Do’s and Don’ts Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Ngemil

09 Jan 2018 @ 22:53:51
Ngemil (snacking) banyak dihindari dan dijauhi karena dianggap dapat menyebabkan kegemukan, diabetes, obesitas, dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, ngemil juga dianggap tidak bersahabat dengan para pelaku diet dan gaya hidup sehat karena bisa memicu rasa lapar yang lebih besar dari biasanya. Alhasil, kegiatan diet dan gaya hidup sehat juga akan gagal. 

Hal itu tidak sepenuhnya benar. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ngemil juga bermanfaat jika Anda paham dan mengerti bagaimana cara ngemil yang baik dan sehat. Cara ngemil yang baik dan sehat akan memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, sebaliknya ngemil sembarangan justru akan merusak tubuh Anda. Untuk itu, pahami do’s and don’ts ketika Anda ngemil agar manfaat dan nutrisi makanan yang Anda makan waktu ngemil tetap bisa Anda dapatkan sepenuhnya!

Do’s

  • Yang Alami Lebih Baik
Secara alami, buah, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan cemilan alami yang bisa Anda konsumsi ketika lapar melanda. Tak hanya cukup untuk mengganjal perut yang kelaparan, ketiga bahan tersebut kaya akan vitamin, mineral, lemak, dan nutrisi lainnya yang menunjang performa tubuh lebih maksimal untuk beraktivitas.

Dalam menikmati sajian buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangam, Anda tidak hanya bisa menikmati ketiga bahan makanan tersebut dalam bentuk aslinya, tapi Anda juga bisa menikmati dalam bentuk keripik, jus, atau smoothies. Dalam memilih keripik buah, pastikan Anda memilih keripik buah yang diproses dengan freeze-dried sehingga kandungan alami dan rasanya tetap mirip dengan aslinya.

  • Perkaya Serat Dalam Cemilan Anda
Serat merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga sehatnya sistem pencernaan Anda dan lancarnya metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, serat juga membantu Anda kenyang lebih lama. Untuk itu, amat sangat baik bahwa cemilan Anda juga kaya akan serat. 

Untuk mendapatkan serat, Anda bisa pilih cemilan yang terbuat dari buah, sayur, dan whole grain yang menjamin tersedianya serat alami di dalam cemilan Anda. Kacang-kacangan juga mengandung serat yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda dan lemak nabati yang menyehatkan organ kardiovaskular Anda. 

  • Mindful Snacking
Dalam mendukung ngemil yang sehat untuk tubuh Anda, pastikan Anda melakukan mindful snacking setiap ngemil. Mindful snacking merupakan sebuah proses ngemil dimana Anda hanya fokus pada cemilan yang Anda nikmati, tanpa gangguan TV, gadget, atau benda lain sehingga Anda bisa paham dan merasakan takaran cemilan yang sudah Anda konsumsi sehingga tidak berlebihan di waktu ngemil.

Don’ts

  • Kadar Gula Berlebihan
Kebanyakan orang mengonsumsi cemilan atau snack yang mengandung banyak gula, alhasil kalori, gula darah, dan berat badan mereka meningkat sehabis ngemil. Selain itu, kebiasaan ini juga mendekatkan Anda pada penyakit diabetes yang juga diakibatkan dari konsumsi cemilan manis atau bergula. 

Untuk itu, Anda perlu teliti dan jeli dalam memperhatian bahan dari cemilan yang Anda konsumsi. Pastikan tidak mengandung gula berlebihan, apalagi  menggunakan gula buatan di dalamnya.

  • Bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna Buatan)
Di jaman sekarang ini, banyak produk yang dibuat dengan mencampurkan bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan) di dalamnya. Hal ini jelas berbahaya untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi secara terus-menerus. Selain itu, bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan) ini juga dapat menyebabkan terjadinya kanker di dalam tubuh Anda. 

Untuk menghindari hal ini, pastikan bahwa Anda memperhatikan setiap bahan pembuatan yang terdapat dalam kemasan cemilan yang Anda konsumsi. Jika Anda menemukan bahan 3P di dalamnya, Anda harus berpikir ulang untuk membelinya. Sederhananya, carilah cemilan alami yang sudah tentu manfaat dan khasiat alaminya, semisal buah dan sayuran.

  • MSG dan Kadar Sodium Tinggi
Sadarkah Anda bahwa banyak cemilan yang Anda konsumsi sekarang-sekarang ini adalah produk yang banyak mengandung Monosodium Glutamat (MSG) dan berkadar garam (sodium) tinggi? 

Banyak produk cemilan mengandung MSG dan Sodium yang tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk menambah rasa dan aroma dari makanan. Padahal, kandungan MSG dan sodium tinggi di dalam cemilan dapat meningkatkan resiko darah tinggi dan jantung. 

Ngemil merupakan proses alami yang banyak dilakukan oleh banyak orang di sela-sela jam makan. Biar begitu, kesalahan dalam ngemil dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Pastikan apa yang Anda konsumsi waktu ngemil adalah produk yang sehat dan bernutrisi untuk tubuh Anda. 

Untuk itu, Lemonilo senantiasa di samping Anda dengan promo Snack My Way to Healthier Me! yang memungkinkan Anda mendapatkan aneka produk cemilan sehat terbaik untuk Anda dan keluarga 

Artikel Terkait

Kenali 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah
Lemonizen yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel alias apple cider vinegar. Jenis cuka ini ser..
OT Handoko
25 Juni 2018
Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018