Diet Sukses dengan Konsumsi Olahan Ayam Sehat

25 Feb 2019 @ 15:40:29
Diet enggak melulu tentang aturan makanan sehat yang jauh dari kata nikmat atau aturan makan secara ketat yang akhirnya malah bikin kamu tersiksa. Kamu sedang diet tapi tetap ingin makan enak dan sehat? Bisa kok, daging ayam bisa jadi salah satu pilihan konsumsimu. 

Berbagai kelebihan daging ayam membuatnya jadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat diet. Jadi, jangan heran kalau kamu juga sering menemukan resep olahan daging ayam saat sedang mencari-cari resep sehat untuk diet. Ini dia beberapa kelebihan daging ayam yang penting kamu ketahui untuk sukseskan program dietmu.

  • Kandungan Kalori Rendah
Seporsi dada ayam tanpa kulit (sebanyak sekitar 80 gram) hanya mengandung 102 kalori.

  • Tinggi Kandungan Protein
Daging ayam mengandung protein yang tinggi, sehingga membantu Anda merasa lebih kenyang dan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori.

  • Kandungan Lemak Jenuh Rendah
Kandungan lemak jenuh dalam daging ayam lebih rendah dibandingkan daging merah.

Tapi tentu saja, agar kandungan kalori dan lemak pada sajian ayam tetap rendah, daging ayam harus diolah dengan cara yang tepat.  Idealnya, daging ayam diolah tanpa kulitnya. Selain itu, cara pengolahan dengan cara direbus atau dibakar adalah cara yang lebih baik. Kalau ayam digoreng dengan baluran tepung yang tebal, kandungan kalori dan lemak daging ayam akan tetap tinggi dan tidak disarankan untuk dinikmati saat diet.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menyajikan daging ayam secara sehat? Beberapa resep sajian daging ayam berikut bisa kamu jadikan inspirasi, nih!

Shawarma

Shawarma adalah sajian khas Timur Tengah berupa roti pita yang diisi dengan irisan daging dan sayuran. Daging ayam juga bisa diolah dalam sajian ini. Caranya:

  • Siapkan bahan untuk merendam daging ayam yang terbuat dari campuran 120 gram yoghurt, 1 1/2 sendok makan pasta bawang putih, 1/2 sendok teh cabai bubuk, 1/2 sendok teh bubuk kari, 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 1/2 sendok paprika bubuk, air perasan 2 buah lemon, 1 sendok teh minyak goreng atau olive oil, serta garam dan lada sesuai selera.
  • Rendam 600 gram daging ayam yang telah diiris dalam bahan rendaman ayam di atas dan biarkan selama sekitar 3 1/2 - 4 jam.
  • Setelah direndam, masak ayam di atas wajan dengan sedikit minyak hingga matang.
  • Sambil menunggu ayam matang, buat saus dari 60 gram yoghurt, 1 sendok perasan lemon, 1 sendok teh pasta bawang putih, dan garam sesuai selera.
  • Setelah ayam matang, siapkan shawarma. Oleskan saus di atas roti pita, lalu letakkan irisan tomat, bawang bombay, seledri, dan ayam yang sudah matang di atasnya. Setelah itu, gulung dengan rapat. Shawarma pun siap dinikmati.

Salad Ayam Bakar

  • Ayam bakar akan terasa lebih lezat dan sehat bila disajikan dengan salad berbumbu nikmat. Cara membuatnya:
  • Potong 2 siung bawang putih, lalu gosokkan pada permukaan dada ayam tanpa tulang.
  • Setelah itu, masak ayam di atas wajan dengan sedikit minyak hingga matang, kira-kira 5 menit di tiap sisi-nya. Bila mau, ayam juga bisa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.
  • Siapkan saus salad yang terbuat dari campuran 100 ml red wine vinegar, 4 butir bawang putih cincang, 1 sendok makan extra virgin olive oil, 1 sendok makan bawang merah cincang, 1 sendok makan seledri cincang, serta lada hitam sesuai selera.
  • Siapkan selada, zaitun, serta irisan buah jeruk di atas piring. Lalu letakkan dada ayam yang telah matang di atasnya. Tambahkan saus salad sesuai selera, lalu sajikan.

Ayam Goreng Sehat

Untuk sajian bagi Anda yang sedang diet, ayam juga bisa diolah dengan cara digoreng, asalkan ayam disajikan tanpa kulit dan tanpa bumbu tepung yang berlebihan. Bumbu ayam goreng dari Lemonilo merupakan cara mudah untuk membuat ayam goreng lezat dan sehat. Lemonilo Bumbu Komplit Alami Ayam Goreng Lengkuas terbuat dari bahan dan rempah segar, tanpa penambahan bahan pengawet pewarna, ataupun MSG.

Untuk membuatnya, Lemonizen cukup mengungkep ayam dalam air dan bumbu ayam goreng Lemonilo. Masak dalam api kecil selama sekitar 30 menit atau hingga ayam empuk. Setelah itu, masak ayam di atas wajan anti lengket hingga kuning kecoklatan. Lemonizen tidak perlu menggunakan minyak goreng untuk mengolah ayam ini. Atau kalau perlu, Lemonizen juga bisa menggantikan penggunaan minyak goreng dengan minyak kelapa murni Lemonilo. Ayam goreng lezat dan sehat pun tersaji untuk Anda!

Sajian sehat pun bisa terasa lezat bila diolah dengan tepat. Diet pun berjalan lancar dan target turunkan berat badan akan tercapai. Siap mencoba?



Artikel Terkait

Resep Berbuka Lezat, Sehat & Praktis Ala Lemonilo
Sajikan sendiri menu berbukamu dengan resep lezat, sehat dan praktis ala Lemonilo. Ikuti resep berikut!..
Shella Rafiqah Ully
17 Mei 2019
Resep Sayur Asem Nikmat dan Sehat
Sayur asem tidak cuma lezat, lho. Sajian otentik Indonesia ini juga punya manfaat untuk diet dan kesehatan Anda. Simak c..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Buat Ayam Goreng Kremes? Ini Resep Terbaiknya Biar Nggak Cuma Itu-Itu Aja!
Ayam kremes menjadi hidangan andalan banyak restoran besar. Tapi sekarang Lemonizen bisa menciptakan kelezatannya sendir..
OT Handoko
12 Desember 2018