Gula Jawa dengan Gula Aren, Apa Bedanya?

Sebagai salah satu komponen yang wajib ada di dapur rumah, gula tentunya sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Gula sendiri memiliki banyak sekali jenis dan kegunaanya. Ada gula putih, gula halus, gula jawa dan juga gula aren. Lalu, apa perbedaan dari gula merah dan gula aren?
Walaupun sering ditemui dalam berbagai minuman atau makanan, banyak orang yang menganggap bahwa kedua jenis gula ini adalah sama. Padahal, jelas berbeda. Dari penampilan fisik dan warnanya mungkin antara kedua jenis gula ini sedikit memiliki kemiripan. Tapi sebenarnya, ada beberapa perbedaan signifikan antara dua jenis gula ini. banner consideration shipping bg blue 

1. Gula Jawa atau Gula Merah

Gula ini juga sering disebut sebagai gula merah. Gula merah ini merupakan salah satu jenis gula yang sangat sering dijumpai di pasaran. Jenis gula merah ini juga cenderung lebih sering digunakan oleh semua orang, entah itu untuk membuat perasa manis di makanan, jajanan olahan pasar, ataupun di minuman.  
Gula merah terbuat dari getah palma atau sari dari pohon kelapa. Dengan cara direbus gula merah ini dibuat. Proses perebusan yang dilakukan yakni cukup lama hingga membuat sari pohon kelapa itu menjadi sebuah karamel yang nantinya akan dicetak seperti gula merah yang dijumpai di pasaran. Gula merah memiliki kandungan vitamin c, fosfor, kalium dan zat besi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

2. Gula Aren

Bagi sebagian orang masih cenderung asing dengan gula yang satu ini. Gula aren sendiri merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Lalu apa perbedaannya dari gula merah? jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional. 
banner consideration promotion bg blue
Proses pembuatannya pun  juga seperti pembuatan gula merah yaitu dengan cara direbus. Cetakannya gula aren yang dibuat juga sama dengan gula merah yakni dicetak dengan menggunakan batok kelapa dengan ukuran separuhnya.  
Gula aren memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga, gula ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Selain itu gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya. 
Perbedaan lain yang cukup mencolok antara gula merah dan juga aren adalah terdapat pada warnanya, warna gula aren cenderung lebih terang dengan warna yang kekuningan dan kemerahan dari pada gula merah atau jawa.  Sedangkan untuk tekstur fisiknya pun gula aren cenderung memiliki fisik yang lebih empuk dan jika mengukur tingkat kemanisannya, gula aren cenderung lebih manis.

Gula Merah (Jawa) dan Gula Aren Kualitas Terbaik 

Bagi pembaca yang mencari gula merah atau jawa dan gula aren dengan kualitas yang terbaik dan menyehatkan, sangat wajib untuk memasukkan brand lemonilo dalam list produk alami yang dapat dipilih. Lemonilo ini menyediakan berbagai jenis produk makanan olahan, makanan tambahan yang alami dan tentunya menyehatkan. Lemonilo juga menawarkan gula merah dan gula aren yang memiliki kualitas premium dan sangat organik. 
Gula merah atau jawa buatan Lemonilo yakni cocodeli sugar juga merupakan gula merah yang organik dan sangat berkualitas. Sedangkan untuk gula aren sendiri pembaca dapat juga memilih Nanica gula aren dari Lemonilo yang juga murni dari nira yang diproses secara organic.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah perbedaan antara gula aren dan juga gula jawa yang dapat diketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara kedua jenis gula tersebut, pembaca jadi bisa membedakan dan memilih jenis gula mana yang memang sesuai dengan kebutuhan. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami