Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Hari Cokelat Sedunia, Ini 4 Alasan Makan Cokelat Bisa Bikin Kamu Bahagia!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
07 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
cokelat bikin bahagia

Siapa sih yang tidak suka makan cokelat? Tampaknya sebagian besar dari kita memasukkan cokelat sebagai salah satu daftar makanan favorit. Berbagai olahan cokelat mulai dari cokelat batang, minuman cokelat, sampai dalam bentuk kue tak pernah gagal memanjakan lidah para pecinta cokelat.


Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa mengonsumsi cokelat bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Bertepatan pada Hari Cokelat Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 Juli, yuk cari tahu alasan kenapa makan cokelat bisa membuat kamu bahagia? banner consideration shipping bg blue


1. Dipercaya mampu menurunkan tingkat stres



Saat mood sedang jelek, tanpa disadari mengonsumsi cokelat bisa membuatnya lebih baik. Bukan tanpa alasan, hal ini ternyata sudah ada penelitiannya. Seperti dilansir dari Healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat mengubah frekuensi gelombang otak, bermanfaat dalam peningkatan memori, dan mengurangi stres.


Studi yang dilakukan oleh Loma Linda University Health di California yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Experimental Biology tahun 2018, menyoroti lebih banyak manfaat dark chocolate mengenai efeknya pada gelombang otak yang terkait dengan memori dan daya ingat. Penelitian ini menggunakan cokelat hitam batangan 48 gram yang terbuat dari 70 persen biji kakao dari Tanzania.


Masih dikutip dari Healthline, Lee Berk, selaku dekan penelitian di School of Allied Health Professions di Loma Linda University menjelaskan bahwa dalam cokelat memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengubah frekuensi otak yang bermanfaat yang disebut gamma.


Berk menjelaskan bahwa frekuensi gamma adalah frekuensi tertinggi yang berkaitan dengan memori dan ingatan. Sementara dikutip dari Big Think, frekuensi Gamma erat hubungannya dengan pemrosesan informasi, meningkatkan memori, dan mengurangi stres.banner consideration promotion bg blue


2. Manfaat cokelat untuk kesehatan



Siapa yang menyangka di balik kelezatan cokelat, ternyata mengonsumsinya juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah; mengurangi risiko penyakit jantung; serta meningkatkan fungsi otak.


Masih dikutip dari sumber yang sama, cokelat juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.




3. Kandungan cokelat yang mampu membuat bahagia



Cokelat memiliki kandungan theobramine dan phenylethylamine. Phenylethylamine adalah senyawa dalam cokelat yang berperan penting memproduksi zat endorfin, molekul "perasaan baik" alami yang berasal dari otak. Zat yang sama pula yang biasa diproduksi otak saat seseorang sedang jatuh cinta.


Theobramine adalah senyawa dalam cokelat yang menjadi stimulan untuk membentuk perasaan bahagia seseorang. Para ilmuwan di Neurosciences Institute, San Diego mengungkapkan bahwa cokelat mengandung zat yang memiliki efek seperti seseorang mengkonsumsi kanabis atau ganja.


4. Mengonsumsi cokelat bisa sebagai pembangkit semangat



Beberapa jenis cokelat mengandung kafein, salah satunya adalah dark chocolate. Kafein hampir sama fungsinya dengan zat theobramine. Namun tak hanya sebagai stimulan untuk membentuk perasaan bahagia, kafein juga membuat tubuh tetap “terjaga”.


Sebab kafein dikenal mampu menghambat kerja adenosine di otak dan menunda rasa kantuk. Selain itu meningkatkan denyut jantung, dan kontraksi otot. Namun efeknya tidak akan sekuat saat kamu mengonsumsi kopi, karena kandungan kafein pada cokelat jauh lebih kecil dibandingkan pada kopi.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Buat kamu penggemar cokelat, yuk cobain juga cara mengonsumsi cokelat dengan cara baru dengan produk-produk berbahan cokelat dari Lemonilo, yaitu Lemonilo Michoco dan Brownies Crispy. Dan yang lebih spesial lagi, untuk memperingati Hari Cokelat Sedunia, Lemonilo punya promo menarik khusus buat kamu. Kamu bisa membeli produk Michoco dan Brownies Crispy lebih hemat dengan promo ini!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.