Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan, Ini Kuncinya!

13 Mei 2019 @ 13:45:25
Tampilan ideal dengan tubuh langsing biasanya jadi target yang berusaha dicapai oleh orang-orang yang menjalani diet. Padahal sebenarnya diet atau mengatur pola makan bukan hanya diperlukan untuk penampilan, tapi juga kesehatan. Ingat Lemonizen, jangan sembarangan diet demi mengejar target berat badan karena diet harus dilakukan untuk tujuan jadi lebih sehat. 

Selama ini banyak yang mengira diet ‘berarti’ mengurangi asupan makanan dan kalori harian, sehingga banyak mereka yang diet jadi tidak makan atau hanya mengurangi porsi makan setiap harinya. Jelas ini adalah pola diet salah yang bisa memicu penyakit seperti maag hingga batu empedu. Pastikan makanan sehat untuk diet harus mengandung nutrisi yang cukup agar kesehatan tubuh terjaga ya, Lemonizen. Berikut cara diet sehat yang harus kamu perhatikan!

Konsumsi Makanan yang Tepat

Makanan sehat untuk diet adalah makanan dengan gizi seimbang dan rendah kalori. Untuk diet, kamu bisa mengutamakan makan sayur, buah, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Penting juga untuk menghindari bahan makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi. 

Batasi konsumsi bahan makanan yang digoreng serta makanan cepat saji, lalu utamakan makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus sehingga nutrisi makanan terjaga dan bahan makanan tidak mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi.

Makan Secara Teratur

Jangan dengan sengaja tidak sarapan atau tidak makan malam hanya karena ingin diet. Melewatkan waktu makan justru bahaya karena akan membuat kadar gula darah tidak stabil dan energi berkurang. Cara yang paling baik saat diet adalah dengan makan teratur tiga kali sehari, atau jika kamu ingin makan dalam porsi kecil bisa sebanyak enam kali sehari. Utamakan sarapan dengan bahan makanan tinggi serat dan protein ya Lemonizen, ini penting agar kamu tidak merasa lapar sepanjang hari.

Atur Porsi Makan

Porsi makan saat diet harus tetap dijaga, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Idealnya, tiap porsi makanan yang kamu konsumsi terdiri dari seperempat bagian karbohidrat, seperempat bagian protein, dan setengah bagian sayuran. Utamakan karbohidrat kompleks yang lebih sehat seperti beras merah atau kentang dan buah-buahan yang tidak terlalu tinggi kandungan gulanya.

Batasi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak Trans

Konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih akan berakibat pada bertambahnya berat badan dan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti stroke, penyakit jantung, atau diabetes. Makanya penting untuk membatasi konsumsi ketiganya. Sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI, batas asupan gula harian yang disarankan adalah 4 sendok makan atau setara dengan 50 gram per hari. Sedangkan batas konsumsi garam harian adalah 1 sendok teh atau setara dengan 5 gram per hari dan lemak adalah 5 sendok makan atau 67 gram lemak per hari.

Berolahraga dengan Rutin

Diet sehat tidak hanya bergantung pada makanan sehat, tapi juga gaya hidup sehat. Tanpa olahraga, diet kamu tentu nggak bakal sukses. Olahraga rutin membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Idealnya kamu harus meluangkan waktu berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Tips buat Lemonizen: pilihlah olahraga yang kamu benar-benar sukai jadi kamu bisa makin bersemangat tiap mau olahraga sehingga bisa rutin dilakukan setiap hari.

Minum Air yang Cukup

Tubuh membutuhkan asupan air yang cukup untuk membantu proses pencernaan dan membantu menekan rasa lapar. Konsumsi air paling tidak 2 liter per hari jadi bagian penting dari diet sehat. Selain minum cukup air putih, penting juga untuk menghindari minum minuman berkalori tinggi seperti soda, jus buah siap minum, dan minuman kalengan lainnya.

Apa Saja Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Saat Diet Sehat?

Apa Saja Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Saat Diet Sehat?

Saat menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, yang harus diperhatikan bukan hanya asupan makanan rendah kalori tapi juga kaya nutrisi dan punya gizi seimbang. Yuk, kepoin nutrisi apa saja yang penting dipenuhi tubuh untuk bantu kamu mencapai diet sehat!

  • Kalsium

Asupan kalsium sering terlewat dari perhatian saat kita sedang menjalani diet. Padahal tubuh memerlukan kalsium untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat, menjaga proses pembekuan darah, serta mengatur kontraksi otot tubuh dan detak jantung. Selain itu, kalsium membantu sel-sel tubuh bekerja dengan baik, sehingga metabolisme tubuh berjalan maksimal.

Bersama vitamin D, Kalsium bekerja sama untuk mengikat lemak dalam saluran pencernaan dan mencegah lemak diserap oleh darah, sehingga membantu tubuh meluruhkan lemak. Jadi, saat menjalankan diet, perhatikan asupan kalsium yang cukup dari sumber bahan makanan seperti kacang kedelai, ikan sarden, produk susu seperti susu dan yoghurt, brokoli, atau tahu.

  • Serat

Buat kamu yang lagi diet memang sangat disarankan untuk makan sayur karena sayur kaya akan nutrisi baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, sayuran juga rendah kalori dan kaya serat sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan merasa kenyang lebih lama membuat porsi makanmu berkurang dan kamu jadi lebih gampang mengontrol asupan kalori harian. Selain dari sayuran, kecukupan asupan serat harian juga bisa kamu pastikan dengan mengkonsumsi bahan makanan seperti alpukat, kacang-kacangan, nasi merah, gandum utuh, apel, atau pir.

  • Protein

Seperti serat, protein dibutuhkan tubuh agar bisa bekerja dengan baik dan dapat membantumu merasa kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, kamu bisa mengonsumsi bahan makanan kaya protein seperti daging merah, ikan, ayam, kacang-kacangan, telur, dan lainnya. Tapi hindari bahan makanan kaya protein yang diolah dengan cara digoreng, karena cara pengolahan ini akan meningkatkan kadar lemak trans dan lemak jenuh dalam bahan makanan tersebut. Utamakan pula daging rendah lemak daripada daging olahan, karena kandungan lemaknya yang tinggi tidak baik untuk kesehatan dan bisa meningkatkan berat badan.

  • Vitamin C

Untuk melakukan metabolisme lemak, tubuh membutuhkan vitamin C. Karena itu, bila kamu tidak mengkonsumsi vitamin C yang cukup, kamu akan kesulitan menurunkan berat badan. Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk mengoptimalkan fungsi sel dan menyerap zat besi. Penuhi kebutuhan vitamin C dengan konsumsi buah seperti jeruk, buah-buahan beri, dan sumber lainnya.

  • Magnesium

Salah satu fungsi magnesium adalah membantu pembentukan otot pada tubuh yang membantu agar tubuh terus membakar lemak, bahkan saat kamu tidak berolahraga. Selain itu, magnesium juga menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Jadi pastikan asupan magnesium yang cukup melalui konsumsi kacang-kacangan, ikan, tahu, dan sayuran hijau.

  • Asam Lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 yang terkandung dalam bahan makanan seperti salmon dan tuna mendorong peningkatan sinyal hormon leptin di otak yang berfungsi memicu perintah dari otak ke tubuh untuk membakar lemak dan mengurangi nafsu makan. Selain itu, asam lemak Omega 3 juga mengaktifkan enzim yang memicu pembakaran lemak pada sel.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Diet

Salah-salah metode saat diet malah berakibat fatal pada kesehatan, padahal diet tentu ditujukan untuk mendukung tubuh menjadi lebih sehat. Jangan sampai dietmu jadi tidak efektif dan malah merugikan tubuh hanya karena kesalahan-kesalahan berikut ya!

Sengaja Melewatkan Waktu Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, karena makanan yang dikonsumsi saat sarapan merupakan sumber energi pertamamu untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan yang sehat dan cukup bahkan membantumu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu terhindar dari godaan ngemil atau makan makanan yang tidak sehat.

Asupan Kalori yang Didapat Tubuh Terlalu Rendah

Meskipun jumlah kalori yang dibutuhkan masing-masing orang berbeda, tapi secara umum perempuan membutuhkan setidaknya 2000 kalori per hari dan laki-laki membutuhkan setidaknya 2500 kalori per hari. Jangan sampai diet membuatmu membatasi makanan dan mengkonsumsi kalori terlalu rendah. Kurangnya asupan kalori harian akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun, sehingga tubuh tidak membakar lemak dengan baik.

Menghentikan Konsumsi Satu Kelompok Makanan Tertentu

Beberapa jenis diet menganjurkan untuk menghentikan konsumsi kelompok makanan tertentu. Misalnya, tidak mengkonsumsi karbohidrat atau tidak mengkonsumsi lemak sama sekali. Diet seperti ini bisa berbahaya karena tubuh membutuhkan asupan kalori dan nutrisi yang seimbang.

Membatasi Tubuh Hanya Mengkonsumsi Protein

Asupan protein memang penting saat menjalani diet namun terlalu banyak mengkonsumsi protein, atau hanya mengkonsumsi protein tanpa diimbangi dengan nutrisi lain justru bisa membahayakan kesehatanmu. Gangguan kesehatan seperti kerusakan ginjal, kolesterol tinggi, gangguan hati, dan masalah kesehatan lainnya bisa terjadi pada kamu yang menjalani pola diet seperti ini.

Tidak Berolahraga atau Melakukan Aktivitas Fisik

Saat berat badan menurun, peluangmu untuk kehilangan massa otot menjadi meningkat. Akibatnya, metabolisme tubuh menurun. Untuk mencegah hal ini, kamu harus berolahraga untuk mendorong pembakaran lemak, mencegah menurunnya metabolisme tubuh, serta menjaga massa otot tubuh. 

Mengkonsumsi Minuman yang Kadar Gulanya Tinggi

Kamu mungkin memperhatikan asupan kalori dari makanan yang kamu konsumsi, tapi jangan sampai lalai untuk juga memperhatikan asupan kalori dari minuman. Beberapa jenis minuman seperti soda dan minuman dalam kemasan lainnya mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga bisa merusak diet dan usahamu untuk menurunkan berat badan.

Tidak Mengkonsumsi Serat yang Cukup

Asupan serat yang cukup akan membantu mengurangi porsi makan dan menjaga asupan kalori harian. Bila kamu kekurangan asupan serat dari bahan makanan seperti sayur dan buah, dietmu tentu jadi kurang maksimal.

Diet yang tidak dilakukan dengan tepat justru akan menyebabkan masalah kesehatan. Pun, berat badan yang berhasil kamu turunkan akan kembali naik dengan mudah. Hati-hati ya, jangan sampai karena terobsesi mengejar penurunan berat badan di angka tertentu kamu malah salah langkah dan pola diet!


Artikel Terkait

Tips Mengolah Ayam Goreng yang Tidak Merusak Diet
Dengan cara pengolahan dan bumbu ayam goreng yang tepat, Anda pun bisa menikmati ayam goreng yang sehat dan tidak merusa..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Kenapa Virgin Coconut Oil Ampuh untuk Diet?
VCO memang menjadi bagian penting dari beberapa diet yang populer untuk menurunkan berat badan, misalnya diet keto. Sima..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
5 Kesalahan Diet Sehat yang Buat Usaha Dietmu Gagal Total!
Diet sehat memang perlu untuk dilakukan. Biar begitu, perlu kerja keras dan referensi cukup untuk terhindar dari kesalah..
OT Handoko
03 September 2018