Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Dipercaya Baik untuk Kesehatan, Inilah 7 Manfaat Baik Daun Keji Beling

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat daun keji beling.

Pernahkah kamu mendengar tanaman keji beling? Tanaman herbal yang juga dikenal dengan daun pecah beling ini banyak tumbuh di pekarangan rumah atau tumbuh bersama rerumputan liar. Siapa yang menyangka jika tanaman ini mengandung banyak senyawa bermanfaat seperti vitamin C, vitamin B1 & B2, kafein, dan masih banyak lagi? Akibat kandungan senyawanya inilah, manfaat daun keji beling terbilang baik untuk kesehatan.


Tanaman ini juga sudah banyak digunakan untuk menjadi salah satu komponen racikan obat herbal. Inilah beberapa manfaat dari daun keji beling selengkapnya:

1. Menangkal Radikal Bebas


Daun keji beling dinilai ampuh untuk menangkal efek radikal bebas karena mengandung antioksidan seperti flavonoid, katekin, alkaloid, polifenol, dan juga tannin. Dengan adanya kandungan antioksidan tersebut, maka akan meminimalisir terjadinya penyakit serius pada tubuh misalnya penurunan penglihatan, kanker, penyakit jantung, alzheimer, atau penyakit kronis lainnya.

2. Obat untuk Diabetes


Salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi diabetes adalah tanaman keji beling. Keji beling dapat dimanfaatkan daunnya sebagai bahan baku minuman teh di mana kandungan yang dimiliki pada tanaman ini mampu menstabilkan kadar gula darah dan juga kadar kolesterol. Selain itu, rutin mengonsumsi teh dari keji beling juga bisa memanajemen sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

3. Meringankan Depresi


Depresi disebabkan karena tubuh menerima respon stres yang berlebihan. Depresi tidak baik untuk kesehatan khususnya kesehatan mental. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari adanya tekanan yang berlebihan sehingga muncul aura positif dalam diri dengan pemikiran yang sehat. Untuk mencapai hal tersebut, seseorang harus menemukan kenyamanan dalam dirinya. Dengan menyeduh teh berbahan baku daun keji beling, maka akan memberikan efek tenang dan juga nyaman sehingga mencegah terjadinya depresi.

4. Mengobati Wasir dan Ambeien


Mempunyai penyakit wasir dan ambeien tentunya akan membuat keseharian menjadi tidak nyaman. Dalam hal ini, keji beling hadir sebagai jamu herbal untuk mengobati penyakit tersebut. Adapun treatment nya bisa dilakukan dengan cara merebus daun keji beling yang sudah dipotong ke dalam 3 gelas air bersih. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum direbus. Setelah air rebusan tinggal sisa satu gelas, angkat dan saring kemudian minum secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Mengobati Batu Ginjal


Daun keji beling dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Batu ginjal merupakan sebuah endapan keras yang menyumbat organ ginjal dimana memiliki materi berupa mineral dan garam. Endapan keras ini akan mengganggu kinerja ginjal dalam melakukan penyaringan sehingga berakibat pada sistem pembuangan air kecil. Dengan mengonsumsi ramuan keji beling akan meluruhkan adanya batu ginjal tersebut dan sekaligus menjaga kesehatan kandung kemih.

6. Menyembuhkan Luka Diabetes


Orang yang memiliki riwayat diabetes biasanya akan mengalami keterlambatan dalam penyembuhan luka. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengoleskan ekstrak keji beling pada permukaan luka. Treatment ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan akan mendorong produksi kolagen dimana berfungsi untuk membentuk jaringan baru.

7. Meningkatkan Volume Darah dan Mempercepat Pembekuan Darah


Pengidap anemia atau kekurangan darah dapat diobati dengan mengonsumsi keji beling. Tanaman ini memiliki kandungan berupa natrium sehingga cocok digunakan untuk menambah volume darah.


Itulah berbagai manfaat daun keji beling. Cara pemanfaatannya bermacam-macam tergantung dari jenis penyakit yang diderita, yakni bisa sebagai ramuan ataupun obat luar. Karena merupakan obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi daun ini. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi keji beling dengan lebih aman dan bisa terhindar dari kemungkinan efek sampingnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.