Diet GM – Apa Itu & Bagaimana Caranya?

07 Mei 2020 @ 15:05:30
Di antara banyaknya metode diet untuk membentuk tubuh ideal, diet GM adalah salah satu metode paling populer. Diet jenis ini dipilih karena diklaim bisa membantu mempercepat proses penurunaberat badan yang dilakukan oleh seseorang. Tidak heran, jika banyak orang yang mulai tertarik untuk mencoba diet jenis ini. 



GM atau kepanjangan dari general motor diet pada dasarnya adalah pembatasan pola makan lewat menu yang diatur secara spesifik selama tujuh hari berturut-turut. Dalam pelaksanaannya, setiap harinya kamu hanya boleh makan dari kelompok tertentu. Misalnya memilih buah saja atau hanya varian sayur saja.

Diet jenis GM ini lebih menekankan untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah banyak. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Minum air putih 6-8 gelas per hari, ditambah mengonsumsi jenis makanan yang dipilih dalam diet ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Berikut ini adalah cara melakukan diet GM dengan jadwal perhari yang bisa kamu coba.

1. Hari Pertama

Jika kamu berniat menurunkan berat badan dengan diet ini, di hari pertama dianjurkan makan buah sebanyak mungkin. Namun tetap ingat, banyak di sini harus sesuai takaran. Karena kembali lagi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, sekalipun itu mengandung banyak nutrisi. Kamu bisa mengkonsumsi buah jenis apa pun, kecuali pisang. Hal ini karena pisang mengandung gula dan kalori yang tinggi. 

2. Hari Kedua



Menu diet pada hari kedua adalah mengkonsumsi banyak sayur. Sayuran ini boleh dimasak terlebih dahulu atau dimakan mentah seperti salad. Bagaimanapun pengolahan sayur ini satu yang mesti diingat, hindari menggunakan minyak berlebih. 

Hal ini karena kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi di dalam lemak, tidak baik bagi program diet yang kamu jalani. Untuk itu, kamu merebus atau memanggang sayur sebelum dikonsumsi. Atau cara mudah lainnya bisa juga dibuat jus. 

3. Hari Ketiga

Mengonsumsi sayuran maupun buah masih sangat dianjurkan pada menu hari ketiga. Silahkan memilih varian buah atau sayur yang menjadi kesukaanmu. Kecuali, pisang dan kentang. Hal ini karena kedua makanan ini banyak mengandung kalori, sehingga akan menghambat penurunan berat badan secara efektif.

4. Hari Keempat



Berbeda pada hari sebelum-belumnya yang tidak dianjurkan makan pisang, pada menu hari keempat justru dianjurkan untuk makan pisang dan susu. Kamu bisa memakan pisang sebanyak 6 buah untuk ukuran besar, atau 8 buah pisang berukuran kecil dalam satu hari penuh. Sedangkan untuk mengkonsumsi susu sendiri disarankan menggunakan susu rendah lemak sebanyak 3 gelas. Ingat, 3 gelas ini untuk menu pagi, siang, dan sore. Bukan 3 gelas sekali minum.

5. Hari Kelima

Menu diet ini pada hari ini kelima adalah dengan memakan 2 porsi daging tanpa lemak (boleh daging ikan, ayam, atau sapi) sebanyak 300 gram yang ditambah dengan 6 buah tomat. 

Kamu bisa mengolah varian menu ini dengan berbagai cara, kecuali dengan minyak. Dalam mengonsumsi menu daging ini, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih. Air mineral yang cukup akan membantu pemecahan purin berlebihan pada daging.

6. Hari Keenam

Sama seperti menu pada hari sebelumnya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi daging sebanyak 300 gram ditambah dengan sayuran. Kamu bisa menambahkan sayuran apa pun, kecuali kentang atau memakan buah seperti halnya pisang.

7. Hari Ketujuh

Pada hari terakhir diet ini kamu sudah diperbolehkan makan nasi. Akan tetapi, bukan nasi putih melainkan nasi merah. Selain mengonsumsi nasi kamu juga dianjurkan untuk makan buah ataupun sayuran mentah. Minum jus juga bisa kamu konsumsi agar diet bisa berhasil.

Dalam menjalani diet GM ini kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih. Sekitar 12-15 gelas setiap harinya selama tujuh hari berturut-turut. Mengonsumsi air putih yang banyak bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. 

Selain itu, apapun rencana diet yang akan kamu jalankan, disarankan untuk lebih dulu konsultasi bersama dokter atau ahli gizi ya agar hasilnya optimal dan kamu terhindar dari masalah kesehatan lainnya.

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020