Gardening for Humanity With Rara Sekar, Our Lemonilo Crush December

20 Des 2018 @ 17:31:21
Untuk Lemonilo, keinginan sehat tidak hanya berasal dari dari dalam diri sendiri, melainkan komunitas yang mendukungmu untuk terus aktif dalam melakukan hidup sehat. Makanya, Lemonilo terus berusaha keras untuk membentuk healthy lifestyle community di Indonesia dengan terus eksis menawarkan pilihan gaya hidup yang lebih sehat. 

Untuk mewujudkan sebuah komunitas yang aktif dan inspiratif, Lemonilo mengajak banyak orang-orang inspiratif yang sudah berpengalaman dan aktif dalam melakukan gerakan hidup sehat dalam kehidupannya. Orang-orang tersebut dengan bangga Lemonilo perkenalkan sebagai seorang Lemonilo Crush

Di Bulan Desember yang penuh kebahagiaan ini, Lemonilo memperkenalkan Rara Sekar sebagai Lemonilo Crush Desember. Rara Sekar yang sering juga disebut dengan nama Rara merupakan seorang peneliti, musisi dan seorang healthy lifestyle influencer. Fun Fact-nya adalah Rara Sekar sudah lulus S2-nya lho! Wow, keren banget, kan?

Selain beberapa hal di atas, Rara juga dikenal sebagai sosok yang senang berkebun. Kebiasaan ini ia kembangkan ketika dirinya sedang menempuh pendidikan S2 di Selandia Baru. Diawali dengan pemikiran untuk mengurangi biaya makan di negara penghasil susu itu, Rara kemudian memutuskan untuk berkebun. 

Apa Manfaat Berkebun yang Didapatkan Oleh Seorang Rara Sekar?

Karena mempunyai hobi yang cukup unik, tim Lemonilo mencoba mengorek informasi mengenai kegiatan dan kebiasaan wanita ini. Menurutnya, berkebun bukan hanya bisa mendapatkan bahan makanan yang diusahakan dari nol, tapi banyak hal yang bisa didapatkan, bahkan tidak pernah dipikirkan oleh orang lain. 

"Berkebun membuat kita mengerti relasi manusia dengan alam. Tapi, bukan cuma itu, kita juga bisa mempelajari juga bahwa kita juga bisa berbagi dengan sesama manusia. Soalnya, ketika kamu berkebun, hasilnya berlimpah banget. Kita akan punya banyak sekali tomat dalam satu musim. Akhirnya, kita bisa saling berbagi dengan tetangga dan hidup bertetangga dengan baik," tutur Rara. 

Bagaimana Sih Sehat Versi Rara Sekar?

Rara Sekar membagi definisi sehat menurutnya bukan hanya pada konteks ragawi (tubuh), namun juga rohani. Ia pun merasakan bahwa setiap orang punya caranya masing-masing untuk mempertahankan kesehatan tubuh, seperti Rara Sekar yang sudah menjadi vegetarian cukup lama. 

"Aku merasa bahwa cara itu adalah caraku untuk membersihkan tubuh ini. Aku punya banyak alasan untuk menjadi vegetarian; alasan spiritual, alasan politis juga. Menurutku, itu yang terbaik buat aku walaupun setiap orang pasti beda-beda sih."

Selain itu, Rara juga menyebutkan bahwa sehat itu adalah sadar tentang segala pilihan yang pernah kamu ambil dan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai pilihan tersebut.. Selain itu, sehat juga menjaga kesehatan mental untuk tetap sehat melalui meditasi, olahraga, dan yoga. 

Rara Sekar Ingin Berkontribusi Untuk Masyarakat?

Rara juga menjelaskan soal bagaimana sampah masih menjadi masalah yang besar dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Ia merasa bahwa pengelolaan sampah rumah tangga di Indonesia belum efektif dan optimal. Belum lagi, orang Indonesia yang masih bergantung pada plastik sekali pakai. Dua hal ini memberikan ide bagi Rara Sekar untuk melakukan sesuatu untuk membantu menyelesaikan masalah ini. 

Selain itu, Rara juga ingin sekali memunculkan budaya berbagi yang muncul di Indonesia. Tak melulu harus dilakukan dalam bentuk uang, namun juga bisa dilakukan dengan memberikan makanan. 

Rara Ternyata Suka Baca Buku Lho! Ayo Ngacung yang Suka Baca Buku!

Rara Sekar ternyata punya hobi membaca buku. Makanya, tim Lemonilo mencoba mengorek sedikit beberapa judul buku yang mempengaruhi hidup dari Rara sendiri. 

"Buku yang menginspirasi aku, yaitu Freedom from the know karya Jiddu Krishnamurti. Aku baca itu sewaktu S1 dulu. Buku itu lumayan mengubah hidup aku sih  dalam hal spiritual dan personal bahwa yang membelenggu diriku ya aku sendiri. Kedua, Pedagogy of the Oppressed karya Paulo Freire. Yang aku suka dari buku ini adalah dia menjabarkan peran pendidikan untuk mengubah cara pandang orang. Ketiga, Life Within Limits karya Michael Jackson (bukan penyanyi)," ujar Rara panjang lebar. 

Artikel Terkait

Pilih Minyak Goreng? Ini Pilihan Alternatif Minyak Goreng yang Bisa Anda Gunakan!
Ayo ngacung, siapa yang sering pakai minyak goreng? Yap, minyak goreng memang jadi bahan pokok banget untuk kamu memasak..
OT Handoko
21 Januari 2019
Buat Minyak Bawang Seperti Dalam Mie Instan? Kenapa Tidak!
Menurut kamu, apa sih yang bikin mie instan jadi lezat dan sulit ditolak itu? Yup, salah satu kelezatannya ada di minyak..
OT Handoko
18 Januari 2019
Sayang Untuk Dibuang? Ini Caranya Sebelum Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali
Siapa nih yang sudah masak tanpa minyak? Wah, kalaupun ada, pasti sedikit sekali ya, guys! Biar bagaimanapun, minyak sud..
OT Handoko
17 Januari 2019