Daun Salam Kering Bermanfaat Untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

16 Mei 2020 @ 19:19:34
Daun salam sering dijual bersama bumbu jamu lainnya seperti kunyit dan laos. Daun salam juga bisa dikeringkan dan sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan oleh masyarakat. Ternyata daun salam mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan dikeringkan, daun salam juga masih tetap bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Berikut ini merupakan 7 manfaat daun salam kering untuk kesehatan: 

1. Membantu Atasi Penyakit Pernapasan



Manfaat daun salam kering bisa membantu atasi masalah pernapasan karena mengandung ekstrak minyak esensial. Minyak tersebut dapat dicampurkan dalam salep dan dioleskan ke dada untuk membantu mengurangi berbagai gangguan pernapasan. 

Selain itu, daun salam juga dapat dijadikan obat dengan ditumbuk lalu dioleskan ke dada untuk didiamkan selama semalam. Bisa juga dengan cara lain seperti menghirup aroma daun salam yang memang mirip seperti aroma terapi. Hal ini juga bisa mencairkan dahak dan mengusir bakteri berbahaya yang masih ada dalam saluran pernapasan. 

2. Mengatur Kelebihan Gula atau Diabetes 

Untuk penderita diabetes, sangat disarankan untuk konsumsi daun salam secara rutin. Hal ini karena daun salam mengandung antioksidan tinggi yang bisa menolong proses produksi insulin dalam tubuh lebih bagus. 

Selain itu, manfaat daun salam yang kering lainnya adalah dapat menolong proses penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Daun salam sudah terbukti mampu mengatasi penyakit diabetes tipe 2. 

3. Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat 



Daun salam mempunyai dampak yang sangat besar terhadap sistem gastrointestinal, yang berfungsi untuk perangsang buang air kecil sebagai diuretik, mengurangi toksisitas tubuh dan juga merangsang muntah saat toxic masuk ke dalam tubuh. 

Daun salam mengandung senyawa organik yang sangat bagus untuk mengendapkan sakit perut, sindrom usus yang gampang sensitif maupun menurunkan gejala penyakit Celiac. Sejumlah protein yang lebih kompleks dalam diet modern susah dicerna, tapi enzim khas yang ada pada daun dalam mampu membantu membuat pencernaan lebih lancar dan asupan nutrisi lebih efisien. 

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh 

Daun salam banyak mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan sebuah zat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghalangi radikal bebas yang membahayakan daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu, konsumsi teh daun salam secara teratur. 

Cukup dengan menyeduh daun salam kering dan air panas seperti ketika menyeduh teh. Konsumsi setiap hari secara rutin dan peroleh manfaat daun salam yang telah dikeringkan yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh. 

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata 

Daun salam juga bisa membuat mata menjadi lebih sehat. Ia dapat menjadi solusi yang baik bagi mata lelah akibat sering memandang layar gadget atau PC maupun mata merah dan gatal agar tidak semakin iritasi. Cara membuat obatnya sangat sederhana, yakni hanya dengan merebus daun salam kering. Dengan memakai air rebusan daun salam kering ini, mata akan terhindar dari infeksi yang lebih buruk. 

Cara mengaplikasikannya ialah dengan merebus daun salam kering dengan air selama beberapa saat. Kemudian tunggu sampai dingin. Pakai air rebusan yang sudah dingin dengan usap ke bagian mata yang sakit selama beberapa menit. Gunakan secara teratur untuk hasil yang lebih optimal. 

6. Mengurangi Gejala Penyakit Asam Urat 



Manfaat daun salam kering berikutnya ialah mengurangi risiko gejala penyakit asam urat yang biasanya sering menyerang lansia. Hal ini karena daun salam kering mempunyai kandungan yang sangat bagus. 

Cara membuatnya pun sangat sederhana yaitu, cicilan daun salam segar, lalu masukkan ke dalam panci berisi air secukupnya untuk direbus. Kemudian, tunggu sampai air mendidih dan surut menyisakan satu gelas air untuk diminum. Setelahnya, angkat dan saring untuk diambil airnya ke dalam gelas. Tunggu sampai air berubah hangat untuk diminum. Minum 2 kali sehari setelah makan jika gejala asam urat sudah sangat mengganggu dan minum sekali sehari bila masih untuk tahap usaha pencegahan. 

7. Mengobati Ketombe 

Manfaat daun salam kering yang terakhir adalah untuk mengobati ketombe. Hal ini dikarenakan, minyak esensial yang terkandung dalam daun salam dapat digunakan sebagai tonik untuk rambut dan mampu melawan ketombe. 

Cara memakainya sangat mudah, cukup rebus daun salam dengan air dan tunggu sampai dingin. Kemudian, pakai rebusan tersebut untuk membilas rambut. Terapkan secara rutin seminggu sekali. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar bisa segera mendapat rambut sehat tanpa ketombe. 

Nah, itulah ulasan tentang ragam manfaat daun salam kering untuk kesehatan. Setelah membaca ulasan di atas, tentu sekarang sudah tahu kan betapa banyak manfaat yang dapat diperoleh dari daun salam ini. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat. 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020