Granola, Teman Sarapan dan Snack Kaya Manfaat Bagi Tubuh

02 Jan 2017 @ 17:44:51
Oleh RA Maharani & S Nurfauzia
Granola, Teman Sarapan dan Snack Kaya Manfaat Bagi Tubuh

Granola adalah makanan yang berasal dari Amerika Utara yang biasa disantap untuk sarapan dan makanan ringan. Granola dikenal sebagai suatu jenis makanan sehat yang memiliki rasa yang cocok di lidah orang Indonesia. Granola umumnya terbuat dari kombinasi berbagai bahan berbeda seperti gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, buah kering, oat, ataupun beras yang sudah dipanggang hingga kering. 

Bahan-bahan utama granola memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh karena kaya serat dan nutrisi, seperti: 

  • Gandum Utuh. Gandum utuh baik dikonsumsi untuk sarapan karena mengandung banyak serat yang membuat perut kenyang lebih lama. Gandum jenis ini masih mengandung dedak dan bakteri yang menjadi sumber nutrisi penting seperti potasium, selenium, dan magnesium. Anda juga dapat memilih sereal gandum utuh dengan kadar gula rendah untuk membuat granola.
  • Buah. Memadukan buah-buahan ke dalam granola dapat menjadi cara alternatif untuk mendapatkan manfaat sehat buah. Anda dapat mencoba mangga, nanas, kurma, strawberry, blueberry, dan pisang sebagai bahan isian granola.
  • Madu. Satu sendok madu dapat mengandung 64 kalori bebas lemak, bebas sodium, dan juga bebas kolesterol yang dapat berperan penting dalam mempertebal sistem kekebalan tubuh secara alami dan sebagai anti-peradangan.
  • Kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti almond mengandung lemak tanpa kolesterol, sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Setengah cangkir kacang mengandung sekitar 7 gram protein yang setara dengan sekitar 28 gram ayam, sehingga sangat tepat dikonsumsi oleh vegetarian.

Selain yang berbentuk kepingan, terdapat juga granola batangan (granola bar) yang populer sebagai makanan ringan. Granola batangan memiliki kadar nutrisi yang cukup tinggi serta relatif lebih sehat dan praktis. Granola batangan ini juga populer sebagai makanan ringan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..