Girls, Seberapa Tahu Sih Kamu Tentang Payudara Kamu? Cek Kesini Yuk Supaya Semakin Tahu!

09 Apr 2018 @ 12:29:27
Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang terkadang banyak dikagumi oleh kaum pria. Bagian tubuh ini menjadikan tubuh wanita semakin terlihat seksi dan indah. 

Sayangnya, tak banyak wanita yang memperhatikan bagian tubuh ini. Selain digunakan sebagai kelenjar susu dan fungsi menyusui untuk bayi, inilah beberapa fakta tentang payudara yang bisa kamu ketahui supaya kamu bisa lebih menjaga payudara kamu!

1. Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda 

Untuk kamu yang baru masuk masa pubertas atau memang baru saja menyadarinya, kamu perlu pahami bahwa ukuran payudara kanan dan kiri kamu itu tidak sama. Pada umumnya, ukuran payudara di sebelah kiri lebih besar dari ukuran payudara sebelah kanan. Perbedaan ukuran ini bisa mencapai 20 persen

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan fase pertumbuhan payudara dan kecepatan pertumbuhan. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa perbedaan ini juga diakibatkan karena adanya jantung di bagian dada sebelah kiri sehingga membuat payudara kiri lebih menjorok ke luar daripada payudara kanan. 

2. Besar Payudara Tidak Menentukan Jumlah ASI

Jika kamu menganggap payudara yang besar membuat produksi ASI kamu untuk si bayi melimpah, kamu salah! Ukuran payudara tidak sama sekali menentukan jumlah produksi ASI yang dihasilkan. Hal ini bergantung pada keseimbangan hormon laktasi yang ada di tubuh kamu. 

Banyak kasus menyebutkan bahwa wanita berukuran payudara kecil justru lebih lancar dan lebih banyak dalam hal produksi ASI. Biar begitu, kamu tak perlu khawatir jika produksi ASImu terlalu sedikit. Daun katuk dipercaya bisa memperbanyak dan melancarkan produksi ASI. 

3. Kegiatan Menyusui atau Memberikan ASI Bisa Mencegah Kanker Payudara

Sebagai wanita, kamu pasti pernah khawatir terkena kanker, terutama kanker payudara. Bahkan, American Medical Assotiation (AMA) menyebutkan bahwa lebih dari 30% wanita di dunia rentan terkena kanker payudara. Hal ini jelas menimbulkan kegelisahan bagi banyak wanita, kamu mungkin salah satunya. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mulai menanggulanginya dengan melakukan kegiatan menyusui atau memberikan ASI ekslusif kepada bayi kamu. Hal ini disebabkan pijatan-pijatan kecil olej mulut bayi di area puting merangsang kerja otot payudara lebih optimal sehingga meminimalisir terjadinya sel kanker.

4. Payudara Juga Butuh Kebebasan 

Tahukah kamu kalau sebenarnya payudara juga butuh kebebasan dari bra yang kamu gunakan setiap hati? Setelah seharian mengenakan bra, payudara akan mengalami kesesakan dan gerah. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan sel di payudara yang tak jarang bisa memicu pertumbuhan sel abnormal atau sel kanker. 

Untuk itu, kamu bisa mulai memberikan kebebasan bagi payudaramu dengan melepaskan bra saat kamu hendak tidur. Hal ini bisa membuat kamu lebih memberikan udara bebas di bagian payudara kamu sehingga pertumbuhan sel lebih lancar dan terkendali. Selain itu, kegiatan ini bisa mencegah kamu mengalami sesak nafas saat tidur. 

5. Alkohol dan Rokok Buat Payudara Kendur

Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu dan paham kalau alkohol dan rokok dapat menyebabkan payudara kamu menjadi turun dan kendur. Hal ini diakibatkan oleh kandungan dalam minuman beralkohol merusak keseimbangan hormon yang menyebabkan payudara kencang.

Selain itu, kandungan nikotin yang didapat dari kebiasaan merokok merusak kandungan protein di dalam tubuh yang menjaga kekecangan payudara. Jadi, kalau kamu mau punya payudara indah dan kencang, hindari merokok dan minuman beralkohol ya!

Nah, itu dia tadi 5 fakta tentang payudara yang kamu harus pahami. Dengan memahami fakta ini, kamu seharusnya lebih aware dan sadar pada salah satu bagian indah dari tubuhmu, girls! Jangan sampai kamu merawat payudaramu ketika gejala-gejala penyakit sudah mulai kamu rasakan. Gimana? 


Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018