Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Gangguan Kepribadian Ambang, Ini Penyebab dan Gejalanya

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Kepribadian ambang adalah salah satu gangguan kepribadian yang penting diatasi dengan baik.

Gangguan kepribadian ambang termasuk salah satu gangguan pada kepribadian seseorang. Di mana kondisi ini ditandai dengan adanya hubungan yang tidak stabil bersama orang lain. Biasanya penderita akan lebih cenderung memiliki rasa emosi yang tidak stabil.


Selain itu ia juga memiliki kecenderungan untuk melukai dan menyakiti dirinya sendiri seperti mengonsumsi alkohol dan melakukan seks bebas. Orang dengan gangguan kepribadian ini memiliki hubungan yang kurang baik dengan lingkungan maupun keluarganya sebab mereka sangat sulit untuk berinteraksi dengan orang lain.


Adapun faktor risiko yang bisa membuat seseorang terkena gangguan ini yaitu pernah merasakan tindakan kekerasan ataupun pelecehan. Selain itu, anak yang sering diabaikan juga bisa mengalami gangguan kepribadian ini.


Hingga kini untuk penyebab gangguan kepribadian ambang sendiri masih bisa belum diketahui pasti. Namun, para ahli percaya bahwa ada beberapa faktor yang terlibat dalam hal ini antara lain seperti genetik, sosial, dan psikologis. kamu bisa simak ulasan berikut ini.

1. Riwayat Keluarga


Jika seseorang yang dekat dengan kamu misalkan seperti orang tua, saudara, sepupu, kakek, nenek, atau saudara lainnya mengalami gangguan kepribadian ambang ini, maka risiko untuk kamu terkena gangguan tersebut juga akan lebih tinggi.

2. Kelainan Pada Otak


Adanya perbedaan struktur dan fungsi pada otak kamu dari biasanya akan menyebabkan timbulnya gangguan kepribadian ini. Perbedaan ini terutama ditemui di area tempat mengontrol impuls serta regulasi emosi.

3. Faktor Lingkungan dan Sosial Budaya


Orang yang memiliki gangguan kepribadian ambang sering kali ditemukan bahwa mereka memiliki masa lalu yang pahit dan traumatis. Misalkan saja seperti kekerasan fisik, pelecehan seksual, berpisah dengan orang tua, sering diabaikan, ataupun tinggal dengan keluarga yang memiliki masalah mental.

Gejala Gangguan Kepribadian Ambang

Adapun untuk gejala dari gangguan kepribadian ini sangatlah bervariasi. Berikut tanda-tanda yang akan dialami oleh seseorang dengan kepribadian ambang antara lain.

1. Emosi Tidak Stabil

Seseorang dengan gangguan ini bisa mengalami perubahan perasaan yang sangat drastis bahkan dalam beberapa hari, jam, bahkan menit sekalipun. Termasuk juga diantaranya perasaan lain seperti kecemasan, mudah tersinggung, dan kesenangan yang berlebihan.

2.  Pola Pikir Menyimpang

Penderita akan cenderung memikirkan hal-hal yang tidak masuk akal dan menyimpang, bahkan kadang ia memiliki penilaian yang sangat buruk terhadap dirinya sendiri. Intinya mereka akan selalu memiliki penilaian yang cenderung berbeda-beda, bisa sangat baik dan juga bisa kebalikannya.

3. Bersikap Impulsif

Penderita sering kali ditemui melakukan perbuatan yang sifatnya sangat impulsif dan memiliki risiko tinggi. Misalkan saja seperti berjudi, berhenti dari pekerjaan tiba-tiba, makan dan berbelanja dengan impulsif, bahkan bisa saja mereka mengakhiri hubungan yang awalnya hanya baik-baik saja.

4. Memiliki Hubungan Intens Tapi Tidak Stabil

Penderita juga bisa terlihat menjadi orang jahat dan kadang menjadi orang baik. Mereka bisa saja sangat menyukai dan memuji seseorang, akan tetapi juga bisa memiliki rasa benci yang sangat dalam dengan orang yang sama secara tiba-tiba.


Itulah penjelasan lengkap tentang gangguan kepribadian ambang, mulai dari faktor risiko, gejala, hingga penyebab terjadinya gangguan tersebut. Sebaiknya jika kamu mengalami gejala diatas atau ada dari sanak saudara yang juga menderita gangguan kepribadian ambang ini, maka sebaiknya cepat-cepat konsultasikan ke dokter. Sehingga dokter akan segera melakukan pemeriksaan terhadap pasien tersebut dan segera dilakukan penanganan agar kondisi ini bisa segera teratasi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.