Detoks Buah: Pilihan Buah dan Tips untuk Menjalankannya

10 Nov 2016 @ 16:00:09
Detoks Buah: Pilihan Buah dan Tips untuk Menjalankannya

Detoksifikasi adalah proses menghilangkan racun dari tubuh. Setiap harinya, tubuh manusia melakukan pembuangan racun atau detoksifikasi alami melalui urin, tinja, dan keringat. Namun, pola makan yang tidak sehat seperti kurang makanan berserat atau mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak sering menyebabkan proses ini tidak berjalan maksimal. 

Oleh karena itu, diperlukan detoksifikasi atau detoks yang dirancang sendiri, antara lain dengan detoks buah. Meski belum ada bukti medis yang jelas, tapi banyak sekali orang yang telah menerapkan detoks buah mengklaim merasa tubuhnya lebih sehat, bersemangat, dan lebih fokus. Efek positif ini mungkin terjadi karena saat detoks mereka menghindari makanan-makanan yang diproses. 

Selain dalam bentuk buah potong, detoks buah juga dapat dilakukan melalui bentuk jus. Namun, sebaiknya pastikan jus buah yang dikonsumsi tanpa gula dan diproses dengan cold pressed juice. Detoks jus buah dapat dilakukan 3 sampai 5 hari dengan mengonsumsi 5 sampai 7 botol jus masing-masing 300 ml per hari. 

Di samping itu, sebaiknya jus ini dikonsumsi saat perut kosong untuk membantu penyerapan nutrisi jus buah secara maksimal. Sebagai paduan jus buah, Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti sayur dan jahe. Cuka apel dari bahan dasar organik juga dapat ditambahkan untuk membersihkan racun di hati. 

Detoks buah yang sehat tidak akan membuat pelakunya kelaparan karena mengonsumsi cukup buah akan membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk manfaat maksimal, cobalah mengonsumsi berbagai jenis buah setiap harinya agar Anda mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi beragam, dengan contoh buah sebagai berikut:

  • Anggur. Buah yang kaya vitamin C dan potassium ini juga mengandung resveratrol yang membantu melindungi tubuh dari diabetes, kanker, dan pembekuan darah. 
  • Konsumsi buah-buahan sitrus seperti lemon yang disebut-sebut memiliki efek detoksifikasi paling tinggi. Selain itu, air lemon atau jeruk mengandung asam sitris yang membantu tubuh membakar lemak. Minum segelas air lemon segar segera setelah bangun pagi. Setelah sepanjang malam tubuh mengalami dehidrasi, air lemon akan memberikan elektrolit dalam magnesium, kalium, dan kalsium. Cara lainnya, kombinasikan sari lemon dengan zat arang aktif untuk memperlancar proses detoksifikasi tubuh.
  • Wortel. Sayuran yang kaya serat dan vitamin A ini juga sangat baik untuk kesehatan mata Anda.   
  • Dapatkan serat dari apel, kedelai, blueberi, kacang tanah. 
  • Kebutuhan folat dapat dipenuhi dari melon, jeruk, bayam. 
  • Vitamin C bisa diperoleh dari tomat, jeruk, mangga, kiwi, strawberi.
  • Dapatkan lemak sehat dari kelapa dan alpukat. 

Penting untuk diingat, untuk menghindari gangguan metabolisme, sebaiknya Anda tidak melakukan detoks buah ini lebih dari 10 hari. Selain itu, Anda sebaiknya berhenti melakukan detoks buah jika merasa lemas atau pucat. Konsumsilah roti, biskuit, atau minuman kaya elektrolit untuk mengembalikan kadar gula darah. 


Baca juga blog kami: Serba-serbi Memilih Minuman Sehat


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

30% Wanita Beresiko Obesitas Saat Hamil Jika Tidak Menjaga Berat Badan Dengan 6 Cara ini!
Dari sekian banyak momen kehidupan yang dialami wanita, kehamilan bisa jadi salah satu momen membahagiakan yang amat did..
OT Handoko
14 Februari 2018
Ingin Adakan Open House Saat Chinese New Year? Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut Ini!
Tidak hanya dikenal sebagai bulan kasih sayang atau bulan Valentine, Februari juga dikenal dan diperingati sebagai bulan..
OT Handoko
07 Februari 2018
Inilah Cara Pencegahan dan Penanganan Malnutrisi Bagi Anda dan Buah Hati Anda
Sudahkah Anda mendengar soal kasus malnutrisi di Papua baru-baru ini? Kasus tersebut seharusnya membuat banyak kalangan ..
OT Handoko
25 Januari 2018