Dengan Tepung Kanji, Bisa Dikreasikan Jadi 3 Resep Cemilan Ini

Tepung kanji atau tepung tapioka adalah salah satu bahan populer untuk membuat aneka camilan. Tepung ini sendiri terbuat dari singkong, mirip tepung sagu karena sama-sama berasal dari singkong. Tepung tapioka sendiri umumnya digunakan untuk masakan Asia seperti bakso dan juga banyak cemilan lainnya. 
Tepung kanji bisa menjadi pengganti tepung atau gandum yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan makanan yang tidak mengandung gluten. Selain itu, jenis tepung ini juga dapat meningkatkan kadar air dan tekstur yang membuat kelembaban terperangkap membentuk sel sehingga biasanya tepung ini dijadikan sebagai pengental. 

banner consideration shipping bg blue

Kandungan karbohidrat tinggi di dalamnya mengandung beberapa senyawa bioaktif senyawa kimia yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia, pencegahan kanker, dan juga penyakit jantung. Ada 3 resep cemilan lezat dan mudah dibuat yang bisa kamu kreasikan menggunakan tepung tapioka ini. 

1. Siomay Ayam 

Makanan sejenis dimsum ini banyak diminati oleh lidah orang Indonesia. Makanan yang berasal dari Mongolia ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Cara pembuatan cemilan ini juga sangat mudah untuk dilakukan. 
Siapkan bahan-bahan berikut ini: 
  1. daging ayam sebanyak 1 Kg
  2. 2 sendok makan tepung tapioka
  3. bawang putih
  4. bawang prei 
  5. gula dan garam 
  6. saus tiram 1 sendok makan 
  7. minyak wijen 1 sendok makan 
  8. wortel sebagai toping 
  9. kulit pangsit yang sudah siap pakai 
Cara pembuatannya adalah sebagai berikut: 
  1. Pertama silahkan haluskan daging ayam yang telah disiapkan, kemudian campurkan dengan bawang putih, tepung tapioka, gula, garam, saus tiram, minyak wijen, bawang prei. Aduk dan campurkan semuanya hingga rata. 
  2. Setelah itu siapkan kukusan yang akan digunakan. 
  3. Masukkan adonan siomay yang sudah tercampur rata kedalam kulit pangsit dan bentuk seperti bentuk siomay. Sebagai sentuhan akhir berikan parutan wortel sedikit diatas siomay tersebut. 
  4. Olesi kukusan dengan sedikit minyak agar siomay tidak lengket. Usahakan juga untuk meletakkan siomay berjarak antara satu dengan yang lainnya. 
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit
  6. Sajikan! 

2. Tahu Aci 

Rekomendasi dari tepung tapioka yang kedua adalah tahu aci. Makanan yang satu ini berasal dari Tegal. Berbahan tahu yang di isi kanji atau tepung tapioka hingga empuk dan terasa kenyal. Rasanya akan lebih nikmat jika dicocol dengan sambal kecap. Cara membuatnya pun cukup mudah. 

banner consideration promotion bg blue

Siapkan semua bahan seperti berikut: 
  1. tahu kuning yang dipotong segitiga
  2. 250 gram tepung tapioka
  3. setengah sendok teh penyedap rasa
  4. 2 batang seledri yang telah dicincang halus 
  5. garam dapur
  6. air secukupnya 
  7. empat siung bawang merah
  8. dua siung bawang putih
  9. lada secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut: 
  1. Pertama, silahkan campurkan semua bahan tepung dan bumbu yang telah disiapkan, uleni hingga menjadi satu dan tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit untuk membentuk tekstur yang diinginkan. 
  2. Tambahkan seledri yang sudah diiris halus. 
  3. Setelah itu masukkan adonan yang sudah jadi kedalam satuan tahu kuning yang dipotong segitiga sebelumnya. Isi tahu dengan adonan hingga padat 
  4. Setelah itu goreng tahu aci hingga kecoklatan dan matang sempurna 
  5. Sajikan! 

3. Cilok Daun Bawang 

Makanan yang satu ini adalah salah satu olahan tepung kanji yang banyak disukai semua kalangan. Tak hanya tau, muda, anak-anak, dewasa, bahkan orang tua pun suka dengan rasa kenyal dan gurih dari cilok. 
Siapkan bahan-bahan berikut: 
  1. 10 sdm tepung tapioka 
  2. 5 sdm tepung terigu 
  3. bawang putih 4 siung
  4. daun bawang secukupnya
  5. garam 
  6. merica bubuk 
Cara membuatnya adalah sebagai berikut : 
  1. Pertama silahkan haluskan bawang putih dengan tambahan garam dan merica bubuk. 
  2. Setelah itu campurkan dengan tepung tapioka dan terigu dalam satu mangkuk dan aduk rata. 
  3. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit sembari mengaduknya hingga tercampur dengan rata. Jangan lupa menambahkan daun bawang yang telah diiris-iris. Uleni adonan hingga kalis dan tidak menempel pada mangkok. 
  4. Setelah itu bentuk bulat-bulat kecil sesuai selera 
  5. Masukkan adonan cilok dalam rebusan air, dan cilok yang telah matang akan mengambang. 
  6. Setelah itu sajikan! 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 3 resep cemilan mudah yang terbuat dari tepung kanji. Dengan olahan ini, maka cemilan yang lezat dan gurih bisa kamu buat dengan cepat dan mudah. Selamat mencoba ya Lemonizen! 
Semua resep dalam artikel ini diambil dari Cookpad. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami