Girls, Cemburu itu Ternyata Berbahaya Buat Kesehatan Kamu Lho!

05 Apr 2018 @ 13:44:16
Dalam menjalani sebuah hubungan, rasa marah dan cemburu bisa saja muncul seketika. Pacar kamu yang kontak mantannya lagi. Ada wanita lain yang mendekati pacar kamu. Semua hal tersebut bisa saja membuat kamu cemburu seketika. Jika sudah cemburu, kamu rasanya ingin marah dan melampiaskannya pada sesuatu. 

Nah, jangan dulu cemburu. Nyatanya, cemburu bisa mempenngaruhi kesehatanmu secara langsung maupun tidak langsung. Gak percaya? Cek sendiri aja deh!

1. Cemburu Menguras Hati

Ada yang pernah mendengar istilah atauu kiasan ini? Faktanya, ini bukan hanya sekedar kiasan semata lho! Secara scientific ataupun dari sisi kesehatan, rasa cemburu kamu bisa mempengaruhi kesehatan hati secara keseluruhan. 

Penelitian yang dilakukan di beberapa negara menyebutkan bahwa kebiasaan marah-marah dan cemburu dapat mempengaruhi kesehatan dan kerja dari organ hati kamu. Hal ini disebabkan oleh penurunan kerja hati ketika kamu sedang marah dan cemburu. Segala asupan makanan yang berguna untuk kesehatan hati kamu jadi tidak berguna. Hal ini meningkatkan resiko untuk terkena penyakit hati.   

2. Cemburu Meninggalkan Stres

Ketika kamu terlalu larut dalam rasa cemburumu dan tidak menjelaskan pada si dia, kamu jadi merasa bersalah dan malas melakukan apa-apa. Kamu secara tidak sadar akan mengalami stres yang membuatmu jadi tidak enak untuk menjalani aktivitas.

Kalau sudah stres, kamu malah menjadi rentan terkena penyakit dikarenakan imun tubuh menurun. Terlebih lagi, stres menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, gagal fungsi hati, ataupun darah tinggi. Ngeri banget kan?

3. Cemburu Bikin Kamu Jadi Sulit Tidur

Cemburu membuat kamu selalu terpikir akan masalah kamu yang belum terselesaikan. Itulah kenapa kamu akan mengalami kesulitan tidur ketika kamu sedang marah atau cemburu. Di dalam diri, kamu merasa kalau semua merasa harus diselesaikan, tapi kamu ragu. 

Ditinjau dari segi kesehatan, cemburu dan marah ternyata menyebabkan hormon Melatonin, hormon yang membuat kamu mudah terlelap tidak bekerja secara optimal. Akhirnya, kamu menjadi sulit tidur. Kesulitan tidur ini yang menyebabkan kamu mendapatkan banyak penyakit di tubuh kamu. Gak mau begini kan?

4. Cemburu Buat Kamu Mencari Pelampiasan

Sama seperti ketika kamu marah dan tidak senang, cemburu membuat kamu merasa bahwa kamu harus mencari pelampiasan untuk meredakan amarah di dalam diri kamu. Tak jarang, beberapa dari kamu melampiaskan dengan cara yang salah dan tidak sehat, seperti minum minuman beralkohol atau makan berlebihan. 

Tak hanya sia-sia karena amarahmu tidak akan kunjung selesai, beberapa hal tersebut membuat kamu malah ketagihan (addicted). Ketahuilah bahwa sesuatu yang buat kamu ketagihan dan berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan kamu. Jadi, kalau bisa diomongkan, ya ngomong aja daripada harus cari pelampiasan.

5. Cemburu Rentan Depresi dan Penyakit Jantung

Cemburu memang terkesan sepele dan remeh, tapi kalau kamu tidak memperhatikannya dengan cermat bisa menimbulkan dampak yang lebih besar ke tubuh kamu. Sebut saja, depresi dan penyakit jantung yang bisa menyerang kamu kapan saja. 

The European Heart Journal Acute Cardiovascular Care menyebutkan bahwa seseorang yang marah atau cemburu meningkatkan 8.5 kali untuk terkena serangan jantung. Selain itu, lebih dari 20% orang yang disurvey mengalami depresi akibat terlalu cemburu. Jadi, masih mau cemburu buta?

Tuh, ternyata cemburu punya dampak yang besar terhadap kesehatanmu secara garis besar. Tak hanya membuat lelah hati dan jiwa, kesehatanmu akan terganggu akibat pengaruh yang ditimbulkan oleh rasa cemburu, terutama cemburu buta pada pasanganmu. Jadi, daripada cemburu, lebih baik kamu utarakan pada pasangan perasaanmu sesungguhnya. Suka ya bilang suka, tidak suka ya bilang tidak suka. As simple as that!

Daripada cemburu tak beralasan dan merusak kesehatan, mendingan kamu buat asyik diri kamu dengan essential oil yang dapat menenangkan pikiran dan mengembalikan mood kamu. Selain itu, kamu juga bisa relaksasi diri dengan cemilan sehat sambil tonton aneka film yang kamu suka bersama teman. Lebih asyik kan? 


Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018