Dilakukan Sebelum Olahraga, Inilah 10 Manfaat Pemanasan (Stretching)

28 Aug 2020 @ 10:02:35
Banyak orang yang tidak benar-benar mengetahui manfaat pemanasan dan cuma sekadar melakukannya saja. Padahal tanpa disadari, pemanasan ini memegang kunci yang cukup penting agar bisa berolahraga dengan baik dan maksimal. Tanpa melakukan pemanasan, akan terjadi kejadian fatal yang bisa kamu alami saat berolahraga seperti cedera tubuh. Selain itu, pemanasan juga memiliki manfaat lainnya. 

1. Meningkatkan Kelenturan


Sebelum olahraga pemanasan sangat penting dilakukan untuk menjaga kelenturan tubuh. Hal ini karena ada beberapa kasus terjadi, tubuh menjadi kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Maka dari itu, dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga akan membuat otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

2. Melancarkan Pernapasan



Dari semua gerakan pemanasan yang biasa dilakukan sangat erat kaitannya dengan pola pernapasan. Biasanya seseorang yang tidak terbiasa olahraga akan mengalami sesak saat langsung diforsir terlalu banyak tenaganya. Karena itu, lakukan pemanasan yang baik agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat tahap olahraga inti.

 3. Mengurangi Stres



Siapa sangka ternyata melakukan pemanasan tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental kamu lho. Jika melakukan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Hal ini akan membuat rasa stres dan depresi hilang karena efek relaksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

4. Mengurangi Risiko Cedera


Manfaat selanjutnya dari pemanasan yaitu akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot. Hal ini akan mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

5. Menstabilkan Detak Jantung


Pernahkah kamu merasakan detak jantung semakin berdegup kencang saat berolahraga? Tentu saja hal tersebut adalah hal yang biasa. Namun, walau termasuk hal yang biasa, tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, irama detak jantung yang terlalu cepat bisa memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur dengan baik.

6. Meningkatkan Stamina


Pemanasan akan mengendurkan otot dan tendon kamu yang akhirnya akan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Semakin lama kamu berolahraga semakin banyak energi yang kamu bakar, biasanya akan menyebabkan lelah. Melakukan pemanasan terlebih dahulu akan menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah kamu sehingga meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah


Meningkatkan aliran darah ke otot tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan mempersingkat waktu pemulihan, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. 

Sirkulasi darah yang lebih besar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh kamu. Selain itu, denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten.

8. Tingkatkan Kinerja Atletik


Kalau otot kamu sudah mengalami kontraksi karena belum meregang, maka mereka akan kurang efektif selama latihan. Pemanasan sebelum lari secara teratur akan mengendurkan semua otot kamu dan karena itu memungkinkan mereka untuk lebih siap selama latihan.

9. Mengurangi Rasa Sakit



Manfaat pemanasan sebelum latihan akan memberi waktu otot kamu untuk rileks. Peningkatan aliran darah akan meningkatkan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot kamu setelah latihan.

10. Mengurangi Kolesterol



Dipasangkan dengan diet sehat, manfaat pemanasan sebelum olahraga yang berkepanjangan dapat membantu untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan arteri sehingga membantu kamu menghindari penyakit jantung.

Itulah manfaat pemanasan sebelum melakukan olahraga. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, jangan pernah lupa untuk melakukan pemanasan setiap kali kamu akan berolahraga ya! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020