Diet Mayo Salah Satu Cara Efektif Turunkan Berat Badan, Benarkah?

04 Jun 2020 @ 19:22:56
Memiliki berat badan berlebih memang dianggap penghalang untuk terlihat menarik, terutama bagi para wanita. Untuk itulah banyak wanita yang melakukan program diet.  Nah, diet mayo diyakini sebagai salah satu cara efektif menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Benarkah? Yuk simak ulasan berikut. 

Diet mayo merupakan diet resmi yang dikembangkan oleh Mayo Clinic Diet. Diet ini menekankan untuk menjaga berat badan dengan mengubah gaya hidup dan menjalani kebiasaan kesehatan baru. Diet ini diharuskan menjauhi garam. Jadi selama menjalankan diet ini, kadar garam dalam tubuh akan dikeluarkan bersama air melalui urine, keringat, dan feses. Setelah proses ini, tubuh tidak lagi mendapatkan tambahan garam yang biasanya terdapat pada makanan. Jenis diet ini memiliki 2 (dua) fase utama: 

1. Lose It

Fase dua minggu ini dirancang untuk mempercepat penurunan berat badan 2,7-4,5 kilogram dengan cara yang aman dan sehat. Fase ini dilakukan dengan cara fokus pada kebiasaan gaya hidup yang dikaitkan dengan berat badan.

Belajar bagaimana menambah lima kebiasaan sehat, menjauhi lima kebiasaan tidak sehat dan menjalani lima bonus kebiasaan sehat lainnya. Fase ini dapat membantu melihat hasil dengan cepat dan mulai menerapkan kebiasaan penting dari diet yang akan dibawa ke fase berikutnya.

2. Live It

Fase ini termasuk pendekatan seumur hidup untuk diet dan hidup yang sehat. Pada fase ini, diajarkan lebih banyak tentang memilih makanan, porsi makanan, perencanaan menu diet, aktivitas fisik, olahraga, dan kebiasaan sehat. 

Kamu bisa melihat penurunan berat badan yang stabil dari 0,5 hingga 1 kilogram selama seminggu sampai mendapatkan berat badan ideal. Fase ini dapat membantu mempertahankan berat badan ideal secara permanen. 

Agar diet ini dapat efektif menurunkan berat badan maka harus menaati aturan berikut:

1. Puasa Garam



Diet ini mengutamakan agar tidak makan garam atau makanan asin sama sekali selama hampir 2 minggu. Ketika kamu melanggar sedikit saja, maka harus mengulangi dari awal lagi.

2. Perbanyak Minum Air Putih



Ketika melakukan diet ini harus perbanyak minum air putih. Air putih sangat berguna agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat walaupun menjauhi garam.

3. Memiliki Komitmen Untuk Diet



Mungkin diet ini merupakan tantangan yang berat bagi penyuka makanan yang berasa asin. Karenanya, diperlukan komitmen yang kuat untuk menerapkan diet ini agar tetap konsisten. Salah satu kunci keberhasilan diet ini yaitu fokus pada tujuan yang ingin dicapai, lebih dari rasa makanan yang sangat ingin kamu cicipi saat ini.

4. Pilih Menu yang Disukai



Masakan tanpa garam memang kurang sedap rasanya, namun bukan berarti tidak ada solusi untuk ini. Kamu tidak perlu mengorbankan nikmatnya makan hanya gara-gara tidak ada garam.

Karena tujuan dari diet ini untuk memperbanyak porsi serat setiap harinya. Maka kamu bisa perbanyak makan buah-buahan sebagai penambah rasa ketika makan. Bisa juga menambahkan rempah-rempah lain seperti bawang putih, cabe, dan lainnya.

5. Makan di Rumah



Umumnya makanan yang dijual di luar sudah dibumbui garam dan penyedap rasa. Ketika menjalani diet ini sebaiknya kamu memilih untuk memasak makanan sendiri di rumah, dengan begitu semua bahan dan racikannya tetap sesuai dengan aturan diet.

Jadi kesimpulannya, apakah diet mayo itu efektif? Maka jawaban terbaik yang bisa diberikan adalah bergantung pada konsistensi diet yang dilakukan oleh setiap orang. Diet ini bisa menjadi sangat efektif pada sebagian orang, namun pada beberapa orang lainnya belum tentu. 

Itulah ulasan mengenai diet mayo yang menjadi salah satu cara efektif menurunkan berat badan. Namun, harus selalu kamu ingat bahwa diet adalah proses berbeda pada setiap orang, dan kebutuhan tubuh pada tiap orang juga berbeda. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika kamu mengkonsultasikan perihal diet ini pada dokter atau ahli kesehatan terlebih dulu ya!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020