Diet GM – Apa Itu & Bagaimana Caranya?

Di antara banyaknya metode diet untuk membentuk tubuh ideal, diet GM adalah salah satu metode paling populer. Diet jenis ini dipilih karena diklaim bisa membantu mempercepat proses penurunaberat badan yang dilakukan oleh seseorang. Tidak heran, jika banyak orang yang mulai tertarik untuk mencoba diet jenis ini. 

banner consideration shipping bg blue

GM atau kepanjangan dari general motor diet pada dasarnya adalah pembatasan pola makan lewat menu yang diatur secara spesifik selama tujuh hari berturut-turut. Dalam pelaksanaannya, setiap harinya kamu hanya boleh makan dari kelompok tertentu. Misalnya memilih buah saja atau hanya varian sayur saja.

Diet jenis GM ini lebih menekankan untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah banyak. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Minum air putih 6-8 gelas per hari, ditambah mengonsumsi jenis makanan yang dipilih dalam diet ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut ini adalah cara melakukan diet GM dengan jadwal perhari yang bisa kamu coba.

1. Hari Pertama

Jika kamu berniat menurunkan berat badan dengan diet ini, di hari pertama dianjurkan makan buah sebanyak mungkin. Namun tetap ingat, banyak di sini harus sesuai takaran. Karena kembali lagi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sekalipun itu mengandung banyak nutrisi. Kamu bisa mengkonsumsi buah jenis apa pun, kecuali pisang. Hal ini karena pisang mengandung gula dan kalori yang tinggi. 

2. Hari Kedua

Menu diet pada hari kedua adalah mengkonsumsi banyak sayur. Sayuran ini boleh dimasak terlebih dahulu atau dimakan mentah seperti salad. Bagaimanapun pengolahan sayur ini satu yang mesti diingat, hindari menggunakan minyak berlebih. 
Hal ini karena kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi di dalam lemak, tidak baik bagi program diet yang kamu jalani. Untuk itu, kamu merebus atau memanggang sayur sebelum dikonsumsi. Atau cara mudah lainnya bisa juga dibuat jus. 

3. Hari Ketiga

Mengonsumsi sayuran maupun buah masih sangat dianjurkan pada menu hari ketiga. Silahkan memilih varian buah atau sayur yang menjadi kesukaanmu. Kecuali, pisang dan kentang. Hal ini karena kedua makanan ini banyak mengandung kalori, sehingga akan menghambat penurunan berat badan secara efektif.

4. Hari Keempat

Berbeda pada hari sebelum-belumnya yang tidak dianjurkan makan pisang, pada menu hari keempat justru dianjurkan untuk makan pisang dan susu. Kamu bisa memakan pisang sebanyak 6 buah untuk ukuran besar, atau 8 buah pisang berukuran kecil dalam satu hari penuh. Sedangkan untuk mengkonsumsi susu sendiri disarankan menggunakan susu rendah lemak sebanyak 3 gelas. Ingat, 3 gelas ini untuk menu pagi, siang, dan sore. Bukan 3 gelas sekali minum.

banner consideration promotion bg blue

5. Hari Kelima

Menu diet ini pada hari ini kelima adalah dengan memakan 2 porsi daging tanpa lemak (boleh daging ikan, ayam, atau sapi) sebanyak 300 gram yang ditambah dengan 6 buah tomat. 
Kamu bisa mengolah varian menu ini dengan berbagai cara, kecuali dengan minyak. Dalam mengonsumsi menu daging ini, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih. Air mineral yang cukup akan membantu pemecahan purin berlebihan pada daging.

6. Hari Keenam

Sama seperti menu pada hari sebelumnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi daging sebanyak 300 gram ditambah dengan sayuran. Kamu bisa menambahkan sayuran apa pun, kecuali kentang atau memakan buah seperti halnya pisang.

7. Hari Ketujuh

Pada hari terakhir diet ini kamu sudah diperbolehkan makan nasi. Akan tetapi, bukan nasi putih melainkan nasi merah. Selain mengonsumsi nasi kamu juga dianjurkan untuk makan buah ataupun sayuran mentah. Minum jus juga bisa kamu konsumsi agar diet bisa berhasil.
Dalam menjalani diet GM ini kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih. Sekitar 12-15 gelas setiap harinya selama tujuh hari berturut-turut. Mengonsumsi air putih yang banyak bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, apapun rencana diet yang akan kamu jalankan, disarankan untuk lebih dulu konsultasi bersama dokter atau ahli gizi ya agar hasilnya optimal dan kamu terhindar dari masalah kesehatan lainnya.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami