Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Enak dan Anti Repot, Inilah 5 Makanan Terbaik untuk Menu Sarapan

Lulu
Lulu
01 Jan 2021
Clock Icon
8 menit
makanan terbaik untuk menu sarapan

Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan pun dapat memengaruhi energi dan stamina harianmu.

Oleh sebab itu, memilih makanan untuk sarapan juga tak boleh sarapan. Ada beberapa jenis makanan yang kandungannya memang sangat baik dan tepat untuk sarapan.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 makanan terbaik untuk sarapan:

banner consideration shipping bg blue

1. Telur


Telur memang menyehatkan dan lezat. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat merasa lebih kenyang, mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya, dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah serta insulin.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi telur untuk sarapan akan merasa lebih puas dan menerima lebih sedikit kalori sepanjang hari daripada mereka yang memakan makanan lain.

Selain itu, kuning telur pun mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati.

Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang.

Faktanya, makan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengubah bentuk kolesterol LDL "jahat", meningkatkan kolesterol HDL "baik", dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Terlebih lagi, tiga telur besar menyediakan kurang lebih 20 gram protein berkualitas tinggi. Telur juga sangat serbaguna, misalnya, telur rebus bisa menjadi sarapan sederhana yang enak dan mudah dibuat.

2. Kopi


Kopi adalah minuman yang luar biasa untuk memulai hari. Minuman kopi yang tinggi kafein telah terbukti meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan kinerja mental. Bahkan jumlah kecil kafein dapat pun tetap dapat mencapai efek tersebut.

Analisis dari 41 studi menemukan bahwa dosis yang paling efektif untuk kafein adalah 38-400 mg per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein sekaligus mengurangi efek samping.

Dengan begitu, kadar kafein yang aman untuk dikonsumsi adalah 0,3 hingga 4 cangkir kopi per hari, bergantung pada jenis dan kekuatan kopinya.

Kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79 sampai 150 kalori ekstra selama periode 24 jam.

Selain itu, kopi kaya antioksidan yang mampu mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, serta menurunkan risiko diabetes dan penyakit hati.

3. Oatmeal


Oatmeal adalah pilihan sarapan terbaik untuk pecinta sereal. Makanan ini terbuat dari gandum giling, yang mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk mengurangi kolesterol.

Terlebih lagi, beta-glukan pada oat adalah serat kental yang meningkatkan sensasi kenyang. Oat juga kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Meskipun gandum tidak mengandung gluten, namun karena diproses di fasilitas yang sama seperti biji-bijian yang mengandung gluten, oat pun menjadi memiliki kadar gluten.

Para peneliti telah menemukan bahwa kebanyakan oat memang terkontaminasi dengan biji-bijian lain, terutama jelai.

banner consideration promotion bg blue

Oleh karena itu, penderita penyakit celiac atau alergi gluten sebaiknya memilih oat yang telah disertifikasi bebas gluten.

Ingatlah bahwa satu cangkir (235 gram) oatmeal matang hanya mengandung sekitar 6 gram protein, yang tidak akan memberikan manfaat sarapan berprotein tinggi.

Untuk meningkatkan kandungan protein pada sarapan oatmeal, sajikan bersama susu, bukan air. Bisa juga dengan menyajikannya dengan telur atau sepotong keju.

4. Kacang


Kacang itu enak, mengenyangkan, dan bergizi. Kacang adalah tambahan yang bagus untuk sarapan, karena mengenyangkan namun membantu mencegah penambahan berat badan.

Meskipun tinggi kalori, penelitian menunjukkan bahwa manusia tidak akan menyerap semua lemak di dalam kacang. Faktanya, tubuh hanya akan menyerap sekitar 129 kalori dari 1 ons (28 gram) porsi almond.

Hal itu mungkin juga berlaku untuk beberapa jenis kacang lainnya, meskipun saat ini baru almond yang telah diuji.

Selain itu, kacang-kacangan telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi resistensi insulin, dan meredakan peradangan.

Semua jenis kacang-kacangan juga tinggi magnesium, kalium, dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

Kacang juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian, mengganti porsi karbohidrat dengan 2 ons (56 gram) kacang-kacangan menyebabkan penurunan kadar gula darah dan kolesterol.

5. Teh Hijau


Teh hijau adalah salah satu minuman paling sehat di planet ini. Teh hijau mengandung kafein yang meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, sekaligus meningkatkan laju metabolisme.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Teh hijau hanya menyediakan 35-70 mg kafein per cangkir, yang merupakan setengah dari jumlah yang terkandung dalam kopi.

Teh hijau sangat membantu melawan diabetes. Sebuah tinjauan terhadap 17 penelitian menemukan bahwa peminum teh hijau mengalami penurunan gula darah dan kadar insulin.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.