Gula Jawa dengan Gula Aren, Apa Bedanya?

07 Mei 2020 @ 16:38:33
Sebagai salah satu komponen yang wajib ada di dapur rumah, gula tentunya sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Gula sendiri memiliki banyak sekali jenis dan kegunaanya. Ada gula putih, gula halus, gula jawa dan juga gula aren. Lalu, apa perbedaan dari gula merah dan gula aren?

Walaupun sering ditemui dalam berbagai minuman atau makanan, banyak orang yang menganggap bahwa kedua jenis gula ini adalah sama. Padahal, jelas berbeda. Dari penampilan fisik dan warnanya mungkin antara kedua jenis gula ini sedikit memiliki kemiripan. Tapi sebenarnya, ada beberapa perbedaan signifikan antara dua jenis gula ini. 

1. Gula Jawa atau Gula Merah



Gula ini juga sering disebut sebagai gula merah. Gula merah ini merupakan salah satu jenis gula yang sangat sering dijumpai di pasaran. Jenis gula merah ini juga cenderung lebih sering digunakan oleh semua orang, entah itu untuk membuat perasa manis di makanan, jajanan olahan pasar, ataupun di minuman.  

Gula merah terbuat dari getah palma atau sari dari pohon kelapa. Dengan cara direbus gula merah ini dibuat. Proses perebusan yang dilakukan yakni cukup lama hingga membuat sari pohon kelapa itu menjadi sebuah karamel yang nantinya akan dicetak seperti gula merah yang dijumpai di pasaran. Gula merah memiliki kandungan vitamin c, fosfor, kalium dan zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Gula Aren



Bagi sebagian orang masih cenderung asing dengan gula yang satu ini. Gula aren sendiri merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Lalu apa perbedaannya dari gula merah? jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional. 

Proses pembuatannya pun  juga seperti pembuatan gula merah yaitu dengan cara direbus. Cetakannya gula aren yang dibuat juga sama dengan gula merah yakni dicetak dengan menggunakan batok kelapa dengan ukuran separuhnya.  

Gula aren memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga, gula ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Selain itu gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya. 

Perbedaan lain yang cukup mencolok antara gula merah dan juga aren adalah terdapat pada warnanya, warna gula aren cenderung lebih terang dengan warna yang kekuningan dan kemerahan dari pada gula merah atau jawa.  Sedangkan untuk tekstur fisiknya pun gula aren cenderung memiliki fisik yang lebih empuk dan jika mengukur tingkat kemanisannya, gula aren cenderung lebih manis.

Gula Merah (Jawa) dan Gula Aren Kualitas Terbaik 



Bagi pembaca yang mencari gula merah atau jawa dan gula aren dengan kualitas yang terbaik dan menyehatkan, sangat wajib untuk memasukkan brand lemonilo dalam list produk alami yang dapat dipilih. Lemonilo ini menyediakan berbagai jenis produk makanan olahan, makanan tambahan yang alami dan tentunya menyehatkan. Lemonilo juga menawarkan gula merah dan gula aren yang memiliki kualitas premium dan sangat organik. 

Gula merah atau jawa buatan Lemonilo yakni cocodeli sugar juga merupakan gula merah yang organik dan sangat berkualitas. Sedangkan untuk gula aren sendiri pembaca dapat juga memilih Nanica gula aren dari Lemonilo yang juga murni dari nira yang diproses secara organic.

Itulah perbedaan antara gula aren dan juga gula jawa yang dapat diketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua jenis gula tersebut, pembaca jadi bisa membedakan dan memilih jenis gula mana yang memang sesuai dengan kebutuhan. 

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020