Daun Peterseli Hanya Menyeduhnya Bisa Merasakan 5 Manfaatnya

29 Jun 2020 @ 20:47:34
Daun Peterseli adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Belum banyak orang yang mengetahui manfaat dari daun ini. Bahkan, untuk membedakan daun ini dengan daun seledri saja sangat sulit. Hal ini karena bentuk dan struktur dari daun ini yang hampir sama. Untuk mengenal lebih jauh seputar daun berkhasiat ini, berikut penjelasan apa itu daun peterseli dan manfaat yang sebenarnya.

Apa Itu Daun Peterseli?

Memiliki nama lain Parsley, peterseli merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya untuk dimakan. Aroma yang dihasilkan dari daun ini sangat menyengat. Sehingga, banyak orang yang menambahkan daun ini untuk penambah aroma masakan. Daun ini memiliki bentuk menggerombol dan berukuran kecil. Bentuk batangnya bulat dan juga halus. Jika kesulitan menemukan daun ini di pekarangan rumah atau kebun, tidak perlu khawatir karena daun berkhasiat ini sudah tersedia di supermarket dan pasar.

Peterseli dianggap sebagai daun emas yang membawa sejuta manfaat untuk kesehatan manusia. Daun ini sering dikonsumsi untuk pengobatan dan pencegahan terhadap penyakit. Terbentuk secara natural dari alam dan memiliki beragam khasiat menjadi alasan banyak orang mengkonsumsi daun ini untuk obat yang ampuh menyembuhkan penyakit. Berikut penjelasan manfaatnya.

1. Menekan Pertumbuhan Penyakit Kanker



Di dalam daun ini terdapat kandungan Apigenin dan minyak Volatile. Keduanya adalah zat yang mampu mematikan sel kanker yang berusaha menyerang sistem kesehatan manusia. Bila perlu konsumsi daun ini setiap waktu untuk meminimalisir timbulnya penyakit kanker. Tambahkan daun ini ke dalam bumbu masakan yang akan dibuat.

2. Menurunkan Resiko Jantung



Akhir-akhir ini, penyakit Jantung dianggap sebagai penyakit yang sangat mematikan. Sangat banyak orang di Indonesia yang meninggal akibat serangan penyakit Jantung. Berbicara masalah penyakit Jantung, Peterseli dapat menurunkan resiko penyakit Jantung dengan zat yang dikandungnya. Daun ini mengandung Antioksidan, Vitamin B, dan juga Folat yang dapat meningkatkan tingkat kesehatan jantung.

3. Menambah Kekuatan Tulang



Di dalam daun ini ternyata kaya akan vitamin K yang dapat memperkuat tulang. Jika memiliki masalah nyeri sendi atau sakit yang berhubungan dengan tulang, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi Sayur ini.

4. Mencegah Kerutan pada Kulit



Tidak hanya berguna untuk kesehatan saja, Daun Peterseli ini juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Di dalamnya mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin tersebut akan menghasilkan Kolagen yang akan membuat kulit menjadi lembab. Ketika kulit lembab maka kulit akan terasa lebih kenyal. Selain itu, daun ini juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini yang nantinya akan menangkal radikal bebas dan juga noda hitam yang akan menempel di area kulit.

5. Memberikan Kesegaran Nafas



Banyak orang yang menggunakan daun ini untuk digunakan sebagai kesegaran nafas. Daun ini memiliki aroma yang kuat dan mampu untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Karena Itulah daun ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau nafas dari mulut yang kurang menyenangkan.

Itulah penjelasan apa itu daun peterseli dan manfaat peterseli untuk kesehatan. Untuk harga dari daun ini sangat murah karena memang populasinya juga sangat banyak dan mudah untuk hidup dimana saja. Tunggu apalagi?  Yuk segera konsumsi peterseli rutin setiap hari agar kamu bisa merasakan manfaat terbaik dari jenis daun ini! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020