Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Deretan Tips Jualan Agar Tetap Laris Tanpa Perang Harga

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
06 Nov 2020
Clock Icon
2 menit
Deretan Tips Jualan Agar Tetap Laris Tanpa Perang Harga
Dalam berwirausaha, harga jual tentu jadi hal pokok yang harus dipikirkan pertama kali. Apalagi harga jual bisa menjadi daya saing dengan bisnis lain yang juga menjual produk serupa. Konsumen pasti mempertimbangkan harga mana yang paling murah sebelum memilih toko dan membeli produknya.

Demi menarik banyak konsumen, tak jarang para pelaku bisnis memberikan potongan harga besar-besaran. Namun sayangnya, tak selamanya memberikan potongan harga adalah hal yang baik. Nantinya dikhawatirkan akan terjadi perang harga, yang malah membua persaingan bisnis yang berlangsung mulai tidak sehat.

Menentukan harga produk berdasarkan persaingan yang sehat

Menentukan harga jual sebuah produk tentunya harus mempertimbangkan hal-hal seperti biaya produksi, distribusi barang, posisi barang atau jasa dalam pasar, sampai kompetitor.

Jika ingin memberikan harga yang lebih murah ketimbang harga jual kompetitor, yang harus kamu lakukan adalah memastikan antara harga jual dan kualitas saling melengkapi, sehingga kamu dapat menyatakan bahwa produk yang kamu jual merupakan hasil riset mendalam

Berikan nilai tambah pada produk yang dijual

Nilai jual tambahan pada setiap produk tentu akan menarik konsumen lebih banyak. Misalnya kamu dan kompetitor sama-sama berjualan produk Lemonilo. Harga yang dipatok pun sama. 

Di sinilah pentingnya kamu harus memberi added value pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Salah satunya dengan memberikan voucher belanja diskon untuk pembelian selanjutnya atau memberikan merchandise sebagai bonus.

Menemukan pembeda produk dengan milik kompetitor

Tak hanya added value, kamu juga harus memiliki pembeda atau diferensiasi produk dibandingkan dengan para kompetitor lain. Namun bukan berarti diferensiasi produk semata-mata tentang produk yang asal berbeda dengan milik kompetitor.

Misal kamu dan kompetitor sama-sama berjualan Mie Lemonilo, tetapi produk jualanmu memiliki pembeda yang mungkin tak dimiliki oleh kompetitor lain. Salah satunya dengan menjual paket yang memungkinkan konsumen mendapatkan freebies.

Itulah sederet tips berjualan tanpa harus perang harga yang bisa coba kamu lakukan. Dengan tips di atas, kamu bisa kok tetap cuan saat jualan tanpa perlu perang harga!

Tertarik berwirausaha tapi bingung harus mulai dari mana? Yuk, gabung di program Wiranilo sekarang. Selain bisa menjual 40+ produk resmi Lemonilo sambil menyehatkan Indonesia, kamu juga akan dibekali berbagai tips dan strategi pemasaran GRATIS langsung dari para ahlinya di Wiranilo Class!
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.