Daun Insulin Bisa Mengobati Diabetes, Kenali 7 Manfaatnya

28 Aug 2020 @ 09:05:27
Walaupun masih banyak orang yang belum mengenal daun insulin, ternyata daun dengan bentuk panjang dan lebar ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu bisa mengobati diabetes. Daun ini sering kali dikeringkan untuk digunakan dalam seni pengobatan Ayurveda di India, karena dipercaya bisa mengobati diabetes. Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Mengobati Diabetes



Daun ini sudah terkenal di dunia kesehatan karena efek anti-hiperglikemiknya yang dapat mengobati diabetes. Kandungan senyawa aloksan yang ada di dalamnya dapat merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas untuk menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah.

2. Membantu Mengendalikan Kolesterol 



Manfaat dari jenis daun ini selanjutnya adalah dapat membantu orang-orang yang harus mengendalikan kolesterolnya. Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa konsumsi daun insulin dapat membantu menurunkan kadar trigliserida puasa dan LDL (kolesterol jahat). Hal ini dapat membantu untuk terhindar dari berbagai risiko masalah jantung, seperti penyakit jantung koroner.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Hati



Jenis dari daun ini memiliki kandungan senyawa antivirus dan antibakteri yang dapat mengatasi infeksi patogen di organ hati. Hasil penelitian juga telah mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun jenis insulin dalam jumlah yang tepat dapat mencegah akumulasi lemak di hati, sekaligus menjaga kesehatan hati agar selalu berfungsi dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan



Manfaat daun ini selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena daun jenis insulin mengandung bahan probiotik yang dapat merangsang pertumbuhan dan kesehatan mikroflora di dalam tubuh.

Jika bakteri probiotik dirawat dengan baik tubuh akan bisa memaksimalkan asupan vitamin dan mineral. Hal ini dapat membantu mengoptimalkan tingkat penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga akan berdampak baik pada kesehatan pencernaan.

Bukan hanya itu, daun ini juga memiliki sedikit efek pencahar yang dapat mengurangi konstipasi, kembung, dan kondisi gastrointestinal lainnya yang lebih serius, seperti tukak lambung dan kanker usus besar.

5. Membantu Berat Badan Turun



Meskipun manfaat yang satu ini masih banyak diperdebatkan, namun beberapa peneliti mengklaim bahwa dengan mengonsumsi daun ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. 

Hal tersebut karena daun jenis insulin tidak tersusun dari pati seperti kebanyakan umbi, tapi mampu membuat kenyang dan memiliki tingkat kalori yang sangat rendah. Kandungan serat di dalamnya juga bisa membuat mudah kenyang setelah makan tanaman manis.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih


Daun insulin memiliki senyawa antibakteri yang mampu mengatasi infeksi bakteri di saluran kemih seperti susah buang air kecil. Saluran kemih memang mudah terkena serangan bakteri, karenanya jika tidak segera dilakukan tindakan atau terjadi gangguan yang terus-menerus akan menimbulkan efek yang lebih serius. Melalui daun jenis insulin akan membuat kesehatan saluran kemih kamu selalu terjaga sehingga terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

7. Membantu Mengatasi Radang Tenggorokan



Jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan, cobalah untuk mengkonsumsi ramuan teh dari daun ini. Efeknya akan menenangkan sekaligus mengatasi radang tenggorokan akibat infeksi bakteri. Hal ini karena terdapat kandungan senyawa antibakteri dalam daun jenis insulin yang mampu melawan infeksi bakteri di hampir seluruh organ tubuh manusia, termasuk tenggorokan.

Itulah manfaat daun insulin yang harus kamu ketahui selain dapat mengobati diabetes. Dengan mengetahui informasi ini maka bagi penderita diabetes bisa mencoba untuk konsumsi daun insulin. Jangan lupa juga untuk penderita diabetes harus tetap berkonsultasi ke dokter untuk konsumsi daun ini ya, agar keamanan dari konsumsi daun ini bisa terjaga. 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020