Demi Tidur Lebih Nyenyak, Ini Olahraga Ringan yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Kita semua sepakat bahwa olahraga sebenarnya penting untuk kebugaran tubuh. Namun masih banyak orang yang melewatkan olahraga karena alasan sibuk dan sudah terlalu letih dengan kegiatan seharian.
Padahal sebenarnya olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu tak harus pergi ke tempat gym yang mungkin bisa menyita waktu. Olahraga pun bisa kamu lakukan saat kamu akan tidur di malam hari. 

banner consideration shipping bg blue

Dilansir dari Tempo, dulunya olahraga malam memang tidak disarankan. Namun penelitian terbaru dari Institut Teknologi Konfederasi Zürich mengatakan bahwa olahraga di malam hari sebelum tidur tetap baik untuk kesehatan dan bisa meningkatkan kualitas tidur.
Bagi kamu yang selama ini merasa memiliki kualitas tidur yang kurang baik, beberapa olahraga ringan sebelum tidur ini bisa kamu coba.

1. Untuk mengendurkan otot yang tegang karena seharian berkegiatan, kamu bisa mulai dengan melakukan gerakan peregangan

Seharian berkegiatan tentu bisa membuat tubuhmu letih dan otot-otot menjadi kaku. Kondisi ini tentu bisa memengaruhi kualitas tidurmu di malam hari. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba berbagai gerakan peregangan.
Antara lain neck stretch. Caranya dengan duduk santai di atas tempat tidurmu, lalu miringkan kepala ke arah kanan sambil rasakan peregangan otot di lehermu. Lakukan gerakan ini selama beberapa menit dan setelahnya lakukan arah sebaliknya.
Gerakan peregangan lain yang bisa kamu coba adalah reach toes. Gerakan ini juga cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu duduk tegak, lalu posisikan kakimu lurus dengan telapak kaki tegak. Setelahnya tekuk tubuh ke arah depan sambil kedua tangan meraih ujung kaki. Usahakan punggung tetap lurus dan tidak membungkuk saat kamu meraih jemari kaki. Lakukan gerakan ini semalam 30 detik dan diulang sebanyak dua hingga tiga kali.

2. Buat kamu yang ingin memiliki perut rata, plank dan sit up rutin sebelum tidur bisa kamu coba

Jika kamu ingin memiliki lingkar perut yang ideal, plank dan sit up rutin bisa jadi olahraga ideal yang kamu lakukan sebelum tidur. Posisi plank pada dasarnya hampir sama dengan push up, hanya saja kamu tidak perlu menggerakan tubuhmu selama beberapa menit. Kamu hanya perlu menopang tubuhmu dengan kedua tangan. Jika kamu pemula, kamu bisa mencoba posisi plank selama 1-2 menit. Sambil lambat laun kamu bisa mencoba menambah durasi plank.

banner consideration promotion bg blue

Sementara gerakan sit up sudah banyak diketahui berguna untuk membentuk otot perut. Sebelum tidur, kamu bisa melakukan gerakan sit up sebanyak 20-30 kali.

3. Buat kamu yang seharian banyak duduk di kantor, bisa coba gerakan olahraga legs up the wall

Bagi kamu yang bekerja selama 8 jam dan banyak duduk, biasanya punggung dan bahu akan terasa kaku dan pegal. Jika diabaikan, kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatanmu. Ada baiknya, kamu sesekali melakukan peregangan singkat di antara jam kerja.
Namun tak cuma melakukan peregangan di sela-sela jam kerja, sebelum beranjak tidur kamu juga perlu melakukan exercises ringan agar otot-otot tubuhmu kembali rileks. Caranya dengan melakukan gerakan legs up the wall. Caranya cukup mudah. Kamu hanya butuh berbaring di atas ranjang, lalu naikkan kedua kakimu hingga tegak lurus dan tempelkan pada dinding. Agar nyaman, tempatkan bantal di bawah pinggul. Tahan posisi ini selama 5-10 menit.

4. Olahraga pilates sebelum tidur patut kamu coba, demi tidur yang lebih nyenyak

Terakhir, sebelum tidur kamu bisa mencoba gerakan pilates agar tubuh lebih rileks. Salah satu gerakan pilates yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdiri tegak, lalu buka kedua kaki dengan jarak selebar pinggul. Bungkukkan tubuh ke bawah sambil tangan tegak lurus agar bisa menyentuh lantai. Sembari melakukan gerakan ini, ambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
Inilah beberapa gerakan olahraga ringan sebelum tidur yang bisa kamu coba. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat karena melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Yakni bisa mengatasi insomnia, membuat kualitas tidur lebih baik, menghilangkan racun dalam tubuh, serta membantu kondisi psikologi jadi lebih baik.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Namun meski memiliki banyak manfaat, olahraga malam sebelum tidur tak bisa sembarangan dilakukan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Antara lain hindari kegiatan olahraga berat dan lakukan minimal satu jam sebelum tidur. Jika kamu melakukan olahraga kurang dari satu jam sebelum waktu tidur, kualitas tidurmu malah akan terganggu. Jadi selamar mencoba ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami