantu menangkal banyak penyakit.

2. Mencegah Kanker Payudara



Dari sebuah studi berjudul Experimental Biology of Medicine pada tahun 2004 mengatakan, mengkonsumsi daun jenis afrika bisa mencegah resiko terserang dari kanker payudara. Hasil ini juga didukung oleh penelitian lain dari Jackson University State Amerika Serikat, bahwa daun jenis afrika bisa membantu menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel kanker payudara. Tidak heran jika daun ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

3. Menyehatkan Tulang dan Gigi


Vitamin C termasuk antioksidan kuat yang dapat ditemukan dalam daun jenis afrika sehingga daun jenis ini disebut bisa menyehatkan tulang dan juga gigi. Selain itu, daun afrika juga memiliki kandungan vitamin K yang bisa menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerapuhan jaringan tulang atau osteoporosis.

4. Menurunkan Kolesterol


Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh bisa meningkatkan terjadinya risiko serangan jantung, stroke hingga Alzheimer.  Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam Journal of Vascular Health and Risk Management, daun afrika dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebuah penelitian lain pada hewan, suplemen yang mengandung ekstrak daun jenis afrika, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, sebanyak 50%. 

Bukan hanya itu, daun jenis afrika juga disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Namun, sejauh ini belum ada penelitian lain tentang manfaat daun jenis afrika yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada manusia. Hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah Penyakit Jantung


Daun jenis afrika termasuk sumber dari asam lemak tak jenuh seperti asam linoleat dan linolenat. Tubuh kamu membutuhkan kedua asam tersebut, tapi tidak bisa memproduksinya sendiri. Maka dengan mengonsumsi daun jenis afrika bisa menjadi solusi untuk mendapatkan lemak tersebut. 

Berdasarkan studi yang dilakukan pada 2001 silam, menunjukkan bahwa asam lemak tak jenuh ini, bisa mencegah timbulnya penyakit jantung. Pada studi itu, para partisipan yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak tak jenuh linoleat dan linolenat, mengalami penurunan risiko penyakit jantung mencapai 40%.

6. Mengobati Diabetes


Manfaat lainnya daun jenis afrika, bisa digunakan sebagai obat alami diabetes, bahkan di negara-negara Benua Afrika cara ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Pada sebuah penelitian untuk hewan, ekstrak etanol yang dikandung oleh daun jenis afrika mampu menurunkan glukosa darah.

Itulah 6 manfaat daun afrika yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui berbagai manfaat dari daun ini, mulai sekarang coba pertimbangkan untuk mengkonsumsinya ya, agar kesehatan tubuh bisa lebih terjaga! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020