Hari Anak Nasional, Orang Tua Bisa Lakukan Ini Untuk Wujudkan Generasi Sehat Bahagia!

Setiap tanggal 23 Juli, Indonesia merayakan Hari Anak Nasional. Tanggal ini khusus dibuat untuk menjadi sebuah peringatan akan pentingnya generasi penerus bangsa yang sehat dan bahagia. Dengan generasi penerus bangsa yang sehat dan bahagia, perkembangan bangsa bisa terjamin di masa depan. 

Sayangnya, pesan ini belumlah terwujud sepenuhnya di Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mencatat 1900 laporan kekerasan terhadap anak hingga maret 2018. Ini tentu patut menjadi perhatian semua pihak sebab kekerasan terhadap anak bisa saja menimbulkan trauma psikis maupun fisik. 
Sebagai orang tua yang sehat dan supportive, kamu bisa banget lho untuk membantu pemerintah dalam membentuk generasi yang sehat dan bahagia dimulai dari rumah. Usaha ini tentu tidak akan terlihat saat ini, namun akan berbuah di masa depan. Untuk itu, inilah cara yang bisa orang tua lakukan demi wujudkan generasi sehat bahagia!

Buatkan Bekal Untuk Anak Saat Hendak Berkegiatan Setiap Hari 

Buatkan Bekal Untuk Anak Saat Hendak Berkegiatan Setiap Hari
Cara yang paling mudah untuk orang tua lakukan adalah dengan memberikan bekal makanan setiapkali anak akan beraktivitas, baik di sekolah maupun di tempat lainnya. Dengan memberikan bekal, kamu bisa memastikan nutrisi dan kesehatan yang terdapat pada makanan yang dia konsumsi sehingga anak tidak mudah terserang penyakit yang berasal dari makanan di luar. Selain itu, bekal menjadi wujud cinta orang tua pada anak sehingga anak lebih terasa dihormati dan dicintai. 

Ajarkan Anak-Anak Kebiasaan Sehat Sejak Dini

Ajarkan Anak-Anak Kebiasaan Sehat Sejak Dini
Jika kamu ingin anak-anak punya masa depan yang baik, mulailah ajari mereka untuk melakukan kebiasaan sehat sejak dini. Tidak perlu yang terlalu berat untuk dimengerti anak-anak. Kamu bisa mulai dengan membiasakan mereka cuci tangan sebelum makan atau setelah kotor-kotoran. 
Kamu juga bisa semakin mendekatkan diri kepada mereka dengan berolahraga pagi setiap akhir pekan. Kebiasaan sehat yang dibawa sejak dini bisa saja mempengaruhi kondisi anak ketika dewasa berupa kemudahan dalam berkonsentrasi dan menyerap pelajaran, atau pemahaman bahwa buang sampah sembarangan bisa merugikan mereka sendiri.banner consideration promotion bg blue 

Jauhi Gadget Pada Anak Usia Dini

Jauhi Gadget Pada Anak Usia Dini
Permasalahan yang dihadapi orang tua saat ini di era digital dan modern saat ini adalah penggunaan gadget yang masif, termasuk pada anak. Banyak orang tua yang terkesan membiarkan anak-anak menggunakan gadget dengan dalih agar anak bisa senang dan tidak rewel. 
Padahal, penggunaan gadget ini bisa saja membahayakan kesehatan mereka. Blue light pada gadget bisa mempengaruhi penglihatan mereka yang berdampak pada mata minus atau bahkan kebutaan. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa terlalu banyak bermain gadget bisa mendekatkan anak pada sifat anti-sosial dan autisme. Untuk itu, ajaklah anak-anak berinteraksi dengan dunia luar dengan segala permainan yang dapat menyehatkan tubuh, semisal lompat tali. 

Dukung Segala Minat dan Hobi Anak Sehingga Masa Depannya Berjalan Lebih Passionate

Dukung Segala Minat dan Hobi Anak Sehingga Masa Depannya Berjalan Lebih Passionate
Selain fisik, sebagai orang tua, kamu wajib memastikan anak berkembang dengan mental yang baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan peka terhadap minat dan hobi dari anak. Banyak anak yang justru tidak berkembang baik secara mental karena orang tua yang memaksakan kehendak mereka pada anak, padahal keinginan itu berbanding terbalik pada keinginan si anak. 
Untuk itu, penting untuk orang tua menjadi peka dan selektif terhadap keinginan anak. Jika keinginan itu baik dan tidak merugikan kesehatan mereka, agaknya tidak ada salahnya jika orang tua mendukung. Namun, jika memang sedikit merugikan kesehatan, orang tua bisa memberikan arahan dan ajaran pada anak dengan alasan yang bisa diterima oleh mereka.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Yuk, mulai membangun generasi Indonesia yang sehat dan bahagia dengan menjadi orang tua yang sepenuh hati merawat mereka. Ini sama dengan Lemonilo yang sepenuh hati menghadirkan produk-produk ramah anak yang bebas dari bahan kimia dan ramah terhadap perkembangan fisik dan mentalnya.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami